Mohon tunggu...
yani widaningsih
yani widaningsih Mohon Tunggu... Seorang Ibu Rumah Tangga

Melihat dunia dari berbagai perspektif

Selanjutnya

Tutup

Hobi Artikel Utama

Dari Hobi Melukis, Inilah 5 Manfaat yang Saya Rasakan

26 Februari 2021   22:02 Diperbarui: 28 Februari 2021   19:13 943 81 50 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dari Hobi Melukis, Inilah 5 Manfaat yang Saya Rasakan
Dok Pribadi | Tutorial by Jay Lee Painting

Selain membaca dan menulis, saya juga hobi melukis, bahkan hobi melukis ini sempat menjadi cita-cita untuk dijadikan profesi. Pernah ikut seleksi masuk seni rupa ITB, sayangnya tidak lolos. Kemudian sempat menemui salah satu maestro seni lukis kebanggaan Indonesia, Bapak Barli Sasmitawinata (Almarhum), sempat bertemu dengan beliau dan menerima dengan senang hati jika saya mau belajar, tapi lagi lagi belum jalannya.

Jadi memutuskan untuk belajar sendiri, sambil mengikuti perkembangan seni lukis di Indonesia, dengan membaca koran. 

Saat itu yang saya baca koran Pikiran Rakyat dan Kompas. Tiap hari sabtu suka ada kolom seni baik sastra berupa cerpen, juga liputan kegiatan para pelukis saat itu.

Juga dari majalah Intisari yang saat itu menjadi bacaan wajib karena hampir selam dua puluh tahun berlangganan, majalah itu kerap memuat kisah-kisah para pelukis baik pelukis dunia maupun Indonesia.

Sekilas nama-nama pelukis terkenal dunia

Michelangelo pelukis Itali ini, juga pemahat dan arsitek yang sangat brilian. Karya-karyanya amat memesona di antaranya Fresko (teknik melukis di dinding).

Fresko besar ini menghiasi dinding atas gereja Sistine di Roma, ini merupakan kreasi terbesar sepanjang sejarah, kemudian patung Daud dan Musa dan karya arsitek terbesarnya adalah Gereja Medici di Florence, ternyata dia juga membuat tiga ratus Sajak. Kemudian ada Leonardo Da Vinci dengan Monalisanya yang mempunyai nilai asuransi pada tahun 2006 sekitar (7,3 triliun).

Ada Rembrant dari Belanda, Claude Monet Perancis, Vincent Van Gogh, Belanda, Pablo dengan Kubismenya, Salvador Dali Spanyol dengan aliran Surealismenya, tentu masih banyak pelukis lain yang tidak kalah hebat dan terkenal.

www.wikiart.org | The Persistence of Memory (Salvador Dali)
www.wikiart.org | The Persistence of Memory (Salvador Dali)

Sedangkan di Indonesia pada masa itu tentu yang paling saya ingat adalah Affandi Koesoema, seorang Maestro Indonesia. Affandi juga pelukis Indonesia yang paling terkenal di kancah dunia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x