Mohon tunggu...
yani widaningsih
yani widaningsih Mohon Tunggu... Seorang Ibu Rumah Tangga

Melihat dunia dari berbagai perspektif

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Sosialita Berbuah Petaka

6 Juni 2021   19:00 Diperbarui: 6 Juni 2021   19:03 304 38 10 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sosialita Berbuah Petaka
Marie-Antoinette | www.britannica.com

Kehidupan sosialita selalu menarik untuk dibahas, yang kini gegap gempita menjadi trend gaya hidup, wabah sosilalita ini menjangkiti seluruh elemen masyarakat, tua muda, kelas atas bahkan menengah ke bawah larut dalam gaya hidup ini.

Sebenarnya apa arti kata "Sosialita", menurut Wikipedia "Sosialita" adalah sebuah akronim yang diserap dari bahasa Inggris, berasal dari kata sosial dan elite.

Kata "Sosial" sebagai kata benda memiliki arti, kelompok orang-orang terbaik atau pilihan, orang terpandang atau berderajat tinggi, kaum bangsawan, cendekiawan, para orang kaya dan sebagainya.

Secara bahasa atau makna aslinya kaum "Sosialita" adalah sebagai orang-orang yang memiliki derajat tinggi dan terpandang dan memiliki jiwa sosial terhadap orang-orang yang kekurangan.

Seperti lady Diana istri pertama pangeran Charles dari Inggris, Diana terkenal dengan penggalangan dana bagi badan amal Internationalnya juga terkenal akan pekerjaan amalnya dan dan dukungannya pada International Campaign to ban landmines. Diana juga adalah presiden dari rumah sakit Great Ormond street Hospital untuk anak anak, disamping puluhan badan amal lainnya. Dia tak segan mengunjungi pengungsian korban kelaparan Afrika, atau mengunjungi anak anak korban perang. ini salah satu contoh sosialita sejati.

Namun kini "Sosialita" telah mengalami pergeseran makna, sekarang arti kata sosialita dikaitkan dengan dengan kehidupan mewah, glamor dan menghambur-hamburkan uang, ditunjang dengan munculnya media sosial menambah merebaknya kehidupan sosialita.

Sekarang makna sosialita ditandai dengan kelompok orang yang hanya ingin mempertahankan status sosialnya sehingga terlihat ideal di mata masyarakat biasanya membentuk arisan elite, pamer barang mewah, pelesiran mewah sambil belanja mewah pula.

Yang memprihatinkan ketika gaya hidup sosialita ini menjangkiti kelas menengah ke bawah, gaya hidup tak sesuai dengan kemampuan, kemudian mendorong mereka menghalalkan segala cara. Mereka ingin merasakan kenyamanan yang semu, mereka gagal paham memaknai arti sosislita.

Sebenarnya gagal paham ini tidak terjadi sekarang saja dari masa ke masa telah terjadi banyak gagal paham memaknai arti sosialita, hingga menimbulkan malapetaka, berikut kisah-kisah sosialita yang berakhir derita bahkan sampai korban nyawa.

1. Marie Antoinette

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN