Siti nurjanah
Siti nurjanah blogger

Memiliki hoby menulis dan membaca IG & Twitter : @st_nurjanahh

Selanjutnya

Tutup

Wisata

Keseruan Festival Kuliner Ngabuburit La Piazza Kental Khas Nusantara

18 Juni 2017   05:59 Diperbarui: 18 Juni 2017   06:11 59 1 0
Keseruan Festival Kuliner Ngabuburit La Piazza Kental Khas Nusantara
Festival Kuliner Ngabuburit 2017 (Dokumentasi Pribadi)

Saat-saat menunggu waktu berbuka puasa, hal apa yang seru dilakukan ? ngabuburit pasti menjadi pilihan banyak orang. Nah, bicara soal ngabuburit di Sentra Kelapa Gading La Piazza ada acara seru bertajuk 'Festival Kuliner Ngabuburit' yang memang sudah rutin diadakan setiap ramadhan. Untuk tahun 2017 ini, terselenggara dari tanggal 25 Mei - 18 Juni 2017. 

Sudah menjadi rahasia umum bahwa sentra kelapa gading merupakan pusat bisnis dan komersial terpadu kawasan Utara Jakarta. Menjadi bagian pusat perbelanjaan berkonsep fashion-food entertainment yang menawarkan berbagai kebutuhan seperti pusat gaya hidup dan kuliner.

Dekorasi Khas Sunda (Dokumentasi Pribadi)
Dekorasi Khas Sunda (Dokumentasi Pribadi)

Festival Kuliner Nusantara 2017 kali ini mengangkat khas dan dekorasi sunda yang dipadu padankan selaras dengan tema ramadhan. Menghadirkan 52 tenant yang teridiri atas 42 tenant booth serta 10 tenant gerobak. Selama masa periode berlangsungnya, Festival Kuliner Nusantara buka setiap hari yakni : Senin - Kamis (Jam 16.00 - 22.00 WIB), Jum'at - Sabtu (Jam 15.00 - 23.000 WIB) dan Minggu/hari libur (Jam 15.00 - 23.00 WIB).

Tetap ada tema ramadhan (Dokumentasi Pribadi)
Tetap ada tema ramadhan (Dokumentasi Pribadi)

Beragam menu sajian lezat menggugah selera siap untuk mengenyangkan dan melepas rasa dahaga setelah seharian berpuasa.

Mengangkat tema nusantara pastinya akan menumbuhkan rasa kecintaan kepada kebudayaan bangsa yang kaya akan keaneka ragaman dan khas uniknya. Untuk kuliner di tenant itu bervariasi tidak hanya khas sunda saja lho, ada khas nusantara lainnya seperti padang, betawi, jawa tengah dan sebagainya. Tidak akan menyesal untuk singgah disini, karena pengunjung bisa mengeksplorasi ragam kuliner nusantara hanya dalam satu tempat.

KPK K
KPK K

Dalam kesempatan itu, Saya mencicipi cita rasa nasi bakar ayam rica-rica (Rp 35.000). Merupakan nasi yang diolah dengan cara dibumbui oleh berbagai rempah, kemudian dibungkus daun pisang dan dibakar diatas perapian. Kuliner ini cukup enak dengan isian potongan-potongan daging ayam berbumbu rica. Semakin sempurna dengan aroma serta rasa daun kemangi menyertainya. 

Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi

Belum ada informasi pasti dari daerah mana kuliner ini berasal, ada yang mengatakan Bandung, Semarang, Manado, Surabaya dengan khasnya masing-masing. 

Teman yang lain memilih menu berbeda-beda sehingga eksplorasi kuliner nusantara begitu terasa di meja kami. Sebut saja Sate Maranggi dan nasi (Rp 35.000). Santer terkenal bahwa sate marangi berasal dari Purwakarta. Untuk tampilan tidak terlalu jauh dengan sate umumnya, tapi ketika dicicipi  sate maranggi terkenal dengan dagingnya yang empuk dan rasa serta aroma rempah yang melelat.

Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi

Ada juga Soto Tangkar (Rp 35.000) merupakan kuliner khas Betawi, dimana Tangkar sendiri maksudnya adalah iga sapi. Rasa yang ditawarkan gurih dengan aneka rempah sebagai bahan dasar.

Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi

Di sisi lainnya adalah paket komplit nasi liwet (Rp 26.000) merupakan kuliner khas Solo, biasanya disajikan bersama tumis labu siam, ayam suwir, dan tempe goreng. Cita rasanya cukup kuat dengan bahan santan, kaldu ayam serta berbagai rempah.

Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi

Sate Padang (Rp 35.000)  merupakan sate khas dari daerah Sumatra Barat. Yang sedikit membedakan Sate Padang dengan lainnya adalah daging yang digunakan merupakan daging sapi dengan pelengkap saus kacang yang kental.Biasanya lebih pas di lengkapi dengan lontong.

Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi

Nasi Uduk Siliwangi (Rp 28.000) jika biasanya nasi uduk identik dengan kuliner Betawi, untuk yang ini mengangkat cita rasa sunda. Soal rasa tidak terlampau jauh dengan lainnya. 

Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi

Mie Kangkung (Rp 37.000) adalah hidangan Indonesia berupa mi berkuah kental yang disajikan dengan kangkung, merupakan salah satu kuliner khas Betawi. Penyajiannya berupa kuah kental dengan rasa gurih dari kaldu.

Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi

Kuliner lainnya yang tak kalah menggugah selera ada Bakso Beranak Plekenut Dewa Ruci Cirebon, Asinan Sari, Cwie Mie Malang "Regia", Sate Ayam Madura, Es Campur Garut, Es Doger Nangka, Es Cendol Bandung Elizabeth dan masih banyak yang lainnya.

Tidak hanya menyajikan ragam menu lezat, Festival Kuliner Ngabuburit juga menghadirkan berbagai atraksi menarik untuk menghibur pengunjung yang hadir. Adapun berbagai pertunjukan itu seperti Tarian Sunda Kontemporer, Rampak Bedug,Punakawan show dan lain-lain.

Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi

Menjelang malam, suasana kian ramai oleh pengunjung yang ingin merasakan sensasi menikmati ragam kuliner yang di dominasi oleh masakan nusantara yang kaya akan cita rasa menggugah selera. Sebelum kembali ke rumah, singgah sebentar di tenant seblak yakni panganan asli dari Bandung yang terdiri atas kerupuk basah yang dimasak dengan mie dan ragam isian protein lain seperti bakso, telur, daging ayam, otak-otak atau macaroni. Rasanya sedap dan gurih serta peda, karena Saya dan keluarga penggemar pedas. Jadilah memesan dengan level tertingginya (Rp 30.000) dan benar saja, panganan ini habis dalam sekejap untuk dinikmati bersama.


Sentra Kelapa Gading

Jl. Boulvard Kelapa Gading 

Jakarta Utara 14240

Facebook : Mal Kelapa Gading

Twitter & Instagram : @MKGLaPiazza