Mohon tunggu...
Darren
Darren Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Menjadi "Smart Buyer" di Tengah Ribuan Diskon Besar

29 Mei 2018   16:00 Diperbarui: 29 Mei 2018   16:14 296
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Hari raya  menjadi kesempatan bagi toko-toko untuk menawarkan berbagai ragam pilihan diskon, mulai dari potongan harga, cashback hingga flash sale yang membuat mata kalap melihat harga yang ditawarkan.

Saya merupakan salah satu pengejar potongan harga-harga yang ditawarkan oleh toko toko tersebut. berbagai pengalaman saya dalam berbelanja membuat saya semakin cerdik menghindari kerugian-kerugian. berikut ini adalah tips dan pengalaman saya berbelanja online, pengalaman anda dapat berbeda dengan saya :)

1. diskon besar bukan berhati potongan harga besar

toko online banyak menawarkan potongan harga besar bahkan hingga 90%, namun anda jangan mudah tertipu dengan hal tersebut. berdasarkan pengamatan saya, ada banyak toko yang sebelumnya sudah menaikkan harga baru kemudian memberikan potongan. saya melihat metode ini tidak hanya dilakukan di toko online namun juga di toko-toko offline

Sebagai ilustrasi: sebuah drone camera dijual dengan harga  normal 2.500.000. ketika melakukan diskon, toko tersebut akan menaikkan harga menjadi 5.000.000 dan kemudian melakukan potongan harga sebesar 50%. anda lihat? disini adalah letak kecerdikan dari toko online

2. jangan percaya: premium, original, asli, 

perhatikan judul dan deskripsi barang dengan baik, jangan sampai anda salah membaca. Tidak sedikit toko online yang menuliskan keterangan yang berbeda atau bahkan menipu antara judul dan deskripsi barang. saya pernah membeli sebuah pakaian dengan judul "kaus polo lacos** original" tertulis bahwa pakaian tersebut di buat menggunakan bahan katun dan dijamin asli.

Harga yang ditawarkan pun sangat menggiurkan. Ketika saya membeli produk tersebut, produk tersebut adalah produk palsu, darimana saya mengetahui? karena saya membandingkan kualitas baju tsb dengan yang saya beli di toko asli. baik logo, jahitan hingga bahan sangat berbeda. hal ini lebih parah untuk barang elektronik. 

3. selalu cek https, review dan rating

jika anda suka berbelanja langsung di website atau instagram suatu merek, pastikan website tersebut memiliki https pada jaringan alamat nya (sebagai contoh: https://www.everywear.id). huruf S pada kata https menandakan website tersebut aman dari pencurian data pribadi anda. selain itu perhatikan review atau rating pada halaman website maupun instagram yang dimiliki oleh brand tersebut. semakin banyak rating bukan berarti jaminan bahwa brand tersebut terpercaya, namun hal itu dapat menjadi penanda bahwa brand tersebut cukup aman.

4. pengiriman langsung tanpa jaminan dari toko

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun