Mohon tunggu...
yani widaningsih
yani widaningsih Mohon Tunggu... Seorang Ibu Rumah Tangga

Melihat dunia dari berbagai perspektif

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Kerudung Muludan Emak

30 Oktober 2020   21:05 Diperbarui: 30 Oktober 2020   21:43 400 56 15 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kerudung Muludan Emak
Pinterest.com/Khalil Gibran

"Nyai, dua  hari lagi muludan, tadi kata Bu RW seragam kali ini warnanya ungu, kalau mau harganya Dua Ratus Lima Puluh ribu, boleh dicicil untuk tiga bulan"

Ibunya Enok  memberi tahu informasi yang diterima saat tadi mengikuti pengajian. Enok tidak ikut mengaji karena lagi berhalngan.

"Mak seragam yang tahun lalu juga kan masih  bagus, itu saja kita pakai" Enok memberi jawaban sambil membayangkan kalau memaksakan membeli baju seragam dua stel berarti lima ratus ribu walalu di cicil untuk tiga  bulan masih terlalu berat untuk saat ini.

"Tapi kan kita malu... masa orang lain pakai seragam kita enggak"

"Tidak apa apa  Mak, yang penting kita datang untuk mendengarkan ceramah maulidnya" Enok mencoba menenangkan emaknya yang merajuk seperti anak kecil.

"Tapi mak Ilah ngambil lho... " Emak mencoba meyakinkan Enok

"Tak apa apa, lagi pula kan sekarang pakai masker tak begitu kelihatan" Emaknya  hanya terdiam dan enok sekilas melihat kesedihan yang membayang di wajahnya yang keriput.

Bukannya tidak sayang dan tidak ingin membelikan, tapi dengan  upah di ladang yang hanya Empat pulu ribu perhari, habis untuk kebutuhan sehari hari, untuk jajan anak, untuk cicilan bank keliling bekas biaya menikahkan anak perempuannya, ditambah untuk membeli kuota anaknya yang masih di SD untuk belajar Daring, seringnya tidak mencukupi, sebetulnya suaminya yang tukang jahit bila masa peringatan Maulid Nabi, biasanya  banyak yang menjahitkan baju, tapi semenjak ada online shop, Bu RW lebih senang membeli Online karena lebih murah, dan banyak modelnya.

"Mak kita lihat besok barangkali ada tambahan uang..." Enok mencoba mengibur lagi ibunya ketika makan malam. Ya  Enok berharap sehabis dari ladang ada yang menyuruh mencuci baju dan menyetrika.

" Iyah... mudah mudahan yah... Nyai..." Raut wajah emak agak cerah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
VIDEO PILIHAN