Mohon tunggu...
Aji Mufasa
Aji Mufasa Mohon Tunggu... Wiraswasta - opinion writer

Just wanted to shared

Selanjutnya

Tutup

Politik Artikel Utama

Otak-Atik Isu Sosial Demi Kepentingan Politik

5 Februari 2023   17:20 Diperbarui: 9 Februari 2023   09:00 779
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi: menyuarakan isu sosial. (sumber: KOMPAS/TOTO SIHONO)

Isu-isu sosial kerap kali menjadi media bagi para politisi untuk mengukuhkan posisinya di masyarakat. Mereka berusaha memanfaatkan permasalahan sosial yang ada untuk memperoleh dukungan politik

Padahal, seringkali solusi yang ditawarkan hanya sebatas retorika belaka tanpa ada tindakan nyata untuk mengatasi masalah tersebut.

Pemikiran ini sangat disayangkan karena isu-isu sosial seharusnya menjadi perhatian utama bagi pemerintah dan para politisi dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab mereka. Isu-isu sosial seperti kesenjangan sosial, kesempatan kerja, kesehatan, dan lain-lain merupakan hal-hal yang sangat penting bagi keberlangsungan hidup dan kualitas hidup masyarakat.

Saya akan membahas mengenai bagaimana politisi mengotak-atik isu sosial demi kepentingan politik. Karena seringkali mengalihkan perhatian dan mengurangi upaya serius untuk mengatasi masalah sosial. 

Kita perlu memahami bahwa isu-isu sosial bukanlah media untuk memperoleh popularitas politik, melainkan hal yang harus diperhatikan dan dicarikan solusi untuk kesejahteraan masyarakat.

Para politisi seringkali memanfaatkan isu-isu sosial untuk memperoleh dukungan politik. Mereka mengambil permasalahan sosial sebagai bahan retorika untuk mempromosikan diri dan memperkuat posisinya di masyarakat. 

Hal ini dilakukan dengan berbicara tentang masalah sosial tanpa ada tindakan nyata untuk mengatasi masalah tersebut.

Tak jarang, para politisi menggunakan isu-isu sosial sebagai "pisau bermata dua" untuk mengkritik lawan politik mereka. Mereka menyalahkan lawan politik atas masalah sosial yang ada tanpa memberikan solusi yang memadai. 

Seharusnya para politisi bersama-sama bekerja untuk mengatasi masalah sosial, bukan hanya memanfaatkannya untuk memperkuat posisi politik.

Selain itu, para politisi juga seringkali memanipulasi isu-isu sosial untuk memperoleh dukungan dari kelompok tertentu. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun