Mohon tunggu...
Yanti Sriyulianti
Yanti Sriyulianti Mohon Tunggu... Berbagilah Maka Kamu Abadi

Ibu dari 3 anak yang sudah beranjak dewasa, aktif menggiatkan kampanye dan advokasi Hak Atas Pendidikan dan Perlindungan Anak bersama Sigap Kerlip Indonesia, Gerakan Indonesia Pintar, Fasilitator Nasional Sekolah Ramah Anak, Kultur Metamorfosa, Sandi KerLiP Institute, Rumah KerLiP, dan Perkumpulan Keluarga Peduli Pendidikan di Indonesia sejak 1999. Senang berjejaring di KPB, Planas PRB, Seknas SPAB, Sejajar, dan Semarak Indonesia Maju. Senang mengobrol dan menulis bersama perempuan tangguh di OPEreT.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Penegakan Prinsip-prinsip Tata Kelola yang Baik dalam Program Organisasi Penggerak Kemendikbud

26 Juli 2020   10:22 Diperbarui: 26 Juli 2020   11:16 81 6 1 Mohon Tunggu...

Program Organisasi Penggerak  atau POP diyakini mampu mendorong munculnya ribuan Sekolah Penggerak. Targetnya pun tidak tanggung-tanggung. Hingga 2022 program ini akan meningkatkan kompetensi 50 ribu guru, kepala sekolah, tenaga kependidikan di 5.000 PAUD, SD, SMP, dan Sekolah Luar Biasa. 

Episode ke-4 Merdeka Belajar ini merupakan terobosan baru dalam meningkatkan partisipasi publik di pendidikan. Program ini akan menciptakan Sekolah Penggerak sebagai kunci awal pemerataan kualitas pendidikan. 

Organisasi Penggerak yang lolos seleksi program memperluas jangkauan praktik-praktik yang sudah terbukti meningkatkan kualitas hasil belajar murid. Sekolah Penggerak ini diharapkan berkembang dan mampu menggerakkan sekolah lainnya, secara terus menerus.

Bagaimana proses seleksi POP?

Selamat pagi Bapak/Ibu,

Unduh dokumen paparan dan Daftar Tanya Jawab Program Organisasi Penggerak untuk referensi Bapak/Ibu di http://bit.ly/PaparanForumOrganisasiPenggerak.

Forum Organisasi Penggerak akan ditayangkan melalui live streaming kanal Youtube Kemendikbud pada Selasa, 10 Maret 2020 mulai pukul 09.00 - 15.00 WIB melalui tautan http://bit.ly/ForumOrganisasiPenggerak

Bapak/Ibu dapat menyampaikan pertanyaan terkait program melalui http://bit.ly/TanyaOrganisasiPenggerak. Pertanyaan-pertanyaan terpilih akan ditampilkan dan dijawab oleh para panelis.

Terima kasih atas perhatiannya.

Salam,

Admin Sekolah Penggerak Kemendikbud

sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id

Pesan ini masuk ke email yang saya cantumkan saat mendaftar POP. Daftar Tanya Jawab membantu kami memahami seluruh persyaratan yang harus dipenuhi. 

Perjuangan panjang melengkapi persyaratan POP terbasuh saat Perkumpulan Keluarga Peduli Pendidikan mendapatkan check list hijau dan status Profil disetujui. Namun, kami tidak berhasil menemukan bagian yang belum terisi sampai detik terakhir penutupan pendaftaran proposal. Kami pun menyerah. 

Tapi kami tetap mendapatkan hikmah dari penyusunan profil POP.  Kami jadi lebih serius menata kelembagaan Perkumpulan yang kami dirikan sejak 25 Desember 1999. Praktik-praktik baik yang kami laksanakan selama 10 tahun terakhir pun kami sajikan dalam website sandikerlip.com. Ternyata proses ini sangat membantu kami saat mengikuti seleksi Lembaga Bantuan Beasiswa Baznas RI.

Kami benar-benar semangat ketika panitia menyampaikan kabar perpanjangan pendaftaran POP. Kami langsung menggalang dukungan anggota untuk memenuhi persyaratan Laporan Keuangan dari Kantor Akuntan Publik. 

Saking semangatnya kami lupa memeriksa bahwa pada tahap perpanjangan tidak mengubah kriteria yang sudah diajukan sebelumnya. Kami sempat kecewa sebenarnya, apalagi kemudian melihat checklist hijau di persyaratan profil berubah. 

Setelah konfirmasi berkali-kali kepada panitia, akhirnya kami dapat melengkapi sesuai permintaan Kemhumham. Akibatnya struktur organisasi pun kembali ke asal sesuai akta resmi Perkumpulan.

Kami sangat bersyukur ketika berhasil memenuhi seluruh persyaratan POP meskipun hanya bisa mengajukan kategori Kijang. Kami memilih 20 sekolah di daerah tertinggal yang rawan bencana dekat Jawa Barat yang mengirimkan guru pada kegiatan Bimtek Dukungan Psikososial dan Tanggap Bencana 2 tahun terakhir. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN