Mohon tunggu...
Yahya manik
Yahya manik Mohon Tunggu... mahasiswa

medan, 08 januari 2001

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan

Pentingkah Indonesia Menerapkan Aturan Lockdown?

26 Maret 2020   21:15 Diperbarui: 26 Maret 2020   21:16 20 0 0 Mohon Tunggu...

Penting bagi untuk mengetahui apa itu lockdown ?

lockdown diambil dari bahasa inggris yang berarti penguncian, jadi lockdown artinya penguncian dan tidak ada yang boleh keluar atau masuk dalam suatu daerah, wilayah atau negara.

seperti yang kita ketahui virus Covid-19 atau lebih dikenal dengan sebutan corona sudah menyerang lebih dari 168 negara dimana sudah 378.287 sudah terinfeksi corona , 100.958 sembuh dan 16.497 telah meninggal dunia.

virus tersebut pertama kali muncul di china tepatnya di kota wuhan, hingga akhirnya pemerintah china menerapkan sistem lockdown pada kota tersebut dan melarang masyarakat nya keluar maupun masuk kedalam daerah tersebut untuk mengantisipasi penyebaran virus yang semakin meluas.

disamping itu efek dari lockdown tersebut adalah terjadinya panic buying yaitu dimana keadaan seseorang memburu seluruh bahan makanan yang cepat saji, disitulah masalah terjadi, dimana kelangkaan sumber makanan membuat beberapa masyarakat harus membeli bahan makanan yang lebih mahal dari yang biasanya.

selain melarang masyarakat untuk keluar masuk, pemerintah juga melarang adanya kegiatan diluar rumah sehingga membuat seluruh pabrik pabrik di china tutup untuk sementara, selain masalah panic buying.

salah satu yang berdampak ketika terjadi lockdown yaitu sistem perekonomian yang bermasalah dan menurun nya daya konsumsi masyarakat, sistem lockdown juga sudah di terapkan di negara Inggris. yaitu dimana pemerintah nya melarang untuk seluruh masyarakatnya keluar maupun masuk kedalam wilayah Inggris dengan tujuan untuk mengurangi penyebaran virus corona.

hal yang sama juga terjadi di inggris , terjadinya panic buying yang membuat tidak semua masyarakatnya mendapatkan makanan yang cukup, dan apakah perlu pemerintah indonesia juga memakai sistem lockdown ? 

menurut saya, indonesia tidak perlu menerapkan sistem lockdown. mengapa? karena ekonomi indonesia termasuk sistem ekonomi yang lemah, jika saja indonesia menerapkan sistem lockdown maka akan terjadi panic buying, toko-toko akan tutup , bandara akan tutup , perusahaan akan tutup , seluruh perdagangan akan terhenti dan sistem perekonomian akan hancur, sehingga mengakibatkan nilai tukar rupiah semakin rendah.

dan jika masa berlaku sistem lockdown yang ditetapkan memakan waktu yang cukup lama maka akan terjadi kembali krisis moneter seperti di tahun 1997, dimana harga rupiah sudah tidak ada lagi di pasar luar negeri.

maka dari itu penting bagi kita untuk tetap tenang dan ikuti arahan dari pemerintah, dan untuk mengantisipasi penurunan sistem ekonomi, maka dari itu penting bagi kita untuk mencintai produk lokal , selain dapat menetralkan harga rupiah di kanca internasional , juga dapat membantu pemerintah membangun sistem ekonomi di indonesia 

SEKIAN DAN TERIMA KASIH :)

VIDEO PILIHAN