Mohon tunggu...
Budiyanti
Budiyanti Mohon Tunggu... Lainnya - Seorang pensiunan guru di Kabupaten Semarang yang gemar menulis dan traveling. Menulis menjadikan hidup lebih bermakna.

Seorang pensiunan guru dan pegiat literasi di Kabupaten Semarang.

Selanjutnya

Tutup

Kurma

Sahur Perdana dengan Nikmat

23 Maret 2023   11:37 Diperbarui: 23 Maret 2023   12:46 496
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kisah Untuk Ramadan. Sumber ilustrasi: PAXELS

Alhamdulillah kami semalam telah melaksanakan sahur perdana. Seperti kita ketahui sahur itu hukumnya Sunnah muakkad yaitu sangat ditekankan

"Bersahurlah karena dalam makanan sahur terdapat keberkahan"( HR. Bukhari ).

Oleh karena itu, kita dianjurkan untuk sahur walaupun hanya minum segelas air putih.

Alarm berbunyi dengan nyaring, gegas saya bangun lalu menuju kamar kecil. Selanjutnya saya ke dapur untuk menyiapkan menu yang akan dimasak. Semalam beberapa sayuran telah saya potong-potong. Bumbu pun sudah saya kupas seperti bawang merah dan putih. Saat itu  ini saya memasak tumis buncis dan wortel serta saya beri bakso. Hemm bau sedap ketika bawang merah putih saya masukkan ke wajan yang telah saya beri minyak sedikit.

Tak menunggu lama tumis buncis matang. Setelah itu saya memasak air. Sementara sambil menunggu air masak, saya mengambil air wudhu untuk salat tahajud. Anak menantu yang kebetulan pulang meneruskan memasak. Jadi saya bisa tenang untuk salat tahajud. Alhamdulillah bisa salat tahajud. Tak lupa saya lantunkan doa.

Beberapa waktu kemudian kami berlima sahur bersama. Ada nasi hangat, tumis buncis dan brokoli. Bandeng presto goreng makin melengkapi sahur kami.  Alhamdulillah akhirnya kami bisa menikmati sahur bersama dengan penuh kebahagiaan.

Tanda Imsak berbunyi. Saya pun menyudahi untuk makan dan minum. Alhamdulillah perut sudah terisi air putih tiga gelas. Makan pun terasa nikmat mungkin karena bisa bersama anak-anak.

Azan subuh berkumandang.  Saya dan suami bergegas menuju Masjid.

Ambarawa, 23 Maret 2023

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun