Mohon tunggu...
Aditya Anggara
Aditya Anggara Mohon Tunggu... Belajar lewat menulis...

Bio

Selanjutnya

Tutup

Balap Pilihan

Lorenzo Taklukkan Dovizioso dan Marquez di GP Austria

14 Agustus 2018   10:04 Diperbarui: 14 Agustus 2018   20:27 754 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Lorenzo Taklukkan Dovizioso dan Marquez di GP Austria
Jorge Lorenzo juara Moto GP Austria 2018 (Tribun Pekanbaru - Tribunnews.com)

Tiga lap jelang akhir balapan Moto GP Austria 2018, para penonton yang berada di Sirkuit Red Bull Ring Spielber, Austria, maupun penonton yang menyaksikan lewat saluran televisi menahan nafas panjang.

Duel seru diantara pembalap Honda, Marc Marquez dengan pembalap Ducati, Jorge Lorenzo berlangsung sengit, wheel to wheel, saling salip untuk menjadi yang terdepan.

Lap ke-28 kemudian berakhir dengan Lorenzo menjadi pembalap pertama yang berhasil menyentuh garis finish.Penonton seketika mengeluarkan nafas tertahan tadi, diikuti dengan tepuk tangan panjang membahana pertanda puas.

Luar biasa sekali, Lorenzo berhasil menjinakkan Sirkuit Red Bull Ring Spielber beserta tekanan dari Dovizioso dan Marquez lewat strategi djitoe dan tentu saja berkat kesabaran, kematangan dan keteguhan hati dari pembalap pemegang tiga gelar juara dunia tersebut.

***

Lorenzo memulai start dari posisi ketiga dibelakang rekan setimnya, Dovizioso dan Marquez sang pemegang pole. Dibelakang Lorenzo adalah trio pembalap satelit yaitu, Petrucci, Crutchlow dan Zarco. Dua pembalap Yamaha nasibnya kurang beruntung. Vinales start dari posisi kesebelas, sedangkan Rossi start dari posisi keempat belas!

Ban Michelin (yang aneh bin ajaib) menjadi krusial pada balapan sepanjang musim ini. Sesuai dengan kebiasaannya, Marquez memilih ban slick Medium-Hard. Marquez menjadi satu-satunya pembalap yang memakai ban belakang Hard. Dovizioso, Rossi, Pedrosa dan Iannone memilih ban slick Medium-Medium.

Sama seperti Marquez, Lorenzo juga mempunyai "selera" tersendiri dalam pemilihan ban. Berbeda dengan pembalap lainnya, Lorenzo justru memilih ban slick Soft-Soft!Aji gile... Padahal panjang sirkuit ini adalah 4,318 km dan kudu dikitari selama 28 putaran! Lorenzo juga menjadi satu-satunya pembalap yang memakai kombinasi ban Soft-Soft...

Langit terlihat bersih menemani cuaca yang cerah bersahabat. Selepas start, Dovi langsung merangsek ke depan. Seperti biasa, kombinasi dari ban Soft-Soft dengan grip yang mumpuni, langsung membawa Lorenzo memimpin balapan di akhir lap pertama.

Lap ke-3, Marquez mengambil alih pimpinan lomba diikuti oleh Lorenzo dan Dovi. Satu lap kemudian, Rossi yang tadinya start dari posisi 14, kini sudah berada di posisi 9

Hingga lap ke-9 posisi pembalap terdepan tidak berubah, Marquez memimpin diikuti oleh Lorenzo dan Dovi. Akan tetapi kini jarak trio pembalap terdepan dengan pembalap di belakangnya (Cal Crutchlow) sudah mencapai 3 detik lebih. Terasa benar dominasi ketiga pembalap terdepan ini...

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN