Mohon tunggu...
yani baguskurniawan
yani baguskurniawan Mohon Tunggu... Freelancer - mahasiswa fakultas ilmu administrasi

belajar dari pengalaman

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Mahasiswa KSM Unisma Mengembangkan Wilayah Mandiri Pangan Rumah Tangga di Lingkungan Dusun

23 September 2021   19:40 Diperbarui: 23 September 2021   19:45 69 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

 

Mahasiswa Universitas Islam Malang (UNISMA) Kandidat Sarjana Mengabdi (KSM) Tematik edisi covid -19 melaksanakan program kerja pada wilayah domisilinya masing-masing. 

Salah satu program kerjanya adalah mengembangkan wilayah mandiri pangan rumah tangga pada lingkup dusun, program kerja tersebut dilaksanakan oleh Muhammad Khoirudin sebagai kelompok 67 dengan dibantu anggota kelompok lain dan Khoiriyah Trianti , SE.,M.S.A,. sebagai Dosen Pendamping Lapangan. Waktu dan lokasi pelaksanaan program kerja yaitu pada tanggal 29 Agustus 2021 bertempat di Dusun Kedampul RT 05 RW01, Desa Duwet, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk menciptakan masyarakat yang mempunyai kemampuan dalam mewujudkan ketahanan pangan dan gizi melalui usaha penanaman kebutuhan pangan secara mandiri pada tiap rumah di Dusun Kedampul. Usaha yang dilakukan peserta KSM tematik UNISMA adalah melakukan pembagian plastik penanaman (polybag) kepada tiap rumah dusun kedampul sebanyak 10 Kg atau setara dengan 520 pcs lebih. Pembagian bibit juga dilaksanakan oleh peserta KSM kepada tiap rumah wilayah tersebut yaitu berupa bibit pelengkap kebutuhan pangan rumah tangga seledri dan cabai.

Pembagian polybag dan bibit dilaksanakan oleh mahasiwa ksm secara door to door atau dari rumah kerumah. Hal tersebut untuk menghindari terjadinya perkumpulan/kerumunan dalam pembagian polybag dan bibit, sehingga pembagian dari rumah ke rumah merupakan cara terbaik untuk melaksanakan program kerja tersebut.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan