Mohon tunggu...
yanse arfinando
yanse arfinando Mohon Tunggu... Lebih berbahagia memberi daripada menerima

Pemerhati lingkungan dan sosial

Selanjutnya

Tutup

Finansial

Artis Membangun Indonesia: SSE Challenge

26 November 2019   09:44 Diperbarui: 26 November 2019   09:49 6 0 0 Mohon Tunggu...

Bisa dimaklumi kalau masyarakat awam beranggapan bahwa para artis bergelimang tidak saja ketenaran tapi juga harta.  Khususnya para artis terkenal yang sering muncul di layar lebar, layar kaca (televisi, komputer, dan gawai), dan padat jadwal manggung di sana-sini.  Bukankah wajar bila jam terbangnya semakin tinggi maka semakin tinggi pula penghasilan para artis tersebut?

Anggapan tersebut dikuatkan dengan fenomena belakangan ini yaitu beberapa artis memamerkan saldo ATM-nya yang mencapai milyaran rupiah. Bisa dipastikan artis-artis tersebut memiliki lebih banyak harta lagi karena mereka tentu memiliki aset berupa properti, kendaraan bermotor, dsb.

Terus terang secara pribadi saya salut pada para artis tersebut karena berani secara terbuka menampilkan nilai kekayaannya.  Sebagian mungkin karena sekedar terpancing karena ditantang membuktikan bahwa dirinya benar-benar kaya.  Sebagian lagi mungkin karena mau menunjukan bahwa dirinya tidak kalah kaya dari rekan artisnya.  Atau mungkin itu memang sebagai bentuk kebanggaan atas pencapaian hasil kerja kerasnya.   Entahlah, hanya para artis tersebut yang tahu apa alasan mereka memamerkan saldo ATM-nya.

Apapun alasannya, nyatanya memamerkan saldo ATM mengundang lebih banyak tanggapan negatif dari masyarakat, bahkan rekan sesama artis. Padahal sebagai pesohor, artis memiliki kedudukan yang strategis dalam mengedukasi masyarakat.  Idealnya, artis diharapkan memberikan keteladanan yang baik bagi masyarakat. 

Kita bersyukur, bahwa di Indonesia tidak dilarang menjadi orang kaya.  Namun alih-alih memamerkan saldo ATM, bagaimana bila para artis kaya menunjukkan bahwa dirinya juga taat membayar pajak atas kekayaannya itu?  Jadi tidak berlomba ke mesin ATM, tapi tunjukan SSE (Surat Setoran Elektronik / e-billing) dan resi bukti anda telah membayar pajak (bisa dari kantor pos, bank persepsi atau ATM).

Bila para artis berani menerima SSE Challenge ini, yakinlah masyarakat akan memberikan respon yang positif.  Salut dan rasa hormat sudah pasti.  Lebih dari itu harapannya masyarakat, setidaknya para fans, friends, followers, dan subscribers, akan meneladani mengikuti SSE Challange ini.  Bicara membangun Indonesia, inilah wujud nyatanya.  Bukankah jalan, jembatan, penerangan, dan infrastruktur lainnya di negeri ini dibangun dengan uang pajak?

Ayo para artis berani menerima SSE Challenge?

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x