Mohon tunggu...
Budiyanti
Budiyanti Mohon Tunggu... Guru - Seorang guru di Kabupaten Semarang yang gemar menulis di usia senja. Menulis adalah jejak hidup. Menulislah agar hidup bermakna.

Guru dan pegiat literasi

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Kue Cucur yang Menggoda

19 September 2022   08:06 Diperbarui: 19 September 2022   08:13 117 22 24
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Dokumentasi pribadi 

Kue Cucur yang Menggoda

Saat kemarin menghadiri acara pernikahan saudara, ada hidangan yang menggoda daripada makanan lainnya, yaitu kue cucur. Segera saya mengambil kue yang berwarna coklat itu.

Hemm lezat sekali kue ini dibandingkan dengan roti atau humberger. Pokoknya ini kue kesukaan saya dan suami yang asli orang Boyolali. Alhamdulillah saya pun mendapatkan oleh-oleh khas Boyolali tersebut dari yang punya gawe. Jadi deh pagi ini bisa menikmati teh hangat dan kue cucur dengan nikmat. Apalagi dinikmati bersama sang belahan hati di kolam koi belakang rumah. Yang lain gak boleh iri lho....wkkk

Dokumentasi pribadi 
Dokumentasi pribadi 

Kue cucur khas Boyolali ini berbeda dengan kue cucur di Ambarawa atau kota lain. Kue ini lebih enak karena tidak berminyak. Memang kue ini agak keras tetapi bisa bertahan lebih lama. 

Jadi kalau ingin makan kue yang agak keras ini bisa dipanaskan dengan cara dikukus. Biasanya  saya ambil secukupnya lalu saya taruh di wadah kemudian saya panaskan di dalam majiccom. Hanya beberapa menit saja kue cucur ini empuk dan enak. Rasanya manis dan gurih karena ada kelapanya. 

Kue khas Boyolali ini kesukaan kami berdua. Jadi kalau ada acara ke saudara pasti dibelikan kue cucur.

Berbeda dengan cucur selain dari Boyolali. Kue cucur pada umumnya banyak mengandung minyak. Kalau rasanya hampir sama. Enak juga yang bukan dari Boyolali.

Apa ya bahannya kok enak sekali? Saya pun bertanya pada suami yang asli orang Boyolali. Ternyata bahannya mudah kita dapatkan. Bahannya ada tepung beras, tepung terigu, gula Jawa dan gula pasir, air, parutan kelapa, garam dan vanili.

Caranya membuat hampir sama dengan membuat apem. Dicetak satu persatu. Yang punya hobi memasak pasti penasaran. Kalau gak mau ribet beli saja di Boyolali. Selamat hari Senin semoga aktivitas hari ini penuh berkah. Aamiin.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan