Mohon tunggu...
Yanti Sriyulianti
Yanti Sriyulianti Mohon Tunggu... Berbagilah Maka Kamu Abadi

Ibu dari Nurul Fitry Azizah, Muhammad Zakky Anwar dan Allisa Putri Maryam, aktif menggiatkan kampanye dan advokasi Hak Atas Pendidikan dan Perlindungan Anak dengan menjadi pembina Sigap Kerlip Indonesia, Ketua Umum Gerakan Indonesia Pintar, Fasilitator Nasional Sekolah Ramah Anak, mencatat kegiatan sehari-hari, dan memimpin Perkumpulan Keluarga Peduli Pendidikan di Indonesia sejak 1999.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Penyuluh Katana Mengajak Keluarga Indonesia Lakukan 7 Langkah PHBS Plus Cegah Corona di Rumah

12 Maret 2020   05:10 Diperbarui: 12 Maret 2020   05:21 109 1 1 Mohon Tunggu...

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, dr. Wiendra Waworunto menyatakan bahwa masyarakat tetap waspada, namun tak perlu cemas berlebihan. 

Ayah bunda perlu segera menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS). Mulai dari mencuci tangan memakai sabun, menggunakan masker serta periksa ke rumah sakit terdekat jika panas badan di atas 38 derajat, apalagi jika disertai batuk, pilek, dan sukar bernapas..

7 Langkah PHBS ini perlu diterapkan untuk meningkatkan kewaspadaan keluarga kita terhadap Corona:

1. Rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan air besih yang mengalir sebelum dan setelah beraktivitas, seperti setelah batuk, sebelum dan sesudah mengonsumsi makanan, setelah ke toilet, dan setelah kontak dengan hewan.

2. Gunakan masker saat batuk dan pilek, baik saat ke rumah sakit, di tempat umum, maupun saat berada di rumah.

3. Hindari mengonsumsi makanan kurang matang, seperti daging mentah atau tidak matang sempurna, telur setengah matang, dan daun-daunan segar yang tak dicuci dengan baik.

4. Konsumsi makanan dengan gizi seimbang, yakni dengan komposisi karbohidrat, protein, sayur, dan buah yang tepat.

5. Rutin olahraga, terkena sinar matahari pagi, dan istirahat cukup.

6. Bila mengalami demam, batuk, dan pilek disertai sesak nafas, segera datangi rumah sakit atau fasilitas kesehatan untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

7. Bila memiliki hewan peliharaan, pastikan hewan mendapatkan vaksinasi dan dijaga kebersihannya.

Ayah bunda juga harus menyediakan peralatan kebersihan yang memadai. Sumber air bersih, sabun cuci tangan antibakteri, tisu sekali pakai untuk mengeringkan tangan, disinfektan, dan hand sanitazer harus tersedia secara memadai.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x