Mohon tunggu...
Kristina NH
Kristina NH Mohon Tunggu... opini

opini

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Sumpah (,) Pemuda Indonesia Ditakuti

9 Oktober 2019   09:05 Diperbarui: 9 Oktober 2019   10:13 0 1 0 Mohon Tunggu...

Sebuah refleksi menjelang peringatan hari bersejarah....

Apakah cita-cita pemuda dahulu masih sejalan dengan cita-cita pemuda saat ini?

Jika dulu pemuda Indonesia meyakinkan seluruh masyarakat Indonesia bahwa mereka berjanji untuk setia terhadap negara, apakah sekarang masih sama?

Setiap tanggal 28 Oktober bangsa Indonesia memperingati hari Sumpah Pemuda. Sumpah pemuda adalah pergerakan kemerdekaan Republik Indonesia yang dilakukan oleh para pemuda pemudi Indonesia dengan menyatakan ikrar satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa Indonesia. Kongres pemuda II tanggal 28 Oktober 1928 sumpah pemuda lahir yang intisarinya dibuat oleh Mohamad Yamin dengan persetujuan seluruh peserta kongres. Sumpah pemuda terjadi karena inisiatif para pemuda pemudi Indonesia untuk turut bangkit bersatu melawan penjajah yang menjajah Indonesia. Saat itu, Indonesia memang telah berjuang melawan penjajah. Ikrar sumpah pemuda tersebut membakar semangat rakyat Indonesia khususnya para pemuda pemudi Indonesia untuk menegaskan akan terjadinya kemerdekaan Republik Indonesia. 

Bunyi sumpah pemuda yang lahir pada tanggal 28 Oktober 1928 antara lain:

  1. Kami putera dan puteri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu tanah Indonesia
  2. Kami putera dan puteri Indonesia mengaku berbangsa yang satu bangsa Indonesia
  3. Kami putera dan puteri Indonesia menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia. 

Pada masa itu, tidak ada lagi perbedaan kedaerahan atau suku antar pemuda karena mereka sadar itu semua hanya akan menghambat keinginan dan cita-cita mereka. Bagaimana cita-cita luhur dan perjuangan para pemuda saat itu akhirnya dapat kita nikmati saat ini. Persatuan dan kegagahan mereka membawa bangsa Indonesia menuju kemerdekaan. Sumpah mereka untuk bangsa ini sangatlah kuat dan dihormati, tidak dapat disepelekan.

91 tahun telah berlalu, banyak hal telah berubah. Perubahan dalam segala bidang jika tanpa disertai rasa cinta tanah air yang kuat tak kan mampu menjaga diri kita menjadi pribadi yang sesuai karakter bangsa Indonesia. Sebagai pemuda yang harus kita lakukan adalah belajar untuk meningkatkan kualitas diri  untuk bangsa yang kita cintai. Bangsa yang kuat adalah bangsa yang dicintai pemudanya. Saat ini pemuda Indonesia tidak diminta untuk berperang melawan penjajah, pemuda Indonesia diharapkan mampu menjaga kesatuan Negara Republik Indonesia, memberikan rasa aman bukan malah kekawatiran. Menyampaikan aspirasi jangan sampai anarki bahkan sampai ditakuti, memberikan saran yang tepat dan bermanfaat tanpa mengurangi rasa hormat. Sejarah sumpah pemuda merupakan pengingat kita sebagai pemuda agar terus berjuang melakukan terbaik untuk bangsa. Membawa bangsa ini menuju ke arah yang lebih baik.