Mohon tunggu...
Yanti Sriyulianti
Yanti Sriyulianti Mohon Tunggu... Relawan - Berbagilah Maka Kamu Abadi

Ibu dari 3 anak yang sudah beranjak dewasa, aktif menggiatkan kampanye dan advokasi Hak Atas Pendidikan dan Perlindungan Anak bersama Sigap Kerlip Indonesia, Gerakan Indonesia Pintar, Fasilitator Nasional Sekolah Ramah Anak, Kultur Metamorfosa, Sandi KerLiP Institute, Rumah KerLiP, dan Perkumpulan Keluarga Peduli Pendidikan di Indonesia sejak 1999. Senang berjejaring di KPB, Planas PRB, Seknas SPAB, Sejajar, dan Semarak Indonesia Maju. Senang mengobrol dan menulis bersama perempuan tangguh di OPEreT.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

PJ Bupati Kampar Lantik Pengurus Koperasi Konsumen Syariah Digital UMKM Desa Kreatif

21 September 2022   02:19 Diperbarui: 21 September 2022   06:28 107 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokpri PJ Bupati Kampar melantik Pengurus Inti Kopsyah Dudektif (diskominfo Kampar, 17/9/2022)

Percepatan pembangunan desa sangat tertinggal dan terisolir merupakan salah satu amanat yang diterima PJ Bupati Kampar dari Gubernur Riau. Langkah pertama Dr. H. Kamsol, M.M menunjuk Dr. H. Zulher M.Si sebagai PIC UMKM setelah dilantik menjadi PJ Bupati Kampar oleh Gubernur Riau pada 23 Mei 2022. 

"Hampir setiap.hari Bang Zulher mengirimi saya foto produk UMKM Kampar. Saya meminta mantan sekda Kampar tersebut untuk membantu saya membentuk Forum UMKM Kampar, "ujarnya dalam sambutan peresmian 50 Desa Kreatif dan 50 Menuju Desa Kreatif di desa Tanjung Belit (Sabtu, 17/9/2022).

Gerak cepat PJ Bupati Kampar ini mendapat sambutan hangat dari formatur Forum UMKM Kampar yang telah menunjuk Azli sebagai ketua dan Mukhlis sebagai sekretaris. 

"Kak Iyenk, salah satu anggota formatur datang menemui.saya dan bang Zulher di balai. Ia menyampaikan keinginan timnya untuk menjadikan Bang Zulher Ketua Umum Forum UMKM Kampar. Saya mendukung penolakan Bang Zulher dan menyarankan agar formatur membentuk dewan kehormatan dan menempatkan Bang Zulher di sana. Keinginan kuat tim formatur terlihat dengan hadirnya ketua dan sekretaris meminta hal sama, "ujar Yanti di tengah keriuhan acara di Tanjung Belit.

Alumni Farmasi ITB yang disebut sahabat oleh PJ Bupati Kampar ini bergegas memfasilitasi pembentukan Koperasi oleh anggota Forum UMKM Kampar. Sebelumnya dalam pertemuan terbatas di rumah dinas bupati,  Dr. H. Kamsol, M.M menyampaikan arahan agar Forum UMKM digerakkan oleh anak muda. 

Muizin Firmansyah pengelola Pondok Lesehan Bukit Semilir terpilih menjadi ketua dalam Rapat Pembentukan Koperasi Konsumen Syariah Digital UMKM Desa Kreatif (Kopsyah Dudektif). Muizin dibantu Gustika Rahman, pemilik Radio Rama Fm sebagai sekretaris dan Medina Febrisa Helmi, mahasiswa STIE  Bangkinang sebagai bendahara Kopsyah Dudektif. 

Pengurus terpilih ini diangkat selama 1 tahun untuk merekrut anggota sebanyak 20% dari 18.000 pelaku UMKM Kampar dan menyiapkan Rapat Anggota Koperasi sesuai AD ART yang akam disahkan oleh notaris. Sementara itu, Yanti didaulat menjadi ketua pengawas dibantu oleh Dr. H. Zulher, M. Si dan Nurhidayah Sari, S.Pd.,M.Si sebagai anggota.

Dokpri PJ Bupati Kampar bersama Direktur Penyelarasan Program  Kemendespdtt dalam Peresmian 100 Desa Kreatif Kampar (Sabtu, 17/9/2022)
Dokpri PJ Bupati Kampar bersama Direktur Penyelarasan Program  Kemendespdtt dalam Peresmian 100 Desa Kreatif Kampar (Sabtu, 17/9/2022)

Pelantikan pengurus inti Kopsyah Dudektif disaksikan oleh Anggota DPR RI Komisi V Dapil Riau dari PKS, Dr H Syahrul Aidi Maazat Lc MA, tenaga ahli, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dr Afni,   Ketua Asosiasi Desa Kreatif Indonesia, Muhammad Fikri Azis, Direktur Penyelarasan Program dan Rencana Ditjen PPDT Kemendes PDTT, Rafdinal, wakil ketua DPRD Kampar dari PKS,  Forkopimda Kabupaten Kampar, Plt Kakan Kemenag Kampar, Sekda Kuansing, Anggota DPRD Kuansing, Kepala Dinas PMD Bengkalis mewakili Bupati Bengkalis, Kepala Bidang Pengembangan Dinas PMD Riau, 50 kepala desa kreatif, 50 kepala desa menuju desa kreatif, dan ratusan undangan lainnya.

Dr. H. Kamsol , MM, Yanti Sriyulianti , Dr. H. Zulher , MS, Muizin Firmansyah , S.Kom, Gustika Rahman , S.Pd.I, 6. Nurhidayah Sari, S.Pd., M.Si., Yeni Aprianis, Medina Febrisa Helmi , Agus Wahyudi tercatat sebagai pendiri Kopsyah Dudektif.

Pembina Kopsya Dudektif,  Dr. H. Kamsol ,MM, Prof.Dr.H.Yusri Munaf  S.H.,M.Hum, Prof. Dr. Amir Luthfi, Hendri Dunan , SP, MMA, Ir. Zulia Dharma memberi dukungan penuh dengam menerbitkan surat keterangan mengenai Kopsyah Dudektif pada Jum'at, 16/9/2022.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan