Mohon tunggu...
yani widaningsih
yani widaningsih Mohon Tunggu... Seorang Ibu Rumah Tangga

Melihat dunia dari berbagai perspektif

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Kisah Saudagar Telor

27 Januari 2021   22:35 Diperbarui: 28 Januari 2021   04:55 243 39 14 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kisah Saudagar Telor
www.elindependiente.com

Budi suka iri bila melihat bekal teman temannya dengan berbagai lauk pauk yang menggugah selera, hanya lauk tempe atau kerupuk yang dia bisa bawa.

Bapaknya yang buruh serabutan kadang dapat uang kadang tidak, ada untuk beli beras pun sudah untung, maka lauknya seringnya dengan garam atau kerupuk.

Tapi biarpun kekurangan Budi anak yang baik dan rajin belajar, selalu mendapat rengking di kelasnya, Itu tentu membahagiakan kedua orang tuanya.

Karena pintar, teman temannya suka minta dibantuin membuat PR, dengan imbalan ceplok telor, Budi sangat bersyukur dan begitu menikmatinya.

Yang suka memberi ceplok telor namanya Rudi, dia anak yang baik hati. Sebenarnya dia anak yang pintar juga, cuma agak malas belajar, tapi anaknya selalu ceria, selalu bercerita hal yang lucu.

Karena tak pernah makan enak Budi  suka berkhayal, dia kalau sudah dewasa nanti ingin menjadi saudagar yang punya peternakan ayam dan pengusaha telor juga.

Budi membayangkan pasti enak, tiap hari bisa makan goreng ayam juga ceplok telor, keinginan yang sederhana saja.

Rupanya Tuhan mendengar doanya,  ketika dewasa karena berotak cerdas dan saleh mimpi masa kecilnya menjadi kenyataan.

Budi tak hanya bisa menikmati ayam goreng dan ceplok telor, selain punya peternakan yang besar juga rumah mewah dan istri cantik. Setelah menjadi kaya, perangai Budi berubah, senang berpoya-poya, main judi. Kalau diingatkan istrinya marah.

Dan hari itu tiba tiba harga telor jatuh menjadi murah sekali sedangkan harga pakan menjadi mahal, tentu saja jadi merugi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x