Mohon tunggu...
yani widaningsih
yani widaningsih Mohon Tunggu... Seorang Ibu Rumah Tangga

Melihat dunia dari berbagai perspektif

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Selamat Hari Perempuan Internasional Untukku, Anda, dan Wanita di Seluruh Dunia

8 Maret 2021   01:00 Diperbarui: 8 Maret 2021   05:46 327 42 16 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Selamat Hari Perempuan Internasional Untukku, Anda, dan Wanita di Seluruh Dunia
International Woman's Day | www.nae.org.uk

Kita perempuan diciptakan Tuhan sebagai sumber kehidupan, coba bayangkan bila Tuhan tidak menciptakan kita didunia ini.

Posisi perempua adalah pendamping laki-laki, kodarat perempuan posisinya bukan sebagai bawahan atau atasan tetapi mitra sejajar.

Ketika menjadi ibu kedudukannya lebih tinggi dari ayah untuk anaknya, bahkan surga anak-anak nya ada di bawah telapak kaki Ibu.

Dalam suatu riwayat dijelaskan seorang yang bertanya kepada Rasulullah SAW "Kepada siapakah aku harus berbakti lebih dulu", maka Rasulullah SAW menjawab "Ibumu" pertanyaan tersebut diulang sampai tiga kali dengan jawaban yang sama, dan setelah ditanya keempat kalinya baru Rasulullah menjawab "Ayah" (HR. Bukhari no. 5971).

Tuhan memberikan keistimewaan kepada perempuan dengan kepercayaan mengandung dan melahirkan serta mendapat pahala karena hal tersebut, seorang perempuan diberi keistimewaan Tuhan dapat menyusui anak anaknya serta mendapat pahala kebaikan luar biasa banyak air susuan yang dibaerikan pada bayinya.

Dan hari ini di kukuhkan sebagai hari Perempuan Internasional, hari Perempuan Internasional pertama kali muncul dari kegiatan gerakan buruh pada pergantian abad ke 20 di Amerika Utara dan di seluruh Eropa. Pada 1911  hari Perempuan Internasional resmi masuk dalam kalender untuk pertama kalinya di Austria, Denmark, Jerman, dan Swiss.

Lebih dari satu juta perempuan dan pria ikut dalam unjuk rasa, mereka menuntut hak perempuan  untuk memilih dan memegang jabatan publik, kejuruan, bekerja dan mengakhiri diskriminasi dalam pekerjaan.

Pada kurun waktu 1913-1914 hari Perempuan Internasional dipakai sebagai penolakan perang Dunia I. Disejumlah negara Eropa hari Perempuan Internasional, untuk memprotes perang dunia atau sebagai aksi solidaritas sesama perempuan.

Pada  tahun 1917 para perempuan Rusia memprotes perang dengan geakan bertajuk "Roti dan perdamaian" pada hari Minggu terakhir di bulan Februari. Hari tersebut bertepatan dengan tanggal 8 maret di kalender Masehi, empat hari kemudian Tsar Rusia memberikan hak memilih untuk perempuan. 

Hingga akhirnya pada Tahun 1975 PBB memperingati hari Permpuan Internasional pada tanggal 8 Maret. Sejak itulah pada tanggal ini diperingati

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN