Mohon tunggu...
Yana Haudy
Yana Haudy Mohon Tunggu... .

.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Artikel Utama

Peluang Netizen Memonetisasi Akun Medsosnya Lewat Influencer Agency

8 Mei 2021   13:07 Diperbarui: 8 Mei 2021   18:06 753 63 20 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Peluang Netizen Memonetisasi Akun Medsosnya Lewat Influencer Agency
Salah satu cara memonetisasi akun medsos kita menjadi "akun bayaran" adalah dengan menggunakan jasa influencer agency (Sumber: Envanto Elements)

Punya followers banyak dan tiap posting selalu dapat belasan Like?  Mungkin akun medsos Anda bisa dimonetisasi.

Terjemahan bebas dari monetisasi adalah mengelola atau mengolah blog atau status, foto, dan postingan di akun media sosial yang mencerminkan keinginan sponsor tertentu tanpa mengurangi ciri khas si empunya akun.

Sampai saat ini "monetisasi" adalah kata serapan bahasa Inggris yang belum masuk pemutakhiran KBBI. Kata yang ada di KBBI adalah demonetisasi, yang artinya tindakan melepaskan unit mata uang sehingga menjadi tidak sah.

Salah satu cara memonetisasi akun medsos kita menjadi "akun bayaran" adalah dengan menggunakan jasa influencer agency.

Harap diingat, akun sebesar Atta Halilintar, Awkarin, Tanboy Kun, atau Ria Ricis sudah tidak memerlukan influencer agency. Mereka punya manajemen sendiri yang sudah bekerjasama dengan perusahaan dan jenama ternama.

Jadi, influencer agency berguna untuk netizen atau warganet dengan banyak followers namun belum sebanyak followers yang dimiliki seleb medsos.

Para pemasang iklan yang menggunakan jasa influencer agency akan memilih akun medsos mana yang cocok untuk memasarkan produk atau jasa mereka. Sedangkan warganet dapat memilih influencer agency yang sesuai karakter akun mereka.

Misal, akun yang banyak mengulas tentang game akan dicari oleh distributor konsol game. Akun medsos yang sering memposting baju muslim akan dilirik oleh lini busana muslim. Kalau akunnya untuk narsis-narsis aja bisa, enggak? Bisa saja dapat endorse juga kalau followersnya banyak dan engagementnya tinggi.

Ada agensi yang menginginkan influencer dengan jumlah followers ribuan beserta engagement yang tinggi. Ada juga yang menerima akun dengan followers dibawah 1000 meski tetap mensyaratkan engagement tinggi. Pun ada yang menerima engagement rendah namun followersnya harus diatas 5000.

Engagement dalam media sosial berarti interaksi, komunikasi dua arah, atau seberapa banyak postingan itu dibaca orang.

Di Twitter, engagement dapat dibaca melalui impression. Impressions adalah seberapa banyak twit kita dilihat orang. Jika kita punya 800 followers dan semuanya kebetulan sedamg online lalu melihat cuitan kita, maka kita dapat 800 impression.

JIka ada yang me-like dan me-reply cuitan itu dengan melihat cuitan aslinya, maka impression yang kita dapat bisa 2-3 lipat. Impression inilah yang bernilai di mata para (calon) pemasang iklan.

Kerabat saya pernah bekerjasama dengan beberapa hotel di Jawa Tengah. Setiap kali mencuit tentang kegiatan dan produk hotel yang bekerjasama dengannya, dia dapat Rp150rb. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN