Mohon tunggu...
Tutut Wibowo
Tutut Wibowo Mohon Tunggu... -

Entrepreneur | Dreamer | Creative Designer | Writter

Selanjutnya

Tutup

Money

Modern Marketing : Aplikasi Daya Tarik Magnet pada Marketing (Part 1)

14 April 2014   22:58 Diperbarui: 23 Juni 2015   23:41 64
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
1397464337740062729

"Jangan memburu/mengejar pelanggan Anda, tapi buat mereka mendatangi Anda" -Dan Kennedy

Fighters, kita semua sudah mengenal tentang prinsip tarik menarik dari sebuah magnet. Magnet akan menarik benda-benda metal seperti besi, baja, tembaga, dan lain-lain. Prinsip tarik menarik ini paling sering disajikan dalam sebuah konsep metafisik. Tapi itu adalah prinsip yang sah bila diterapkan secara praktis, seperti dalam strategi pemasaran.

Dilansir dari www.succes.com, Dan Kennedy mengemukakan tentang idenya yang hebat ini. Beliau mengungkapkan bahwa hampir semua marketing/produsen bersikap seperti sedang berburu, sehingga calon klien/konsumen merasa dirinya seperti mangsa. Sehingga yang di hasilkannya adalah sebuah resistensi atau posisi sebuah sikap untuk berperilaku bertahan, berusaha melawan, menentang.

Tujuan dari prinsip daya tarik magnet pada marketing adalah agar menghasilkan resistensi rendah, dimana konsumen Anda merasa menemukan, memilih, memutuskan, dan datang kepada Anda. Bukan Anda muncul tanpa diundang dan mendorong dan harus (bukannya ingin) memilih Anda.

Pertanyaan-pertanyaan seperti bagaimana saya bisa bersaing dengan kompetitor saya? bagaimana saya bisa mendapatkan klien? atau lebih parah, bagaimana saya bisa menjual sesuatu kepada seseorang hari ini? adalah pertanyaan konyol yang sungguh tidak smart. Menyedihkan, Pertanyaan-pertanyaan tersebut memliki dasar yang sungguh primitif. Berfikir layaknya Anda berada dalam sebuah gua, merenungkan bagaimana Anda dapat menemukan dan membunuh binatang untuk hari ini agar anak Anda bisa makan malam. hati-hati terjebak dalam paradigma pemikiran seperti itu yaa fighters!

Mari kita membuat pertanyaan-pertanyaan yang lebih canggih. Seperti, bagaimana saya bisa membuat sistem tarik-menarik yang stabil? aliran dana yang bisa diandalkan dari konsumen kepada saya? bagaimana agar konsumen saya tergantung kepada saran dan bantuan saya sebagai media yang mereka tangguh dan percayakan? bahkan lebih baik, bagaimana menjadikan konsumen saya loyal terhadap saya?

Jadi, sedang berada di ranah marketing manakah fighter sekarang??

Tunggu lanjutannya di bagian 2 ya.

Sumber : http://xbargo.blogspot.com/2014/04/modern-marketing-aplikasi-daya-tarik.html

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun