Layanan akses internet di Indonesia semakin terjangkau dan mudah didapatkan. Salah satu penyedianya adalah Telkom yang merupakan perusahaan plat merah dengan Indihome sebagai produknya. Â Saya sudah menjadi pelanggan Indihome sejak tahun 2015. Â Kebetulan waktu itu lingkungan tempat tinggal dimasuki oleh jaringan kabel Telkom. Â Saya pun mengajukan permohonan untuk menjadi pelanggan.
Paket Triple Play yang saya pilih untuk berlangganan, alasannya karena tidak ada pilihan lain. Â Internet, tv berlangganan dan telepon merupakan layanan yang diperoleh oleh pelanggan paket Triple Play.
Secara umum ketiga layanan bisa dinikmati dengan baik tapi bukan berarti tidak ada kendala sama sekali. Â Kendala yang ditemui berupa gangguan di layanan internet dan tv berlangganan/tv kabel.
Pelaporan gangguan bisa dilakukan dengan beberapa cara yaitu datang langsung ke kantor Telkom terdekat, telpon ke 147, melalui media sosial (Twitter) dan melalui aplikasi My Indihome. Semua metode tersebut sudah pernah saya lakukan ketika ada kendala termasuk yang terbaru yaitu saat tv berlangganan tidak bisa dinikmati.
Di tengah pandemi COVID-19 Indihome membuka semua saluran/channel tv berlangganannya bagi semua pelanggan dari tanggal 20 - 25 Maret  2020 yang kemudian diperpanjang sampai 31 Maret. Â
Kebijakan ini untuk mendukung anjuran dari pemerintah agar masyarakat lebih banyak berdiam diri di rumah sehingga mencegah penyebaran COVID-19. Â Sayangnya "bonus" itu tidak bisa dinikmati sepenuhnya oleh saya karena adanya gangguan.
Berdasarkan pengalaman sebelum melaporkan gangguan saya coba atasi dulu secara mandiri. Â Sebetulnya ini prosedur standar yaitu mematikan dan menghidupkan ulang modem dan set top box tv (STB) tv kabel. Â Setelah dicoba beberapa kali dan hasilnya tidak bisa maka tidak ada jalan lain kecuali laporkan gangguan.
Mengingat adanya anjuran untuk berdiam di rumah maka saya memilih untuk melaporkan lewat aplikasi My Indihome dibanding datang ke kantor Telkom terdekat. Cukup buka aplikasi My Indihome, kemudian klik tombol Bantuan kemudian klik tombol Lapor Gangguan. Â
Selanjutnya akan dipandu oleh aplikasi termasuk penanganan gangguan secara mandiri yang sudah saya lakukan sebelumnya, jika kendala masih ada maka aplikasi akan membantu mendaftarkan laporan gangguan. Â Jika sudah didaftarkan maka pelanggan akan menerima Tiket Bantuan sebagai bukti sudah melaporkan gangguan.
Perkembangan proses penanganan laporan bisa diamati melalui aplikasi karena akan selalu disampaikan oleh sistem. Â Saya melaporkan gangguan pada tanggal 31 Maret 2020 sekira pukul 19.00 WIB. Tak berapa lama dapat notifikasi kalau laporan diterima dan sudah dibuatkan Tiket Bantuan.
Pagi harinya, tanggal 1 April 2020 saya mendapat telpon dari petugas Telkom yang mengkonfirmasi laporan dan mengabarkan akan ke rumah untuk melakukan perbaikan. Â