Mohon tunggu...
Yanti Sriyulianti
Yanti Sriyulianti Mohon Tunggu... Berbagilah Maka Kamu Abadi

Ibu dari Nurul Fitry Azizah, Muhammad Zakky Anwar dan Allisa Putri Maryam, aktif menggiatkan Hak Atas Pendidikan dan Perlindungan Anak dengan menjadi pembina Sigap Kerlip Indonesia, Ketua Umum Gerakan Indonesia Pintar, Fasilitator Nasional Sekolah Ramah Anak, mencatat kegiatan sehari-hari, dan memimpin Perkumpulan Keluarga Peduli Pendidikan di Indonesia sejak 1999.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Bersama KPAI dan Perusahaan Sahabat Anak Kita Perkuat Sistem Perlindungan Anak Indonesia

10 September 2019   07:30 Diperbarui: 10 September 2019   07:31 0 0 0 Mohon Tunggu...

Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation Yoppy Rosimin mengungkapkan bahwa PB Djarum akan menghentikan audisi umum 2020 sampai polemik mereda.

"Pada audisi kali ini juga saya sampaikan sebagai ajang untuk pamit sementara waktu, karena di tahun 2020 kami memutuskan untuk menghentikan audisi umum. Memang disayangkan banyak pihak, tetapi demi kebaikan bersama kita hentikan dulu, biar reda dulu, dan masing-masing pihak agar bisa berpikir dengan baik, "ujar Yoppy dalam acara konferensi pers, di Hotel Aston, Purwokerto, Sabtu (7/9/2019)

Sementara itu Rita Pranawati, Wakil Ketua KPAI dan komisioner bidang pengasuhan menyampaikan hasil pleno KPAI di wag MPI, Maju Perempuan Indonesia.

Pertama kami pastikan KPAI tidak pernah menerima uang sepeser pun dari pihak manapun terkait isu-isu ini. KPAI tidak pernah memeras Djarum dengan cara apapun. Anggaran kami memang kecil, tetapi kami bisa diaudit semuanya murni APBN


Kedua terkait Djarum, proses laporan ini sudah cukup lama dan berproses. Pertemuan dilakukan dengan banyak pihak, ada KPPA, Kemenpora, Kemenkes danpihak Djarum. Pada saat pertemuan antar lembaga ada kesepakatan bahwa KPAI dan KL mendukung pencarian bibit dan atlet, termasuk bulutungkis. Terkait dengan aturan PP No. 109 Tahun 2012 padal 36, KPAI dan kementrian, bahkan termasuk rapat atas undangan menkopulhkam menyepakati bahwa regulasi ini ada dan perlu ditegakkan. Dan tegaknya regulasi adalah bagian tugas dari KPAI.


Kementrian dan lembaga menawarkan untuk tidak menggunakan atribut oleh anak-anak, namun djarum menolak. Artinya ada iklan terselubung yang tidak sesuai dengan PP No 109 diatas.


KPAI tetap mendukung adanya audisi dengan tetap taat pada aturan.


Ketiga, hasil rapat di kemenkopolhukam tanggal 26 Agustus dan 4 september, KPAI menyampaikan pendapat bahwa sesuai kesepakatan dengan K/L dan Pemda kesepakatan kemarin tetap dan tidak akan berubah, audisi tetap harus berjalan tapi tidak boleh melanggar hukum. KPAI berharap niat baik PB Djarum terus berlangsung tapi PP ini mengikat pada seluruh elemen publik. KPAI setuju harus ada solusi terbaik. Dalam rapat ini disepakati akan ada pertemuan lanjutan membahas solusi.


Keempat, Minggu kemarin audisi berjalan di Purwokerto, anak-anak dengan kaos asal klub, nama audisi adalah audisi umum bulutungkis, bukan audisi djarum. Hanya panitia yang memakai Djarum. Acara berlangsung dengan baik.

KPAI dan KL lainnya masih membuka ruang diskusi untuk mencari solusi.

Rita menegaskan kembali bahwa KPAI tidak pernah menghentikan audisi PB Djarum, namun tetap mematuhi regulasi yang berlaku.

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x