Mohon tunggu...
yanti ningrum
yanti ningrum Mohon Tunggu... freelancer

-

Selanjutnya

Tutup

Digital

Ini Dia Macam-macam Fungsi VPS, Ketahui Yuk..

22 Februari 2021   14:53 Diperbarui: 22 Februari 2021   15:37 71 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ini Dia Macam-macam Fungsi VPS, Ketahui Yuk..
Sumber : gameogre.com

Saat ini banyak orang bekerja di bidang IT, karena IT berkembang pesat seiring berkembangnya Jaman. Hal ini dkarenakan banyaknya inovasi yang muncul dari produk berbasis IT. Bahkan banyak juga orang awam yang mempelajari cara membuat web dan menjadi seorang trader, baik forex dan saham. Oleh karena itu, kata-kata VPS akan sering bermunculan dan setidaknya dengan mengetahuinya sekarang, maka apabila kata itu muncul kita tidak akan lagi kesulitan untuk memahaminya.

Menurut sewavps.com, VPS adalah singkatan dari Virtual Private Server , yang dimana fungsinya adalah mengalihkan suatu proses pada komputer yang lain, atau biasa dikenal dengan istilah CLOUD. Selain itu VPS masih mempunyai banyak fungsi lainnya, seperti fungsi berikut ini :

Remote Desktop

Seperti pada pengertian remote secara harafiah, yaitu  jauh, dimana remote desktop yang dimaksud ini adalah dapat menggunakan desktop dalam jarak jauh. Sehingga anda tidak dibatasi oleh lokasi. DImanapun anda berada, asalkan ada gadged seperti Laptop/PC atau HP, dan juga koneksi internet, maka anda sudah bisa login atau membuka VPS anda.

 

Hardisk Online

Selain kemudahaannya dapat dibuka dimana-mana, VPS juga dapat digunakan sebagai harddisk online. Anda dapat menyimpan data, file, apapun di VPS anda. Biasanya penyedia VPS sudah mencantumkan keterangan jika VPS tersebut dapat menyimpan berapa gigabytes disk space. Atau jika tidak ada keterangan tersebut di paketannya, anda dapat menanyakannya ke penyedia VPS.

Digunakan Sebagai VPN

Terkadang saat anda membuka salah satu website luar negeri atau website tentang keuangan ataupun situs dewasa, maka website tersebut tidak bisa dibuka, diblokir oleh pemerintah Indonesia dengan keterangan internet positif. Nah, dengan menggunakan VPS, maka anda dapat membuka website tersebut, dikarenakan server pada VPS tersebut adalah server pribadi (private), dan terkadang server yang digunakan bukanlah server dari Indonesia. Sehingga saat anda membuka blokiran website tersebut, maka sebenarnya VPS sedang berfungsi sebagai VPN.

Sebagai Server Percobaan

Jika anda bergerak di bidang IT, dan ketika anda sedang mengembangkan sebuah software, aplikasi, sistem operasi dan lain sebagainya, maka anda disaat itu anda membutuhkan sebuah server untuk melakukan percobaan di dalam server tersebut. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN