Mohon tunggu...
Yana Haudy
Yana Haudy Mohon Tunggu... Lainnya - Geriatric millennial

Sudah sekolah di SMU saat terjadi krisis moneter. Nyambi jadi admin di emperbaca.com. Kepilih jadi Best in Opinion di Kompasiana Awards 2022.

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan Artikel Utama

Jaga NIK dan Fotokopi KTP

13 September 2022   12:32 Diperbarui: 13 September 2022   19:01 819 70 13
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi KTP elektronik| Dok Kemendagri via Kompas.com

Nikah, punya anak, daftar sekolah, daftar kuliah, bikin BPJS, bikin SIM, buka rekening bank, atau surat keterangan miskin dan segala kepengurusan butuh fotokopi KTP

Berapa banyak fotokopi KK dan KTP yang Anda punya di rumah untuk jaga-jaga kalau suatu saat diperlukan? 

Saya sih, enggak punya. Kalau butuh biasanya saya print langsung dari laptop atau handphone. Nyimpan fotokopi KK dan KTP selain menuh-menuhin map, juga nyampah dan tidak ramah lingkungan, begitu kata aktivis lingkungan.

Kalau apa-apa masih butuh fotokopi KTP, saya jadi penasaran, buat apa ada kata 'elektronik' yang menempel pada KTP? Apakah elektronik pada KTP-el beda dengan yang dimaksud pada pos elektronik, uang elektronik, atau dompet elektronik?

Dokumen kependudukan bisa dicetak sendiri oleh masyarakat menggunakan kertas A4 80 gram (sumber foto: Dukcapil Pekanbaru)
Dokumen kependudukan bisa dicetak sendiri oleh masyarakat menggunakan kertas A4 80 gram (sumber foto: Dukcapil Pekanbaru)

Fotokopi KTP-el

Sepertinya antara KTP-el dengan el-el yang saya sebutkan di atas memang beda. El-el lain tidak butuh bentuk fisik, artinya pada pos, dompet, dan uang elektronik kita tidak perlu membawa-bawa uang, dompat, dan surat itu ke mana pun. 

Pada KTP-el kita masih harus menyimpannya baik-baik karena kalau hilang pengurusannya lebih ribet daripada saat Bjorka meretas data Puan Maharani dan Erick Thohir. 

Terkait dengan kebocoran data Puan dan Erick, juga 1,3 miliar data pendaftaran kartu SIM telepon membuat Menkominfo Johnny Gerald Plate mengimbau masyarakat untuk menjaga NIK-nya sendiri, seperti yang dimuat laman Kompas.com.

Bagaimana cara menjaga NIK kalau untuk mengurus apapun kita masih dimintai fotokopi KTP? Kertas kopian itu bisa saja disalahgunakan untuk keperluan Pemilu, misalnya, atau dipakai untuk pinjaman online.

Padahal sewaktu perekaman KTP-el kita diminta merekam sidik jari, yang artinya, dalam sebuah sidik jari itu harusnya sudah memuat informasi nama, nomor kartu keluarga, alamat, agama (untuk keperluan menikah di KUA), dan golongan darah (untuk keperluan transfusi darah).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan