Mohon tunggu...
Yani Mulyani
Yani Mulyani Mohon Tunggu...

A mom with full of happiness, cause have a best husband, parents, brother and sister, kids, friends, and carier that all are my smile, my spirit. Mencoba merefleksikan apa yang terjadi di kehidupan sehari hari, plus tentang ilmuku.... farmakologi.

Selanjutnya

Tutup

Catatan

Komunikasi Mudah dengan Teknologi

27 Agustus 2012   23:51 Diperbarui: 25 Juni 2015   01:15 0 0 0 Mohon Tunggu...

Kemajuan teknologi, bukankah sesuatu yang tabu untuk dinikmati, dimanfaatkan untuk memudahkan di segala bentuk kehidupan. Terbesit mengungkapkan kemajuan teknologiyang sangat bermanfaat di keluarga kami, terutama sejak saya terpaksa meninggalkan keluarga untuk 5 bulan.

Bermula dari kepergian papah 3 tahun lalu,suami tercinta ditugaskan  ke kota yang berlainan, dengan jarak tempuh rumah dan kantor adalah 100 km, yang terpaksa mengharuskannya meninggalkan kami semua dan mencari nafkah disana, sehingga kedatangan kerumah setiap weekend, akhirnya dialami oleh kami semua. Kepergiannya ke kota itu, berdampak berat terutama jikalau hanya mengandalkan komunikasi sms dan telepon. Mungkin biaya komunikasi bisa sangat tinggi hanya untuk menjaga komunikasi saja.

Sejak kepergiannya, terpikir untuk memiliki BlackBerry,tertarik dengan fasilitas BBM, chat online YM, Gtalk, facebook, twitter hanya dalam genggaman tangan, hanya butuh fasilitas internet untuk menjalankan semua fungsi disana.

Bagaimana dengan laptop atau PC komputer?

Sebenarnya dengan laptop, beberapa hal diatas bisa saja terpenuhi, hanya..,. Kok masih terasa kurang ya... Terkadang malas juga harus buka tutup laptop atau on off kan sebuah pc besar, hanya untuk memulai chat atau lainnya.

Intinya ingin memiliki sesuatu gadget yang bisa mobile, dan bisa digunakan komunikasi dengan nyaman, cepat, dan non stop . Akhirnya. ?. BlackBerryitu terbeli juga.... Langsung, sepasang untuk kami berdua....dengan tujuan awal..memudahkan jalur komunikasi antara kami yang sangat terpaksa harus terpisah oleh jarak.

Ternyata...

Manfaat gadget ini luar biasa banget, kemudahan bbm, kemudahan sistem email yang online terus, atau mobile membuahkan banyak pekerjaan saya sebagai seorang dosen, dan mahasiswa program pascasarjana. Terutama melakukan bimbingan dengan mahasiswa dan promotor saya, dan menjadikan email menjadi hal penting dan mobile untuk menyerap segudang kemajuan ilmu saya.

Begitulah, sebuah gadget mampu mengubah mindset saya sebagai orang yang berpikir bahwa laptop adalah sebuah teknologi yang sudah cukup menjadikan hidup ini mudah, .. Akhirnya... Membuat saya mencintai gadget. Saya menghargai orang orang yang mampu membuat gadget itu, seperti Steve job dengan Applenya, dan para penemu gadget lainnya.

Dengan BB,beberapa aplikasi penting dan memang dirasa sangat penting adalah kemampuan BBM, walaupun ada What”s app, tetap terasa bedanya dengan fasilitas BBM ... Dengan BBM ini, saya bisa share banyak picture, voice dan video ke suami, setidaknya share bagaimana keadaan anak - anak kami kepada yang jauh disana. Terkadang kami menggunakan voice record untuk menyanyikan lagu tidur untuk beliau, dan terkadang juga mengirimkan foto-foto kami bertiga kepadanya, menyatakan bahwa kami dalam keadaan sehat.. Dan beribu banyak foto aktivitas yang kami share,privat hanya untuk beliau, dan tidak lagi kami share meluli jejearing sosial, untuk menjamin privasi dari sebuah foto.

Cukupkah hanya dengan BB?

Sepertinya ada yang kurang, dan semua orang juga setuju dengan hal ini, kita tidak bisa melakukan video call dengan hanya menggunakan BB di bawah harga 5 jutaan. Sehingga laptop biasa kami gunakan jikalau kami ingin bertatap muka dengan sang ayah. Dengan Gtalk, dengan YM, kita bisa melakukan video call, terasa amazing bisa melihat wajahnya di sebuah kotak komputer. Tapi anak anak menikmatinya, terutama melihat wajah mereka sendiri ada di dalam laptop.

Namanya juga manusia, selalu akan mencari sesuatu yang membuat kita menjadi lebih mudah, kita butuh untuk gadget baru untuk bisa melakukan video call hanya di genggaman tangan, tanpa perlu membuka dan menutup laptop. Terpikir membeli samsung Galaxy 7.0 tab Plus. Harga yang tak terlalu mahal, tapi sudah mencangkup semua kebutuhan sebagai smartphone yang bermanfaat untuk di rumah.

Akhirnya kami di rumah, bisa melakukan sesering yang kami mau untuk melakukan video call. Sekali lagi, terima kasih teknologi... sekarang jarak bukanlah menjadi penghalang untuk berkomunikasi secara live.

Masih belum puas???

Ya pasti... jawabannya belum puas,karena kualitas video call jika menggunakan Samsung Galaxy 7.0 tab plus, masih kurang baik penerimaannya. Kalau istilah anak anak kami, loadingnya lama, begitu juga dengan kualitas gambar yang tidak bening, tetapi pecah pecah.

Karena ketidakpuasan ini lah, saya beralih ke gadget yang menjadi incaran banyak orang, Apple. Dengan Apple Ipad 2, saya menemukan begitu banyak perbedaan dengan Galaxy tab. Kalau boleh saya bilang sebagai orang awam teknologi, jauh lebih nyaman menggunakan Apple, didukung dengan aplikasinya yang jauh lebih banyak dan juga kecepatan sistem kerja gadgetnya, jauh melampui kecepatan kerja galaxy, terutama untuk browsing internet dengan program safarinya. Saya benar benar menyukai produk ini. Apple didukung dengan fasilitas Facetime, sehingga sesama pengguna Apple bisa melakukan video call dengan mudah, dan dijamin kualitas gambar yang diperoleh lebih bening.

Hanya, jikalau harus membeli satu Ipad lagi, sepertinya berat, mengingat biaya yang harus dikeluarkan untuk gadget tersebut. Akhirnya untuk melakukan video call, kami mendownload aplikasi Skype. Aplikasi skype ini, dibandingkan dengan YM dan Gtalk video, jauh lebih baik. Saya mendapatkan kesimpulan hingga detik ini, skype membantu saya untuk terus melakukan komunikasi dengan suami, dan anak anak.

Kepergian saya ke negara India, menjadikan 2 hal menjadi penting, yaitu BBM dan Skype... itulah pengobat rindu saya terhadap keluarga di Indonesia, menjadi alat saya untuk berkomunikasi online setiap saat saya inginkan, juga sebagai aplikasi untuk memantau perkembangan anak anak.

Keliling dunia bukanlah sesuatu yang menakutkan buat saya sekarang, dengan kemajuan teknologi saat ini yang memudahkan orang untuk berkomunikasi, adalah hal membuat ini menjadi ringan untuk dijalani.

Saya ucapkan terima kasih untuk para penemu gadget ini, dan para pemikir ulung di bidang teknologi, saya bisa memanfaatkannya dan tanpa malu juga tabu untuk menggunakan kemajuan teknologi ini juga memanfaatkan keunggulan masing masing gadget.