Mohon tunggu...
Budiyanti
Budiyanti Mohon Tunggu... Guru - Seorang guru di Kabupaten Semarang yang gemar menulis di usia senja. Menulis adalah jejak hidup. Menulislah agar hidup bermakna.

Guru dan pegiat literasi

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Pentingnya Persiapan untuk Menyambut Tamu

24 September 2022   21:32 Diperbarui: 24 September 2022   21:41 80 13 8
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentasi pribadi 


Menyambut tamu dengan memuliakan adalah bagian dari kewajiban bagi umat manusia.  Tamu adalah raja. Oleh karena kita persiapkan baik agar tamu-tamu kita merasa nyaman dan bahagia.

Hari Ahad, 25 September 2022 keluarga kami akan kedatangan tamu dari berbagai tempat. Tamu tersebut adalah teman masa kuliah saya di Unnes Semarang. Walaupun kami berjarak jauh kami saling menjalin silaturahmi dengan saling kunjung.

Walaupun tidak bisa semuanya bisa hadir, kami tetap menyambutnya dengan penuh kegembiraan. Kami pun mempersiapkan segala sesuatunya untuk menyambut.

Yang utama adalah mulai bersih-bersih rumah. Hal ini sudah kami cicil mulai hari Jumat. Hari itu kami bersih-bersih dengan dibantu tetangga yang biasa datang untuk membantu seterika. Kami bersama-sama membersihkan rumah, kamar mandi. Halaman depan pun kami bersihkan. Tak lupa bunga-bunga saya benahi agar enak dipandang mata.

Teras belakang pun saya tata agar besok pagi tinggal memberi karpet. Teras belakang sengaja kami tata karena tempat ini menjadi favorit tamu jika berkunjung di rumah kami. Teras nanti saya beri tikar atau karpet  agar bisa duduk-duduk sambil menikmati taman yang ada kolam koi. Sebelah kanan teras sudah saya tata aneka bunga yang cantik dan saya bersihkan tempatnya yaitu rak putih.

Selain teras belakang, ruang tamu juga sudah saya bersihkan. Tempat ini juga kami persiapkan. Kursi-kursi diletakkan di tempat lain. Selanjutnya tikar digelar. Alhamdulillah tikar sudah ada sehingga tidak usah pinjam.

Piring, gelas sudah ada sehingga tidak usah pinjam tetangga. Hal ini juga kami persiapkan hari ini.

Dokpri 
Dokpri 


Selanjutnya kami pun mempersiapkan menu makan siang. Rencana tamu yang berasal dari Kudus, Demak, Semarang, Ungaran dan Magelang ini akan sampai rumah kami pukul 10.00. Oleh karena itu, menu makan siang sudah kami persiapkan. Kali ini kami pesan seperti biasa yaitu ayam bakar Pak Trimo. Selain itu nanti ada ikan nila dengan bumbu rujak.

Untuk jajanan, saya sudah membeli pisang kepok yang akan dikukus besok pagi. Jajan lainnya telah kami gorengkan mete. Hemm lezat. Sedangkan jajan lain sudah kami pesankan. Besok tinggal ambil.  Ya praktis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan