Mohon tunggu...
Aditya Anggara
Aditya Anggara Mohon Tunggu... Belajar lewat menulis...

Bio

Selanjutnya

Tutup

Balap Pilihan

Catat, Jadwal Balapan MotoGP Silverstone Dimajukan!

26 Agustus 2018   17:35 Diperbarui: 26 Agustus 2018   18:22 448 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Catat, Jadwal Balapan MotoGP Silverstone Dimajukan!
Layout Sirkuit Silverstone, Inggris (sumber, SINDOnews)

Hujan deras yang turun membasahi bumi selalunya menimbulkan genangan dan kenangan...

Pembalap tim Reale Avintia, Tito Rabat mengalami patah tulang di kaki kanan setelah mengalami kecelakaan hebat saat melakoni Latihan Bebas keempat balapan MotoGP di sirkuit Silverstone kemarin. Hujan deras yang turun menerpa sirkuit ternyata membuat aquaplaning, yaitu hilangnya traksi ban dengan aspal akibat adanya genangan air di beberapa tempat.

Kenangan buruk itu kemudian memaksa panitia untuk memajukan jadwal balapan MotoGP satu jam lebih awal, karena ada kemungkinan akan turunnya hujan di siang hari. Dengan demikian jadwal balapan Moto2 dan Moto3 menjadi molor dari jadwal biasanya.

Seperti yang diramalkan, Ducati kemudian merajai sirkuit ini lewat Lorenzo dan Dovizioso (posisi 1 dan 2) plus pembalap satelit, Danilo Petrucci di posisi 6. Sirkuit ini sebenarnya termasuk favorit Yamaha. Tetapi kali ini mereka cukup diwakili oleh pembalap satelit saja, yaitu Johann Zarko yang berada di posisi 3!

Pembalap tuan rumah, Cal Crutchlow berada di posisi 4 sementara juara bertahan, Marc Marquez berada pada posisi 5. Nasib dua pembalap Tim Yamaha, Vinales dan Rossi itu memang sebelas dua belas. Kebetulan pula mereka ini berada di posisi sebelas dua belas juga. Kini orang mulai bertanya, kalau motor Yamaha itu jelek, kenapa Zarko bisa berada di posisi 3?

Silverstone adalah sirkuit yang panjang dan abrasif, dan juga bumpy. Tahun lalu hampir semua pembalap kompakan memakai kombinasi ban slick Hard-Hard. Sepertinya tahun ini juga akan begitu, kecuali hujan deras turun membasahi sirkuit.

Tahun lalu Dovizioso menjadi jawara di sirkuit ini diikuti oleh duo Yamaha, Vinales dan Rossi. Pembalap tuan rumah, Crutchlow berada pada posisi 4 diikuti oleh pembalap Ducati "yang akan pergi pas lagi sayang-sayangnya," Jorge Lorenzo dan pembalap satelit Yamaha, Johann Zarko. Jadi Top-6 tahun lalu ada 3 Yamaha, 2 Ducati dan 1 Honda...

***

Lalu bagaimana prakiraan jalannya balapan nanti?

Salah satu faktor penentu tentu saja cuaca. Hujan bisa membuat segalanya menjadi berantakan dan jalannya balapan tidak bisa diprediksi lagi.

Namun kalau cuaca berlangsung normal, maka jalannya balapan akan lebih mudah untuk diprediksi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN