Mohon tunggu...
Yana Haudy
Yana Haudy Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Geriatric millennial

Tukang ketik di emperbaca.com. Kepilih jadi Best in Opinion di Kompasiana Awards 2022.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Artikel Utama

Other-Race Effect dan Penyebab Kesamaan Muka Orang Korea

5 Januari 2023   15:48 Diperbarui: 5 Januari 2023   20:11 1310
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Peach makeup look atau riasan wajah dengan nuansa krem merona menjadi tampilan wajah yang selalu diminati di Korea Selatan, karena terlihat sederhana namun segar dan glowing.(DOK BNB)

Saya salah satu dari sedikit orang yang menganggap muka orang Korea (Selatan) sama semua. Karena itu saya sering kesulitan membedakan wajah para bintang drakor, kecuali Song Joong-ki.

Ketidakmampuan saya membedakan wajah tiap pemeran di sinema Korea pernah dikritik eks teman sekolah karena saya sama sekali tidak tahu siapa saja aktor dan aktris yang main di Space Sweepers selain Song Joong-ki. Saya bilang, "Habis mukanya sama semua."

Lalu teman saya dengan ngototnya bilang kalau muka orang Korea itu mudah dibedakan dari orang Jepang dan Tiongkok, apalagi sesama Korea, gampang banget bedainnya!

Hoo, sejujurnya saya juga belum fasih membedakan mana orang Jepang, mana Tiongkok, mana Korea. Cuma bisa bedain orang Singapura, karena pernah tinggal di sana.

Padahal profesor psikologi dan pengembangan manusia dari Kent State University Daniel Levin menegaskan kalau psikologi kognitif telah menunjukkan fakta bahwa wajah manusia tidak ada yang sama. Mereka berbeda satu sama lain dalam hal fitur spesifik seperti lebar, panjang, ukuran hidung, dan warna mata.

Ilustrasi other-race effect dan kesulitan mengenali wajah orang dari ras lain | debuglies.com
Ilustrasi other-race effect dan kesulitan mengenali wajah orang dari ras lain | debuglies.com
Akan tetapi, bukan tanpa sebab saya berpandangan kalau orang Korea mukanya sama semua. 

Pertama, saya menyukai film dari berbagai negara dan tidak pernah fanatik menyukai film Korea saja, Hollywood saja, atau Indonesia saja. Muka bintang film India pun saya anggap sama semua, kecuali Shah Rukh Khan.

Kedua, ternyata ada alasan ilmiah kenapa ada orang berpikiran muka orang Korea semuanya sama. Hal ini juga terjadi pada orang Afrika yang menganggap muka orang Eropa sama semua.

Other-Race Effect

Kesulitan membedakan wajah antar-orang dari ras yang berbeda ini namanya other-race effect atau dikenal juga dengan istilah the own-race bias

Forbes memuat kalau istilah ini muncul sebagai celah psikologis dan telah dipelajari selama beberapa dekade sejak imigrasi massal antarbenua dimulai.

Munculnya other-race effect terjadi karena kita umumnya menghabiskan lebih banyak waktu melihat dan berinteraksi dengan orang-orang dari ras kita sendiri. Dari situlah kemudian memunculkan "kepiawaian perseptual" terhadap karakteristik orang yang mirip dengan kita.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun