Okky Dinova
Okky Dinova masih nganggur XD

Resensi Film / Serial TV / Video Game dan berbagai tulisan "iseng" lainnya XD visit my blog here (karena terkadang saya memotong beberapa konten dengan alasan spoiler / tidak pantas) http://okkydinova.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Film Artikel Utama

[Resensi Serial TV] "Young Sheldon", Repotnya Memiliki Anak Jenius

31 Mei 2018   08:01 Diperbarui: 2 Juni 2018   10:09 1907 5 2
[Resensi Serial TV] "Young Sheldon", Repotnya Memiliki Anak Jenius
tvshows.biz

Prolog
Tahukah Anda jika otak manusia itu "paling" tidak bisa diandalkan dalam mengingat masa lalu secara mendetil?? Itu semua terjadi karena secara tidak sadar otak kita selalu "merekayasa" ingatan lama kita agar terkesan indah/tragis saat diceritakan pada orang lain. Jadi harap berhati-hati jika ingin menanyakan (baca: kepo XD) masa lalu kepada seseorang karena besar kemungkinan isinya tidak 100% benar. Fakta "ngaco" ini saya dapatkan dari salah satu episode Adam Ruins Everything.

(But wait , apa itu berarti semua postingan memories saya tidak 100% akurat???)

Tapi yang terpenting, apa hal ini berlaku untuk Dr. Sheldon Lee Cooper , B.S., M.S, Ph.D., Sc.D., si jenius dari serial TV terkenal The Big Bang Theory (TBBT) yang semakin ke sini kualitasnya semakin menurun ??? Anda dapat menemukan jawabannya dalam serial TV "Young Sheldon".

Awalnya, Banyak orang (termasuk saya) pesimis dengan Young Sheldon karena dalam TBBT sendiri Sheldon sering menyebut jika masa kecilnya itu sangat buruk karena sering di-bully oleh banyak pihak, bahkan Sheldon pernah mengatakan jika masa kecilnya itu adalah "neraka". Apa ini berarti Young Sheldon akan didominasi oleh aksi bullying pada Sheldon???

Jawabannya??? Serial ini (kembali) membuat saya meragukan kejeniusan Sheldon Cooper karena ternyata masa kecilnya SANGAT TIDAK SESUAI dengan klaimnya selama ini. Tapi sisi baiknya adalah serial TV ini begitu SEMPURNA di mata saya karena mampu menyajikan sebuah tontonan yang lucu, menghibur, dan yang terpenting (kembali) mengingatkan saya akan Family Is Everything.

Story

Menceritakan kehidupan sehari-hari dari Sheldon Cooper, anak 9 tahun jenius yang harus menyesuaikan diri dengan lingkungan Medford High (baca: dia loncat kelas saking jenius) sekaligus bersosialisasi dengan keluarganya. Semua ini tersaji manis dalam 22 episode yang amat sangat sayang jika anda lewatkan.

Serial ini mengingatkan saya pada season awal TBBT di mana setiap gerak-gerik Sheldon sangat menarik untuk diikuti sekaligus lucu XD, tapi kali ini terlihat lebih lucu karena Sheldon masih kecil dan terlihat sangat polos meskipun tergolong jenius XD.

Serial ini "sedikit" tidak saya sarankan untuk mereka yang tidak suka dengan anak kecil yang "sok tahu" karena akan ada banyak adegan Sheldon kecil "mempermalukan" orang dewasa dengan pemikirannya yang jenius XD.

Meskipun serial ini sangat berfokus pada Sheldon, tokoh-tokoh pendukung lain tetap mampu memberikan warna tersendiri dan (hebatnya) mereka semua memorable di mata saya dengan chemistry dan kualitas akting yang di atas rata-rata. Pokoknya sulit untuk menemukan kelemahan dalam serial ini.

Kecuali jika Anda sudah lama mengikuti TBBT maka anda akan menemukan banyak "kejanggalan" dari berbagai cerita yang disajikan dalam serial ini (seperti yang sudah saya tulis di awal postingan) dan (sialnya) membuktikan jika Sheldon Cooper dewasa membohongi kita selama ini!!!

Lebih sialnya lagi Jim Parson (pemeran Sheldon dewasa) menjadi narator untuk serial ini, semakin membuktikan pada fans TBBT jika dia "membohongi" kita semua.

Characters

Sheldon Cooper (Iain Armitage)

Ini dia si anak "ajaib" jenius yang sudah masuk Medford meskipun umurnya baru 9 tahun!!! Sebenarnya Sheldon sendiri sudah siap untuk "makan" bangku kuliah XD namun sayang keadaan finansial keluarganya tidak mendukung :'( (di mana beasiswa saat Sheldon membutuhkannya???)

Jangan harap ada adegan Sheldon di-bully karena sepanjang serial ini berlangsung Sheldon sendiri yang memilih untuk menjauhi mereka karena Sheldon menganggap mereka "tidak cocok dengan dirinya" meskipun kelak Sheldon akan menjadi pahlawan bagi mereka karena berhasil menggunakan sport analytics untuk membawa tim football lokal meraih kemenangan.

Interaksi Sheldon dengan anggota keluarganya juga menjadi fokus dalam serial ini, apalagi Sheldon memiliki "standar" tersendiri dalam berbagai hal yang terjadi dalam kehidupannya sehari-hari dan sukses membuat heboh anggota keluarga lainnya XD.

Missy Cooper (Raegan Revord)

Saudara kembar Sheldon terlihat seperti anak kecil yang aktif pada umumnya. Memang porsi Missy tidak sebanyak Sheldon, tapi saat dia mendapat gilirannya, Missy dijamin mampu mengundang senyum bagi para penonton dengan berbagai tingkah dan dialognya yang cenderung berbau sarkastik. Tidak lupa Missy juga mampu menggoda sekaligus "menipu" Sheldon pada beberapa kesempatan XD.

Dalam TBBT sendiri Missy hanya pernah muncul sebanyak 2 episode saja meskipun serial ini sudah berjalan selama 11 season -_-

George "Georgie" Cooper Jr (Montana Jordan)

Anak pertama keluarga Cooper dan kakak bagi Sheldon dan Missy, dari tingkah lakunya saja sudah terlihat jika Georgie itu pemalas dan (maaf) bodoh. Gergie sendiri sudah tahu jika dirinya tidak sebaik kedua saudaranya dan mencoba menutupinya dengan bersikap PeDe pada setiap kesempatan. Mungkin satu-satunya nilai positif dari Georgie adalah dia masuk dalam tim football di sekolahnya.

Sama seperti Missy, porsi kemunculan Georgie juga tidak banyak tetapi mampu menghibur penonton saat dia muncul dengan berbagai aksi konyol yang dilakukannya. Hal terbaik yang Georgie lakukan versi saya adalah saat dia mengajarkan Sheldon untuk "berbohong" XD.

Di TBBT sendiri Gergie baru PERTAMA KALI muncul menjelang akhir season 11 dan memberitahu penonton tentang "sisi gelap" dari keluarga Cooper.

George Cooper Sr (Lance Barber)

Ayah dari Sheldon, Missy, dan Georgie ini bekerja sebagai guru olahraga di Medford High. Dari tingkahnya saja sudah terlihat jika sifatnya menurun pada Georgie XD, tapi karena hal ini juga dia menjadi akrab dengan Georgie karena saling mengerti satu sama lain. Terkadang George sendiri "meragukan" jika Sheldon adalah anak yang terlahir dari dirinya.

Meskipun awalnya terlihat "cuek" dalam mengurus anak-anaknya (terutama Sheldon yang sering menjauhi dirinya), kelak George akan melakukan berbagai "pengorbanan" yang akan membuat Sheldon bangga, salah satunya adalah mengajak Sheldon sekeluarga untuk menemui Insinyur NASA yang sebelumnya meremehkan ide Sheldon di kota yang jauh HANYA untuk memberitahu dirinya jika ide anaknya itu benar.

Dalam TBBT sendiri George sudah lama meninggal (tepatnya saat Sheldon berusia 14 tahun), hal ini membuat saya cemas karena mungkin saja di season Young Sheldon berikutnya, George akan "mati", bahkan di salah satu episode George terkena serangan jantung!!!

Mary Cooper (Zoe Perry)

Fun fact, Zoe Perry adalah putri dari Laurie Metcalf yang juga memerankan Mary Cooper dalam TBBT!!! (wah like mother like daughter dong XD) , jadi sangat disayangkan saya harus memasang standar sangat sangat tinggi untuk karakter ini karena Mary Cooper adalah karakter favorit saya di TBBT meskipun beliau bukan karakter tetap!!!

Melihat aksi Mary Cooper seperti melihat kisah hidup nyata seorang ibu yang memiliki anak berkebutuhan khusus. Bedanya adalah jika umumnya kisah-kisah seperti itu didominasi tangisan dan kebahagiaan, Mary Cooper membuat penonton merasa bangga, mengundang tawa sekaligus menaruh hormat setinggi-tingginya dengan berbagai sikap yang dia perlihatkan. Benar-benar JAUH melebihi ekspetasi saya.

Mary Cooper sendiri digambarkan sebagai ibu rumah tangga protektif yang berusaha sekuat tenaga untuk mengurus keluarganya meskipun terlihat sekali jika Mary sangat mengistimewakan Sheldon ketimbang anaknya yang lain. Jadi jangan heran jika Mary sering terlihat heboh untuk berbagai hal kecil yang menimpa putra kesayangannya tersebut XD.

Mary Cooper juga adalah orang yang sangat taat beragama (Kristen) yang selalu mencoba mengajarkan ajaran Yesus Kristus untuk anggota keluarganya meskipun jarang didengar oleh anggota keluarga lainnya :'( (apalagi Sheldon yang sedari kecil sudah memiliki pikiran seorang atheis).

Jadi sangat wajar melihat Mary di TBBT yang masih mencoba mengajarkan ajaran Kristen pada Sheldon meskipun tidak seagresif waktu mudanya dulu XD (yup, di sini terlihat sekali "keagresifan" beliau).

Dan seperti dalam TBBT, Mary Cooper kembali mengajarkan pada kita semua jika ada saatnya orang beragama melakukan sebuah "kesalahan" dan kali ini berhubungan dengan Georgie.

(WHAT A TWIST!!!)

Constance "Connie" Tucker a.k.a Meemaw (Annie Potts)

Serial ini tidak henti-hentinya memberikan kejutan untuk fans TBBT

Dalam TBBT, Sheldon sering menggambarkan Meemaw sebagai satu-satunya sosok yang mengerti tentang dirinya sekaligus sering memanjakan Sheldon kecil. Jadi tidak heran jika saya membayangkan jika Meemaw itu tipikal nenek idaman yaitu baik,ramah, pandai memasak, dan sering terlihat duduk di kursi goyang XD.

Tapi ternyata dalam serial ini Meemaw sangat..........

.............

.............

.............

WOW

Meemaw lebih tepat jika disebut "manula gaul" dengan berbagai sikap dan tingkahnya yang sangat jauh dari image manula yang ada di pikiran saya (terlihat sekali jika Missy mewarisi berbagai sifat dari Meemaw XD). Meemaw sendiri tinggal di seberang rumah keluarga Cooper dan sering mampir untuk menggoda dan bermain dengan cucu-cucunya XD dan JENG JENG JENG.

Meemaw tidak 100% mengerti Sheldon karena dia terlihat lebih banyak "angguk-angguk" saat berhadapan dengan Moonpie (baca: Sheldon XD), apalagi saat Sheldon memberikan banyak istilah asing yang tentu saja tidak dimengerti oleh Meemaw. Meemaw sendiri malah terlihat akrab dengan Georgie/Missy dan selalu bersama mereka saat Mary mengistimewakan Sheldon.

Melihat Meemaw membuat saya menyadari hal penting dalam TBBT yaitu:

"Meemaw itu 100% mirip dengan Penny, apalagi dari segi dialog sarkastik XD"

Jadi tidak heran jika Sheldon mampu akrab dengan Penny, karena Sheldon menghabiskan masa kecilnya dengan sosok yang LEBIH GILA ketimbang Penny XD.

Ketidakkonsistenan dengan The Big Bang Theory

Inilah satu-satunya kelemahan serial ini, banyak hal dalam Young Sheldon (terutama dari segi bullying) sangat berbeda dengan yang terjadi di TBBT, hal ini menghasilkan banyak continuity error yang harus saya akui dapat membuat fans TBBT terheran-heran.

Saya ambil contoh yang paling baru saja, Georgie (Jerry O'Connell) yang akhirnya tampil PERTAMA KALI di TBBT mengungkapkan berbagai hal tentang Sheldon yaitu :

  • Dia sering mem-bully Sheldon semasa dia kecil dan memiliki "dendam" sampai hari ini
  • Georgie selalu menjaga Sheldon di sekolah dari para bully
  • Georgie secara "terpaksa" menjadi tulang punggung keluarga Cooper setelah ayahnya meninggal karena Sheldon pergi kuliah di luar negeri di Jerman dengan memakai uang keluarganya, Missy menjadi "remaja bodoh", dan Mary Cooper menjadi depresi (tetapi tidak pernah memberitahu hal ini pada Sheldon)

Apa ini artinya kelak Georgie akan berubah 180 derajat di season berikutnya dari Young Sheldon??? karena jujur saya tidak siap jika hal ini terjadi.

Conclusion

Sebuah serial TV keluarga yang ringan dan "hangat" yang secara ironis dirusak oleh TBBT.

Saya tahu jika TBBT itu komedi, tapi jika komedi tersebut sudah berjalan selama 11 season maka sangat wajar jika fans menjadi sangat akrab dengan berbagai kisah yang ada dan akhirnya malah melihat berbagai kejanggalan dalam Young Sheldon.

Tapi overall , Young Sheldon tetap SANGAT saya rekomendasikan untuk anda yang mencari tontonan komedi ringan sekaligus menghibur, tapi harus saya beri minus 15 karena TBBT.

My Score
85, BAZINGA!!! Sheldon menipu kita semua


Temukan review lainnya di SINI