Mohon tunggu...
Yana Haudy
Yana Haudy Mohon Tunggu... .

.

Selanjutnya

Tutup

Teknologi Pilihan

Game Streaming, Main Gim di "Awan" yang Makin Hits Tanpa Unggah-Unduh

19 Januari 2021   14:57 Diperbarui: 19 Januari 2021   16:26 390 37 7 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Game Streaming, Main Gim di "Awan" yang Makin Hits Tanpa Unggah-Unduh
Ilustrasi game streaming. Foto: theverge.com/Valve

Apa Beda game streaming dengan game online?

Game streaming dan game online sama-sama harus dimainkan menggunakan internet.

Bedanya, pada game online pemain memainkan game kesukaannya di perangkat ponsel, komputer, atau laptop dengan lebih dulu menginstal file game tersebut. Setelahnya cache dan data OBB (opaque binary blob) akan tersimpan di perangkat. 

Pada game streaming tidak ada file yang tersimpan di perangkat, kita tinggal login ke server atau melalui browser lalu langsung main game yang ada di cloud storage (penyimpanan awan) milik penyedia game streaming seperti Google Stadia, Playkey, Vortex, Parsec, atau Rainway.

Dengan demikian game streaming dapat dikatakan juga sebagai cloud gaming.

Streaming jika diIndonesiakan berarti aliran, mengalir, atau pengaliran dan game bahasa Indonesianya adalah gim. Sedangkan cloud artinya awan dan cloud gaming berarti bermain game di "awan". Jika mengikuti kaidah bahasa Indonesia seharusnya saya menulis game streaming dengan aliran gim atau gim yang mengalir atau peraliran gim. Aliran pada kata streaming disini artinya data multimedia yang dialirkan ke perangkat.

Untuk menulis game streaming atau cloud gaming yang dipadankan menjadi aliran gim dan gim di awan, masih terasa aneh dan membingungkan jika dibaca, jadi mohon maaf kalau saya sok keminggris.

Lalu apa kegunaan main game streaming bagi gamer? Main game itu hanya buang-buang waktu dan membuat orang jadi malas, bahkan kecanduan. Jika berkenan boleh baca tulisan saya tentang Gaming Awards dan iFEL disini dan di sini.

Game streaming memberi sensasi karena tidak perlu menghabiskan memori di perangkat komputer atau ponsel untuk menyimpan file game.

Indonesia sudah punya penyedia game streaming bernama gameQoo yang bisa dimainkan di komputer dan laptop berspesifikasi rendah dan menyediakan game edukasi untuk anak.

Game streaming juga berbeda dengan streaming game. 

Kalau game streaming kita bermain di dalam cloud. Sedangkan disebut streaming game kalau kita membuat siaran langsung saat sedang bermain game (baik jenis game offline maupun online) di YouTube, Twitch, atau media sosial lain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x