Mohon tunggu...
Xenalita Hanapi
Xenalita Hanapi Mohon Tunggu... amateur

trying to write!

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Arti Physical Distancing dan Social Distancing, Apa Perbedaannya?

30 Maret 2020   12:21 Diperbarui: 30 Maret 2020   12:26 196 4 2 Mohon Tunggu...

Presiden Joko Widodo menekankan physical distancing untuk penanganan dan pencegahan virus corona COVID-19 di Indonesia. Physical distancing bisa diterjemahkan dengan jaga jarak atau jaga jarak aman dan disiplin untuk melaksanakannya, demikian seperti dikutip dari situs web Sekretariat Kabinet.

"Jaga jarak ini bukan hanya berlaku di tempat umum, tetapi juga berlaku di seluruh rumah tangga di setiap keluarga. Karena diantara keluarga belum tentu semuanya itu negatif, belum tentu seluruh anggota keluarga itu aman dari Virus Korona ini," ujar Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo, menyampaikan hasil rapat dengan Jokowi.

Istilah physical distancing ini tak hanya diterapkan di Indonesia, tetapi juga di Kanada. Para ahli kesehatan dan politikus Kanada telah mendesak warga untuk menjaga jarak fisik satu sama lain dan tinggal di rumah sesering mungkin untuk membantu menghentikan penyebaran virus corona.

Perdana Menteri Justin Trudeau mengatakan, tidak ada toleransi bagi mereka yang menentang perintah physical distancing dan bahwa pemerintah dapat memperkenalkan langkah-langkah untuk menegakkan peringatan kesehatan.

"Anda semua berpikir Anda tidak kelihatan. Anda salah. Sudah cukup," katanya dalam pidatonya di depan warga Kanada dari Rideau Cottage, tempat ia diisolasi. "Pulang dan tinggal di rumah."

Wakil Perdana Menteri Chrystia Freeland dan kepala petugas kesehatan masyarakat Dr. Theresa Tam menggemakan physical distancing selama konferensi pers tingkat menteri tak lama setelah Trudeau berbicara dengan para wartawan.

"Warga Kanada harus mempraktikkan jarak sosial dan fisik," desak Freeland.

"Itu berarti tinggal di rumah kecuali jika Anda melakukan pekerjaan penting seperti menjaga toko bahan makanan, staf apotek staf dan memberikan perawatan medis," demikian seperti dikutip Global News Canada.

Apa Itu Physical Distancing?


Physical distancing semakin banyak digunakan untuk membantu orang memahami apa yang perlu mereka lakukan untuk mencegah penularan COVID-19.

"Kami mulai dengan istilah 'jarak sosial' [social distancing] dan saya pikir beberapa orang tidak mengerti apa artinya itu, dan mereka khawatir hal itu dapat menyebabkan isolasi sosial," kata Dr. Jeff Kwong, spesialis penyakit menular dan profesor di Departemen Kedokteran Keluarga dan Komunitas di University of Toronto.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN