Mohon tunggu...
Yafi Sikka
Yafi Sikka Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Melalui UMKM dan Pendidikan, KKN MAs Tingkatkan Pemahaman Masyarakat di Desa Kanreapia

11 September 2022   14:15 Diperbarui: 11 September 2022   14:16 144 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto bersama pemateri seminar dan pemerintah desa

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Muhammadiyah Aisyiyah (KKN MAs) 2022 Kelompok 50 adakan program kerja pendampingan UMKM dan Pendidikan di Desa Kanreapia, Kecamatan Tombolo Pao, Kabupaten Gowa (8/92022).

Pada hari Selasa, 30/9/2022 telah dilaksanakannya Seminar Kewirausahaan dan Pelatihan Pembuatan Kripik Kentang. Tujuan diadakannya Seminar ini adalah untuk mensosialisasikan kepada masyarakat Desa Kanreapia perihal UMKM. Selain itu dapat menambah wawasan pengetahuan masyarakat tentang Kripik Kentang dengan secara langsung mengedukasi masyarakat. Dari pembuatan, pengolahan, hingga menjadi olahan kripik dengan berbagai citarasa.

Dalam pelatihan pembuatan kripik kentang ini ada beberapa masyarakat yang terlibat serta beberapa aparat pemerintahan desa yang ikut serta terlibat memeriahkan acara ini dan dari pemerintahan desa sendiri sangat mengapresiasi kegiatan ini serta memberikan anjuran agar pelaku UMKM dapat mengembangakan pengolahan kripik kentang ini menjadi ciri khas desa Kanreapia atau mengembangkan menjadi cinderamata khas desa Kanreapia.

Perkembangan era globalisasi telah menghasilkan era digital yang semakin cepat. Kondisi ini mengharuskan manusia mengikuti perkembangan zaman. Maka dari itu KKN MAs  meningkatkan pemahaman masyarakat Desa Kanreapia terutama bagi pelajar KKN MAs juga melakukan sosialisasi perpustakaan digital Muhammadiyah Membaca (M-Baca Digital Library). Sasaran sosialisasi Digital Library ini yaitu pelajar SMA/MA Persis Bulubalea, karena siswa/siswi tersebut mayoritas sudah mengenal dunia Digital. Cukup dengan login melalui website https://mbaca.umy.ac.id atau Play Store dan login melalui akun Google sudah dapat menikmati buku yang ingin dibaca.  Digital Library ini dilaksanakan guna mengenalkan dunia literasi kepada pelajar SMA/MA Persis Bulubalea dan mempermudah pelajar dalam mengakses pengetahuan darimana saja dan kapan saja melalui gadget tanpa terbatas dengan faktor ekonomi untuk membeli buku cetak. Adanya teknologi yang semakin canggih ini harus betul-betul kita manfaatkan sebaik mungkin.

Melalui UMKM dan Pendidikan, KKN MAs Tingkatkan Pemahaman Masyarakat di Desa Kanreapia
Melalui UMKM dan Pendidikan, KKN MAs Tingkatkan Pemahaman Masyarakat di Desa Kanreapia

Foto bersama siswa/siswi MA PERSIS BULUBALLEA
Foto bersama siswa/siswi MA PERSIS BULUBALLEA

Sasaran sosialisasi pendidikan yang dilaksanakan adalah siswa/siswi MI, MTS Darul Istiqamah  dan MA Persis Bulubalea, bertujuan merubah pola pikir setiap siswa/siswi agar memiliki ideologi bahwa pentingnya ilmu pendidikan tingkat lanjut, didasari dengan banyaknya pernikahan dini dan dibawah umur di Desa Kanreapia itu sendiri.

                                                                             

Melalui UMKM dan Pendidikan, KKN MAs Tingkatkan Pemahaman Masyarakat di Desa Kanreapia
Melalui UMKM dan Pendidikan, KKN MAs Tingkatkan Pemahaman Masyarakat di Desa Kanreapia

Peserta KKN MAS juga sebelumnya sudah konfirmasi kepada imam Dusun bahwasanya salah satu cara meminimalisir pernikahan dini dengan memberikan kesadaran kepada para pelajar di Desa Kanreapia akan pentingnya pendidikan. Disamping itu peserta KKN MAS memotivasi pelajar dan memberikan pengalaman-pengalaman selama menjalani proses menempuh jalur pendidikan kemudian memberikan sesi tanya jawab kepada pelajar agar memberikan jawaban dari pertanyaan mereka agar lebih terbuka dan menumbuhkan rasa cinta akan ilmu pendidikan "perlu diketahui bahwasanya pendidikan di Desa Kanreapia sangat rendah terbukti dengan banyaknya pernikahan dini di desa ini dengan hadirnya adik-adik KKN MAS ini telah membantu kita untuk merubah pemikiran remaja di desa ini. Saya ucapkan banyak terimakasih atas partisipasinya dalam sosialisasi pentingnya ilmu pendidikan" ucap H. Rusli Yusuf selaku Kepala Desa Kanreapia.

Foto bersama siswa-siswi MI,MTS Darul Istiqamah Kanreapia
Foto bersama siswa-siswi MI,MTS Darul Istiqamah Kanreapia

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan