Mohon tunggu...
YABES DEVI DEBORA
YABES DEVI DEBORA Mohon Tunggu... Mahasiswa Unindra Indra Prasta

Yabes Devi Debora 17 April 1996 Berani ambil resiko, membuat keputusan besar, adalah salah satu jalan KESUKSESAN!

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Analisis Deskriptif Kewirausahaan Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematikan Universitas Indraprasta PGRI

19 Mei 2021   02:24 Diperbarui: 19 Mei 2021   02:46 412 1 1 Mohon Tunggu...

ANALISIS DESKRIPTIF PRAKTIK KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI PADA MASA PANDEMI COVID-19

Yabes Devi Debora

Universitas Indraprasta PGRI

PENDAHULUAN

Pada awal tahun 2020 seluruh dunia dikejutkan dengan merebaknya wabah Virus Corona (Covid-19) yang menimbulkan kepanikan dimana-mana. Virus ini telah menginfeksi ratusan ribu manusia dan menyebabkan ribuan manusia meninggal dunia. Indonesia termasuk Negara yang terkena dampak penyebaran wabah Virus Corona (Covid-19) tersebut. Dengan sigap Pemerintah Indonesia mengeluarkan status darurat bencana terhitung mulai tanggal 29 Februari 2020 terkait pandemi virus ini. Langkah-langkah telah dilakukan oleh pemerintah untuk dapat menyelesaikan kasus luar biasa ini, salah satunya adalah dengan mensosialisasikan gerakan Social Distancing. Konsep ini menjelaskan bahwa untuk dapat mengurangi bahkan memutus mata rantai infeksi Covid-19 seseorang harus menjaga jarak aman dengan manusia lainnya minimal 2 meter, dan tidak melakukan kontak langsung dengan orang lain, menghindari pertemuan massal.

Penerapan gerakan Social Distancing ini dilakukan diseluruh daerah secara ketat sesuai dengan tingkat penyebaran Covid-19. Hal ini berpengaruh terhadap beberapa sektor kehidupan, seperti sektor ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan lain sebagainya dan hal ini memberikan pandangan baru pula bahwa satu sektor tidak dapat berdiri sendiri dan mereka memiliki pengaruh yang kuat antar sektornya. Bisa dikatakan bahwa masalah sosial yang terjadi saat ini memberikan dampak yang signifikan terhadap penurunan produktivitas dari masyarakat khususnya pekerja atau karyawan yang berimplikasi kepada sektor pendidikan, ekonomi dan kesehatan keluarga mengingat terdapat beberapa pekerjaan atau profesi yang tidak bisa dikerjakan di rumah.

Dampak ini dirasakan oleh seluruh masyarakat di Indonesia. Pengendalian terhadap dampak penyebaran Virus Covid19 dan tantangan untuk terus produktif pada masa pandemi menuntut masyarakat untuk cepat beradaptasi. Seluruh sektor baik ekonomi, pendidikan, kesehatan dan lainnya turut beradaptasi dalam melanjutkan aktivitasnya agar tetap produktif.

Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI turut mengejawantahkan kebijakan terkait penanganan Covid-19 dengan tetap melaksanakan pembelajaran daring. Salah satu mata kuliah pada Prodi. Pendidikan Matematika yang dilaksanakan semester genap Tahun Akademik 2019/2020 adalah Mata Kuliah Aplikasi Kewirausahaan.

Menurut Coulter (dalam Suryana dan Kartib, 2011) kewirausahaan sering dikaitkan dengan proses, pembentukan atau pertumbuhan suatu bisnis baru yang berorientasi pada pemerolehan keuntungan, penciptaan nilai, dan pembentukan produk atau jasa baru yang unik dan inovatif. Pendidikan kewirausahaan yang diselenggarakan di perguruan tinggi diharapkan mampu menyiapkan mahasiswa untuk berani madiri, tidak lagi terfokus menjadi pencari kerja. Penerapan pembelajaran kewirausahaan di Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI merupakan salah satu mata kuliah wajib yang mengharuskan mahasiswa untuk menempuh mata kuliah tersebut. Mata kuliah tersebut dirancang untuk membekali mahasiswa bukan hanya untuk menguasai teori dan dan konsep kewirausahaan, namun juga untuk mempraktikkannya. Para mahasiswa, dalam proses pembelajaran melalui daring diajak berdiskusi mengenai konsep dan teori tentang Karakter Wirausaha, Kreativitas dan Inovasi dalam berwirausaha, produktivitas, motivasi dan Team Work, Eksploitasi Imajinasi dan Intuisi Menuju Sukses Berwirausaha, Kepemimpinan, Etika Berwirausaha, Ide dan peluang Berwirausaha, Profil Wirausaha, Studi Kelayakan Usaha, Marketing Plan, Business Plan, dan Praktik Menjual dalam Wirausaha. Mahasiswa pada materi praktik Menjual dalam Wirausaha kali ini mempunyai tantangan tersendiri karena dilakukan pada masa pandemi Covid-19, sehingga para mahasiswa dalam melakukan praktik menjual harus tetap menerapkan protokol kesehatan.

Asmawan, dalam Rahayu (2018) berpendapat bahwa manfaat kewirausahaan berbasis praktik agar mahasiswa belajar mengenal dunia berbisnis, belajar hidup mandiri dapat mengetahui berbagai resiko yang dihadapi dalam berbisnis menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, mendapatkan pengalaman baru didalam bekerja yang berhubungan langsung dengan masyarakat, lebih terampil dan meningkatkan kualitas mahasiswa. Harapan untuk mahasiswa yaitu setiap individu setelah menempuh perkuliahan dapat mengaplikasikan teori yang telah dipelajari dan menjadi SDM yang berkualitas.

Aisya dalam Rahayu (2018) berpendapat bahwa ketika mahasiswa memiliki SDM berkualitas maka akan memudahkan mahasiswa tersebut dalam bekerja atau menciptakan lapangan pekerjaan. Mahasiswa setelah mendapat teori dan konsep, mahasiswa melakuka praktik kewirausahaan, sehingga mahasiswa mendapat bekal soft skills dan memotivasi agar lulusan perguruan tinggi bisa langsung mendapatkan pekerjaan atau bahkan membuka lapangan pekerjaan Adapun tujuan penelitian yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan praktik kewirausahaan mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI pada Masa Pandemi Covid-19

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
VIDEO PILIHAN