Mohon tunggu...
Yanti Sriyulianti
Yanti Sriyulianti Mohon Tunggu... Relawan - Berbagilah Maka Kamu Abadi

Ibu dari 3 anak yang sudah beranjak dewasa, aktif menggiatkan kampanye dan advokasi Hak Atas Pendidikan dan Perlindungan Anak bersama Sigap Kerlip Indonesia, Gerakan Indonesia Pintar, Fasilitator Nasional Sekolah Ramah Anak, Kultur Metamorfosa, Sandi KerLiP Institute, Rumah KerLiP, dan Perkumpulan Keluarga Peduli Pendidikan di Indonesia sejak 1999. Senang berjejaring di KPB, Planas PRB, Seknas SPAB, Sejajar, dan Semarak Indonesia Maju. Senang mengobrol dan menulis bersama perempuan tangguh di OPEreT.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

PJ Bupati Kampar, Dr.H. Kamsol, MM Membangun Ekosistem Desa Kreatif

4 September 2022   07:17 Diperbarui: 4 September 2022   07:37 159 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokpri PJ Bupati Kampar,  Dt. H. kamsol, MM bersama Fikri El Azis, Ketua Umum ADKI, TA Bupati, Kabid PA (Sabtu, 2/9/2022)

Dr. H. Kamsol, MM yang ditunjuk sebagai Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Asosiasi Desa Kreatif Indonesia (ADKI) Provinsi Riau langsung mengintegrasikan Desa Kreatif dengan pelembagaan Forum UMKM Kampar. Pendirian Koperasi Syariah Digital.UMKM Desa Kreatif atau Kopsya Deduktid.yang melibatkan pelaku UMKM termasuk di desa kreatif adalah gebrakan pertama Ketua ADKI Riau.

PJ Bupati Kampar melakukan percepatan pembinaan Desa Kreatif Kampar. Dalam pertemuannya dengan Ketua Umum ADKI, Fikri El Aziz, Kamsol menunjukkan 100 desa yang telah ditetapkan sebagai 50 Desa Kreatif dan 50 desa Menuju Desa Kreatif. "ADKI siap memghubungkan Desa Kreatif Kampar dengan Bank Indonesia dan BRK Syariah serta BUMN sebagai Bapak Asuh. Tersedia 39 modul di Akademi Desa Kreatif Indonesia untuk membantu melahirkam 10 pelaku UMKM Desa Kreatif, "Kata Fikri menyambut kabar gembira tersebut.

PJ Bupati Kampar juga menyampaikan kesediaan beberapa kepala daerah di Riau bergabung ke dalam  DPD ADKI Riau. Pj Walikota Pekanbaru, Bupati Meranti, Bengkalis, Kuansing, dan Siak sudah mulai dikontak terkait persiapan pelantikan DPD ADKI Riau oleh Pembina ADKI, Menparekraf Sandiaga Uno. "Insya Allah Menparekraf menghadiri Anugerah Kreasi Indonesia di Pekanbaru Riau pada 16-17 September. Pada dasarnya saya menyambut baik rencana PJ bupati Kampar untuk mengajak Menparekraf ke Desa Gema. Mungkin seperti kemarin menggunakan helikopter. Tolong siapkan plan B nya ya Bu, "imbuh Fikri kepada TA Bupati Kampar, Yanti KerLiP.

"Saya bersyukur tadi ketemu sama ibu-ibu kelompok, sekarang desa Salo Timur sudah dikenal lewat olahan kelor nya. Dulu ibu-ibudesa saya menyadap karet dan kemudian harga karet turun bu..alhamdulillah sekarang kami membuat kelompok kelor Bu, semoga bisa membantu perekonomian ibu-ibu khususnya desa Salo Timur.  Terima kasih ya Bu..sudah memasukkan desa kami sebagai salah satu desa kreatif...walaupun kebun kelornya belum besar tapi saya yakin nantinya kelor-kelor Salo Timur akan tumbuh dengan subur dan bisa menjadi sumber penghasilan keluarga disini seperti Kampung Patin. Alhamdulillah tetap semangat bu..Bu, insyaallah sebelum tanggal 10 September 2022 rumah produksi Natural soap KELORoS desa Salo Timur selesai Bu...setelah tanggal 10 September kapan-kapan Ibu ada waktu mau undang ibu untuk berkunjung. Jika nanti bapak Menteri Pariwisata memiliki agenda untuk berkunjung ke salah satu desa kreatif di kab.Kampar dan jika desa Salo Timur dipilih sebagai tempat kunjungan kami sangat senang sekali bu sekalian bisa meresmikan rumah produksi KELORoS Kampar bersama bapak menteri, Bapak Bupati Kampar dan Bapak GM PLN UIP Sumbagteng dan Ibu bersama aparatur desa dengan menampilkan inovasi2 makanan tradisional berbahan kelor dari desa kami dan pelaku-pelaku UMK olahan kelor di Kampar, Bu. Semoga rumah produksi KELORoS desa Salo Timur bisa diresmikan bersama ya Bu, "ujar Nurhidayati Sari, pelaku UMKM dari Salo.Timur kepada Yanti KerLiP. Ta Bupati Kampar langsung menyampaikan pesan tersebut kepada Fikri sebagai alternatif.

"Saya harap, Mas Fikri berkenan meyakinkan Menparekraf dan rombongan mengunjungi Tanjung Belit, yang sudah ditetapkan menjadi salah satu dari 46 Desa Kreatif oleh Memparekraf pada tahun lalu. Desa ini bersebelahan dengan dermaga di desa Gema tempat sampan dari 23 desa sangat tertinggal di kawasan Suaka Margasatwa Rimbang Baling berlabuh, "Kepala bidang Perlindungan Anak, Satiti Rahayu menyampaikan harapannya.  Pemkab Kampar sudah melaksanakan rapat koordinasi di tingkat kabupaten dan Kecamatan.dalam upaya ini. Kepala desa.yang hadir sangat gembira mendengat kabar rencana kunjungan Menparekraf bulan ini.

Masyarakat dan pemerintah Kabupaten Kampar menyambut pelembagaan Desa Kreatif ini dengan antusias. Beberapa Kepala Desa Kreatif bersama para pelaku UMKM nya hadir dalam Sosialisasi Desa Kreatif yang dilaksanakan PJ Bupati Kampar di Balai (Kamis, 1/9/2022). Kamsol menugaskan Yanti bersama Kabid Pengembangan Dinas PMD, Kabid Pemasaran Disparbud, Kabid Perlindungan Anak DPPKBP3A, Konsultan IT, Media, dan Publikasi, serta tokoh adat Kampar memfasilitasi penyusunan proposal hutan desa dan persiapan acara Bulan SDG's Desa bersama Menparekraf, Wamemdespdtt, Menegpppa, Ketua JmJm ADKI.

Desa Kreatif sebagai start up membuka ruang bagi masyarakat di desa dan kelurahan untuk mengembangkan 1 atau lebih dari 17 subsektif ekonomi kreatif. ADKI memiliki peran yang sangat penting dalam pembinaan menuju Desa Kreatif di Indonesia. 

Desa Kreatif adalah salah satu indikator utama dalam pengembangan Desa Ekowisata Ramah Anak Peduli Perempuan atau Derapp.  Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak atau DRPPA dengan 10 indikatornya juga menjadi indikator Derapp.

 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan