Mohon tunggu...
Yanti Sriyulianti
Yanti Sriyulianti Mohon Tunggu... Berbagilah Maka Kamu Abadi

Ibu dari 3 anak yang sudah beranjak dewasa, aktif menggiatkan kampanye dan advokasi Hak Atas Pendidikan dan Perlindungan Anak bersama Sigap Kerlip Indonesia, Gerakan Indonesia Pintar, Fasilitator Nasional Sekolah Ramah Anak, Kultur Metamorfosa, Sandi KerLiP Institute, Rumah KerLiP, dan Perkumpulan Keluarga Peduli Pendidikan di Indonesia sejak 1999. Senang berjejaring di KPB, Planas PRB, Seknas SPAB, Sejajar, dan Semarak Indonesia Maju. Senang mengobrol dan menulis bersama perempuan tangguh di OPEreT.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Sigap Kerlip Indonesia Giatkan Pendidikan Keluarga Terintegrasi dalam Semarak Indonesia di Sulawesi

19 Desember 2019   09:30 Diperbarui: 19 Desember 2019   09:32 35 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sigap Kerlip Indonesia Giatkan Pendidikan Keluarga Terintegrasi dalam Semarak Indonesia di Sulawesi
Cover Buku JICA dokpri

Kolaborasi bukan hal baru bagi Nurlinda Taco yang mengemban amanah sebagai ketua Yayasan Sigap KerLiP Indonesia sejak 12 Januari 2019. "Saya menyusun buku ini saat mendampingi Bappeda Takalar, "ujar perempuan energik yang menjadi Direktur FIK KSM sejak 2001 di Takalar.

Tidak mengherankan jika ia langsung jalankan gebrakan sekolah madrasah ramah anak (Semarak) Indonesia yang diusungnya atas nama Sigap Kerlip Indonesia berkolaborasi dengan Perkumpulan Keluarga Peduli Pendidikan, Sandi Kerlip Institute, GIP, Aspirasi, SMSG, dan SPAK. Penandatanganan kesepakatan bersama antara Sigap KerLiP Indonesia dengan Kepala Kantor Kemenag RI Sulsel pada Hari Amal Bakti ke-74 menandai kolaborasi dengan pemerintah. 

Menjelang Deklarasi Semarak Indonesia di Kanwil Kemenag Sulsel dokpri
Menjelang Deklarasi Semarak Indonesia di Kanwil Kemenag Sulsel dokpri
Kemitraan khas KerLiP dengan Kemenag RI turut memperkuat kolaborasi Semarak Indonesia. "Mbak Yanti pastikan menemui Bu Yuspiani di UIN untuk menyiapkan relawan pendamping Semarak Indonesia di 24 Kota/Kabupaten di Sulawesi Selatan, "pesan Direktur KSKK Madrasah, Ahmad Umar saat merespon kabar gembira yang saya sampaikan dari Makasar.

Tentu saja arahan ini membuat kami bergegas. Kemarin sore selepas memenuhi undangan Kepala MTsN 1 untuk mengenalkan Semarak Indonesia kepada anak-anak dan guru, kami menemui Bu Yuspiani, Kepala Biro Akademik UIN Makasar di Hotel Sheraton. Alhasil kami diminta menyiapkan draft MoU antara Sigap KerLiP Indonesia dan UIN untuk mengintegrasikan inovasi ini dengan program KKN. 

Bertemu Bu Yuspiani di Hotel Sheraton dokpri
Bertemu Bu Yuspiani di Hotel Sheraton dokpri
Pendidikan Keluarga Untuk Anak Lebih Cerdas Berkarakter

Pagi ini saya menyampaikan permohonan maaf di wag Sahabat Keluarga karena tidak bisa ikut urun rembuk pada 20 Desember 2019. Menjelang akhir tahun ini prioritas saya sebagai Ketua Umum Perkumpulan KerLiP adalah memperkuat pelembagaan dan inovasi  Sigap KerLiP Indonesia dan Sandi KerLiP Institute, yakni Deklarasi Semarak Indonesia mulai dari Pinrang ke Sulsel, Takalar, Pare-Pare, Mamuju, dan Palu pada 16 sd 21 Desember bersamaan dengan Pentas Kreasi Seni Galura di Huntara Petobo kota Palu pada 21 Desember 2019.

Galura di Huntara Gawalise Palu dokpri
Galura di Huntara Gawalise Palu dokpri
Pendidikan keluarga dalam upaya memperkuat anak lebih cerdas berkarakter menjadi kegiatan utama dalam pendampingan Semarak Indonesia di Ra dan Madrasah. "Gerakan Literasi Untuk Remaja (Galura), Keluarga Indonesia Bangkitkan Literasi Anak Tangguh, tantangan Belajar di Luar Kelas bagi anak dan remaja untuk memperbanyak perjumpaan lintas iman dan memperkaya bhinneka tunggal ika dalam keseharian, pelembagaan gerakan siswa bersatu, pelembagaan Kagumi Indonesia (Keluarga, Anak, Guru Modiis Indonesia) adalah kegiatan utama Semarak Indonesia dalam penguatan pendidikan karakter di keluarga dan masyarakat, "imbuh Nurlinda Taco pada sela rehat kami di kantor Sigap Kerlip Indonesia. 

Temu Kangen Perkumpulan KerLiP Takalar, Sigap Kerlip Indonesia, Koperasi Nelayan di Rumah Nurlinda Taco dokpri
Temu Kangen Perkumpulan KerLiP Takalar, Sigap Kerlip Indonesia, Koperasi Nelayan di Rumah Nurlinda Taco dokpri
Selamat bekerja Sigap KerLiP Indonesia

Saatnya giatkan Semarak Indonesia

VIDEO PILIHAN