Okky Dinova
Okky Dinova masih nganggur XD

Resensi Film / Serial TV / Video Game dan berbagai tulisan "iseng" lainnya XD visit my blog here (karena terkadang saya memotong beberapa konten dengan alasan spoiler / tidak pantas) http://okkydinova.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Hiburan Pilihan

Resensi Film "Tomb Raider", Adaptasi yang Oke

8 Maret 2018   21:27 Diperbarui: 8 Maret 2018   22:11 1336 0 0
Resensi Film "Tomb Raider", Adaptasi yang Oke
sumber : croft generation

Sudah menjadi tradisi jika film yang dibuat berdasarkan video game umumnya sering dianggap gagal dan tidak memenuhi ekspetasi para gamer (ingat Assasin Creed di tahun kemarin ???), dan tahun ini muncul Tomb Raider yang tentunya sudah sangat dikenal oleh gamer.

Apalagi versi film Tomb Raider kali ini berdasarkan versi game tahun 2013 yang sangat bagus karena menampilkan sosok Lara Croft yang masih "hijau". Secara tidak langsung adaptasi kali ini memiliki beban yang teramat besar, bisakah Tomb Raider kali memenuhi ekspetasi para fans ???

Saya sendiri merasa jika film ini tergolong "Ok saja" (tidak "terlalu" bagus dan tidak juga jelek), secara keseluruhan film ini menarik untuk ditonton (jadi abaikan saja score yang saya berikan untuk film ini XD).

Lara Croft Dari Masa Ke Masa


Lara Croft selaku tokoh utama dalam Tomb Raider sudah menyapa para gamer sejak tahun 1996 dan mengalami rebootsebanyak 3 kali karena perubahan Developer dari Core Design menjadi Crystal Dynamics. Jadi sampai sekarang ada 3 versi Lara yaitu Original, Legend, dan Survivor.

Sekilas tidak ada yang berbeda dari Original dan Legends kecuali dari latar belakang. Versi original (1996-2003) sangat dicintai beberapa "gamer" pria dan sering dianggap Sex Symbol pada waktu itu. Tapi yang jelas dari 2 versi ini adalah Lara Croft sudah menjadi sosok arkeologis sekaligus petualang profesional. Dual Pistol adalah senjata ikonik dari versi ini.

Tahun 2013 Lara Croft di-reboot yang kali ini membuatnya masih sangat pemula dan belum mengenal "kejamnya" dunia dan terlihat innocent, tapi kejadian yang dia alami di pulau Yamatai akan mengubahnya menjadi sosok tangguh seperti yang terlihat di Rise Of The Tomb Raider. Busur dan panah menjadi senjata ikonik untuk versi ini.

Story

Alkisah pada zaman dahulu, Himiko adalah seorang wanita yang mampu mengendalikan kehidupan sekaligus kematian dan konon dia bisa membunuh seseorang hanya dengan menyentuhnya saja. Hal ini membuat Himiko ditakuti dan akhirnya dikubur hidup-hidup oleh para bawahannya di pulau Yamatai. Kisah Himiko membuat Richard Croft menjadi terobsesi dan berniat untuk mencari pulau Yamatai, sayang pencarian ini membuat Richard menghilang selama bertahun-tahun dan dianggap sudah meninggal.

Lara Croft yang menemukan catatan penelitian milik ayahnya akhirnya memutuskan untuk mencari pulau Yamatai demi mencari sang ayah. Tapi di balik itu semua ada organisasi yang juga mengincar rahasia di pulau Yamatai yaitu Trinity (Yup, Trinity muncul di film ini). Bisakah Lara menemukan ayahnya sekaligus menguak rahasia dari Himiko ???

Meskipun memiliki perubahan di sana sini, cerita film ini tergolong mudah dimengerti dan tetap menarik untuk diikuti. Hanya saja adegan awal pada film ini cukup membosankan karena "hiburan" utama baru dimulai saat Lara berada di Yamatai. Adegan Action saya anggap cukup untuk mewakili konflik yang ada di film ini. Film ini sendiri mengubah beberapa elemen sehingga menjadi lebih realistis, bukan hal yang salah sih tetapi seri Tomb Raider sendiri sudah cukup kental dengan aura mistis/supranatural jadi kesannya jadi terlihat cukup aneh.

Film ini juga cukup "memaksa" dengan sengaja membuat ulang beberapa adegan yang ada di game yang dibuat semirip mungkin, tapi masalahnya beberapa adegan ini malah membuat film ini menjadi kurang realistis karena beberapa memang terlihat over the top(baca : berlebihan + kebetulan).

Dan yang terakhir, untuk yang sudah memainkan gamenya pasti sudah tahu jika Lara "disiksa" fisik + mental selama berada di Yamatai, cukup disayangkan pada film ini siksaan yang Lara alami tidak separah versi game, tapi bolehlah dikatakan cukup untuk "menempa" sang Lady Croft kita yang satu ini XD.

Characters

Lara Croft (Alicia Vikander)


Gadis "nekat" yang mencari ayahnya di pulau Yamatai dengan peralatan seadanya, nantinya dia akan menghadapi salah satu anggota Trinity yang berniat untuk membongkar makam Himiko.

Alicia Vikander memerankan Lara versi survivor dengan sangat baik karena tidak terlalu menonjolkan penampilan fisik belaka meskipun tidak disukai beberapa orang (fans original / legends) karena Alicia Vikander kurang "berisi" jika dibandingkan dengan Angelina Jolie.

Lord Richard Croft (Dominic West)


Ayah Lara yang dianggap sudah meninggal saat mencari pulau Yamatai, Richard terobsesi dengan Himiko setelah kematian istrinya dan menganggap jika Himiko memiliki rahasia "hidup abadi". Sayangnya di pulau Yamatai dia diincar oleh anggota Trinity dan terpaksa mengasingkan diri.

Mathias Vogel (Walton Goggins)


Anggota Trinity yang mencari makam Himiko selama bertahun-tahun, dia digambarkan sebagai sosok sadis yang tidak segan-segan membunuh orang demi mencapai tujuannya.

Conclusion

Meskipun memiliki perubahan di sana-sini dan tidak memberikan pengalaman yang sama seperti saat memainkan versi video game(jelas berbeda karena game dan film adalah 2 media yang berbeda XD), Tomb Raider (2018) bisa menjadi bukti lain jika ada film adaptasi video-game yang bagus.

My Score

65, A "new" Survivor Is Born

Temukan review lainnya di SINI