Okky Dinova
Okky Dinova masih nganggur XD

just a simple man with twisted mind XD visit my blog here http://okkydinova.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Hiburan Artikel Utama

[Resensi Film] Black Panther, "Si Hitam Manis" dari Wakanda

14 Februari 2018   22:26 Diperbarui: 15 Februari 2018   20:24 15556 3 1
[Resensi Film] Black Panther, "Si Hitam Manis" dari Wakanda
sumber : cosmopolitan

Prolog

Ini dia, film Marvel Cinematic Universe (MCU) pertama untuk tahun ini. Kali ini penonton akan berkenalan dengan T'Challa, Raja Wakanda yang memulai debutnya di Civil War dengan sangat baik. Dan kali ini penonton dapat melihat Wakanda, negara fiksi yang ternyata menyimpan berbagai rahasia.

Karena Black Panther memakai banyak aktor kulit hitam, banyak orang yang berharap film ini mampu melawan rasisme yang terjadi pada dunia film dan menjadi simbol harapan. Sungguh sebuah tugas yang sangat berat.

Saya sendiri memiliki "sedikit" sifat rasis dan (awalnya) memandang sebelah film ini, bagi saya film ini adalah "Mr Bones" versi serius. Begitu rendahnya standar yang saya berikan untuk film ini.

Hasilnya??? Saya tidak salah karena film ini akan membawa penonton untuk melihat budaya dan kehidupan di Wakanda, bahkan beberapa dialog menggunakan bahasa asli Wakanda yang tentu saja membingungkan. Tapi dibalik itu semua film ini pesan kuat bahwa "Kita semua itu sama".

Singkatnya??? WAKANDA FOREVER!!!

"Pencitraan" Luar Biasa dari Si Raja Wakanda



Bahkan sebelum dirilis, Black Panther memiliki banyak prestasi positif, selain memecahkan rekor sebagai film dengan jumlah tiket presale terbanyak di Fandango. Film Black Panther juga membuat beberapa orang (termasuk selebritis) mengadakan aksi amal agar anak-anak di Harlem (dikenal sebagai pusat masyarakat kulit hitam di New York). Kapan lagi ada sebuah film yang bisa menginspirasi masyarakat untuk berbuat seperti ini ??? , mungkin Black Panther memang tepat menjadi simbol harapan bagi para minoritas.

"Ah lebay banget uang dipake buat hal begituan, mending uangnya dipakai untuk XXX"

Silahkan gigit jari untuk yang berpikir demikian karena aksi ini adalah awal dari tindakan positif karena dari aksi ini mulai muncul aksi-aksi lain yang bertujuan untuk menolong kehidupan bagi mereka yang tertindas (alah bahasanya XD). Bahkan sampai muncul hashtag #BlackPantherChallenge yang mengajak anda untuk mengajak anak kecil untuk menonton film ini.

Tapi...........

Film Black Panther mendapat "ancaman" dari beberapa oknum yang akan memberi review negatif untuk film ini pada situs Rotten Tomatoes, untung saja hal ini dapat segera diselesaikan. Tapi imbasnya adalah rating film Black Panther di IMDB dibanjiri angka "1".



(padahal film ini sendiri baru dirilis global pada tanggal 16 Februari)

Di indonesia sendiri ada sebuah kejutan yaitu rating film ini menjadi D17, padahal rating asli film ini adalah PG13 (remaja), apa ini berarti film ini memiliki banyak adegan sadis???

Jawabannya adalah TIDAK, memang film ini memiliki "sedikit" adegan kekerasan tapi tidak sampai berlebihan (keluar darah + daging), tapi harus diakui pesan film ini tentang minoritas sangat kuat, tapi tetap saja aneh melihat film ini mendapat rating D17.

Tapi ternyata film Doctor Strange juga mendapat rating serupa, mungkin standar rating di Indonesia patut dipertanyakan.

Satu pertanyaan "Konyol" dari saya:

"Ada yang mau melakukan #BlackPantherChallenge di Indonesia???"

Padahal kita semua sudah tahu jika rakyat indonesia tidak pernah memperhatikan rating saat menonton film XD.

Black Panther di Civil War


Black Panther memulai debutnya di MCU saat beberapa warga Wakanda menjadi korban serangan teroris + para Avengers. Hal ini menginspirasi beberapa pemimpin dunia untuk membuat Sokovia Accord (hukum yang mengatur para Superhero) dan membuat rapat di Vienna. Di sini T'Challa kehilangan ayahnya karena serangan yang dilakukan oleh Bucky "Winter Soldier" Barnes dan membuatnya dipenuhi dendam. T'Challa sendiri lalu memburu Bucky dan harus melawan beberapa anggota Avengers.

T'Challa sendiri digambarkan sebagai sosok yang bijaksana, berkharisma, dan memiliki banyak monolog keren. Bisa dibilang Black Panther adalah Raja Monolog di Civil War di luar aksinya yang tidak kalah keren.

Dan yang terakhir, T'Challa berhasil menemukan biang keladi dari semua masalah di Civil War dan terlibat dalam sebuah adegan yang cukup emosional. Tidak lupa T'Challa juga membawa Steve Roger dan Bucky ke Wakanda.


Ok cukup sudah basa-basinya, saatnya membahas film ini XD

Story

Jutaan tahun yang lalu, sebuah meteor yang mengandung Vibranium (materi terkuat di dunia MCU) jatuh di Afrika dan diperebutkan oleh 5 suku dan menyebabkan perang. Perang ini diakhiri oleh Bashenga, seorang prajurit yang mendapat berkah dari Dewa Bash (melalui tanaman yang mengandung Vibranium) dan menjadi Black Panther pertama. Bashenga menyatukan 5 suku dan membuat sebuah negara dengan nama Wakanda. 

Waktu berlalu dan rakyat Wakanda berhasil memanfaatkan teknologi Vibranium untuk menciptakan beberapa peralatan canggih, namun sayang mereka memilih untuk "menyembunyikan" serta menutup diri dari dunia luar. Dunia luar sendiri menganggap Wakanda adalah Third World Country (negara miskin).

Setelah kejadian di Civil War, T'Challa pulang ke Wakanda untuk mempersiapkan diri dalam upacara/ritual sebelum dia bisa dianggap sebagai Raja. Ujiannya sendiri adalah melawan perwakilan dari 5 suku yang ada.

Di lain pihak, Ulysses Klaue (pernah muncul di Age Of Ultron) melakukan sebuah transaksi Vibranium ilegal di Korea, dan sudah menjadi tugas T'Challa untuk menghentikan itu semua. Tapi siapa sangka hal ini akan membuat T'Challa mempertanyakan arti raja Wakanda sesungguhnya sekaligus meragukan dirinya sebagai sosok yang tepat untuk memimpin Wakanda. Dan tidak lupa munculnya seseorang yang akan mengungkap rahasia gelap dari Wakanda.

Cerita tampil sangat serius tapi menarik untuk diikuti, siap-siap saja untuk menikmati pelajaran tradisi dan budaya dari negara Wakanda pada 20-30 menit awal XD. Wakanda benar-benar menjadi pusat budaya dari benua Afrika.

Karakter yang ada juga tampil dengan kuat dan bisa meninggalkan image yang baik di mata penonton, hal ini juga termasuk untuk para villainyang ada. Beberapa Fight scene yang ada juga tampil sangat emosional.

Dan layaknya film MCU pada umumnya, film ini memiliki joke yang terasa tepat sasaran dan membuat film ini semakin menarik.

Kekurangan saya temukan pada adegan akhir yang mudah ditebak dan mengikuti standar film MCU (tapi tidak "konyol").

Singkat kata, Marvel benar-benar memulai tahun ini dengan sangat baik.

Characters
T'Challa (Chadwick Boseman)


Pangeran Wakanda yang harus melewati ujian untuk menjadi Raja Wakanda, pertemuannya dengan Erik Stevens membuatnya mempertanyakan arti Raja yang sesungguhnya.

Dan wow, T'Challa benar-benar tampil berbeda karena kali ini dia terlihat sangat manusiawi, tidak seperti di Civil War yang sangat berkharisma. Tapi ini berarti karakter T'Challa dikembangkan dengan sangat baik.

Berkat bantuan Shuri, kali ini kostum Black Panther memiliki kemampuan baru yang membuatnya mampu menyerap energi kinetik dan mengembalikannya untuk menyerang lawan.

Nakia (Lupita Nyong'o)



Mata-mata Wakanda yang bertugas di luar Wakanda dan membantu beberapa warga Afrika yang tertindas, dia adalah orang yang berhasil membuat T'Challa Freezee XD

Okoye (Danai Gurira)


Ingat Michonne dari The Walking Dead ??? Yup, that's her.

Pemimpin dari Dora Milaje, sebuah pasukan elit yang semua anggotanya adalah wanita. Tugas Okoye saat ini adalah sebagai bodyguard untuk T'Challa, kemampuan bertarungnya tentu tidak perlu dipertanyakan karena dia memiliki cukup banyak adegan keren.

Shuri (Letitia Wright)


Adik T'Challa yang tampil dan berperilaku layaknya "kids zaman now" dari Wakanda (tentu saja standar Wakanda berbeda dengan Wkwk land XD), dia sendiri adalah seorang ilmuwan yang memiliki banyak penemuan canggih (bahkan banyak yang bilang Shuri lebih pintar daripada Tony Stark). Shuri lebih banyak membantu T'Challa dari laboratorium miliknya.

M'Baku (Winston Duke)


Pemimpin dari Suku Jabari yang dianggap "primitif" karena memilih tinggal di luar Wakanda. M'Baku menantang T'Challa dalam duel "1 lawan 1" dengan hadiah posisi sebagai Raja Wakanda.

Everett K ross (Martin Freeman)


Agent CIA yang bertugas menangkap Klause di korea, dia bertemu T'Challa dan bekerja sama dengannya. Sayang Ross terluka parah saat melindungi Nakia dan membuatnya dibawa ke Wakanda.

Ulysses Klaue (Andy Serkis)


Pria yang pernah mencuri Vibranium di masa lalu dengan bantuan "orang dalam", saat ini dikabarkan sedang melakukan transaksi di Korea. Cukup disayangkan aksinya terbilang singkat. Tapi meski begitu dia adalah villainyang menarik dan memiliki selera musik yang bagus (dia menyanyikan "What Is Love -- Haddaway" saat sedang diinterogasi XD).

Erik "Killmonger" Stevens (Michael B Jordan)


Semakin ke sini kualitas Villain MCU semakin meningkat.

Prajurit elit yang memiliki julukan Killmonger dan memiliki rencana untuk menggulingkan Wakanda, dan dia memiliki sebuah rahasia yang sangat mengejutkan!!! Erik sendiri sudah melihat bagaimana para minoritas ditindas dan menyalahkan semua itu pada Wakanda yang menutup diri dari dunia luar, sungguh sebuah motif yang realistis.

Seperti Biasa, 2 Post Credit Scene
SPOILER ALERT!!!

Yang pertama adalah pidato T'Challa di hadapan PBB yang bertujuan untuk mengungkapkan rahasia Wakanda pada dunia luar. Sampai seorang anggota PBB memberi satu pertanyaan

"Apa yang bisa diberikan bangsa/negara petani pada dunia???"

Jika Anda tidak tertawa maka anda belum mengerti film ini XD

Adegan kedua adalah Shuri yang menemui Bucky Barnes si Winter Soldier (Shuri adalah orang yang bertanggung jawab untuk memulihkan ingatan Bucky).

Conclusion

Black Panther tampil memuaskan dari segala sisi, sulit untuk tidak merekomendasikan film ini (kecuali anda seorang Negrophobia), apalagi "Pencitraan" film ini terlalu kuat di mata saya XD.

My Score:
95 , WAKANDA FOREVER!!!


Temukan review lainnya di SINI