Mohon tunggu...
Yana Sopiana Nurfarizat
Yana Sopiana Nurfarizat Mohon Tunggu... Mahasiswa - Chief Production Officer of Molacco

MOLACCO merupakan produk olahan minuman yang berbahan dasar biji salak Pondoh dengan rasa mix Arabica-Salacca sehingga dapat menciptakan kenangan yang unik pada saat meminumnya.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Viral! Mahasiswa UNDIP Ciptakan Rasa Varian Minuman Serasa Kopi Arabica dari Biji Salak Pondoh

21 Oktober 2021   02:10 Diperbarui: 21 Oktober 2021   02:20 78 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Temanggung- Universitas Diponegoro (Undip) telah berhasil menyelenggarakan IPTEK bagi Desa Binaan Undip (IDBU) dengan menerjunkan 4 dosen pembimbing dan 15 mahasiswa dalam rangka Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang bertemakan "Pengembangan Desa Wisata Berbasis Potensi Lokal di Desa Rejosari Kecamatan Pringsurat Kabupaten Temanggung melalui Farm and Education Tourism". 

KKN Tematik Pringsurat dilaksanakan dari 27 Agustus sampai 11 Oktober 2021 yang dibagi kedalam tiga tim, yaitu tim salak, tim kopi, dan tim pariwisata.

Gambar 2. Anggota Tim Salak KKNT Pringsurat 2021
Gambar 2. Anggota Tim Salak KKNT Pringsurat 2021

Tim Salak yang beranggotakan Yana Sopiana Nurfarizat (Teknik Kimia 2018), Eka Setyarini W (Manajemen 2018), Kartini Mardianti P (Kesehatan Masyarakat 2018), Meitta Maddhawati (Hukum 2018), dan Sal Sabila (Kesehatan Masyarakat 2018) telah menuntaskan tugasnya untuk pembuatan Salacca Home Industry (SHI) dengan bekerjasama dengan Kelompok Wanita Tani (KWT) Dewi Sri sebagai pengelolanya. 

SHI berjalan dengan memproduksi manisan salak sebagai produk utama dan produk lainnya adalah sirup salak dan kripik salak, Berjalannya produksi dalam jumlah produk yang banyak, membuat limbah yang dihasilkan juga perlu dikelola dengan baik agar tidak menimbulkan pencemaran tanah di lingkungan home industry

Konsep zero waste management pun dikenalkan dan dipraktikkan untuk pengelolaan limbah produksi di SHI oleh para mahasiswa KKNT Pringsurat khususnya tim salak.

Konsep Zero Waste Mangement merupakan usaha dari pelaku usaha ataupun masyarakat dalam meminimalkan limbah yang terbuang dan memaksimalkan pemanfaatan limbah menjadi produk yang memiliki nilai jual dan guna yang lebih tinggi. 

Seperti yang diketahui bahwa limbah produk salak terdapat limbah padat dan cair. Limbah padat terdiri dari kulit salak dan biji salak, sedangkan limbah cairnya adalah air sisa proses pembuatan manisan ataupun produk olahan salak yang lainnya.

Apabila tidak dikelola dengan baik, maka limbah tersebut akan menumpuk dan mencemari lingkungan. Oleh karena itu perlu adanya zero waste management pada SHI, salah satunya adalah dengan pembuatan produk berbahan dasar biji salak.

Salah satu mahasiswa Undip yang termasuk kedalam tim salak yaitu Yana Sopiana Nurfarizat, atau akrab di sapa Yana, mahasiswa asal Ciamis ini sedang menjalankan masa studi S1-nya di jurusan Teknik Kimia Universitas Diponegoro. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan