Siti nurjanah
Siti nurjanah blogger

Memiliki hoby menulis dan membaca IG & Twitter : @st_nurjanahh

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Olahraga Lebih Optimal Tanpa Pegal dan Keram Otot

4 November 2017   23:20 Diperbarui: 4 November 2017   23:27 1471 0 0
Olahraga Lebih Optimal Tanpa Pegal dan Keram Otot
dokpri

Gaya hidup sebagian besar masyarakat perkotaan, menuntut aktifitas yang kerap padat dan bergerak secara dinamis. Hal ini tentu saja harus di imbangi dengan kekuatan fisik yang optimal, agar segala runtinitas dapat dijalani dengan baik dan seimbang. Suasana perkotaan yang didominasi kendaraan mesin ataupun industri tidak luput dari polusi udara yang tidak bersih. Hal ini tentu saja akan membawa dampak yang kurang baik bagi kesehatan.

Telebih berkembangnya dunia teknologi semakin memudahkan segala kegiatan sehingga menyebabkan seseorang menjadi kurang bergerak. Jika tanpa dimbangi aktifitas fisik akan menimbulkan penyakit akibat kurang gerak. Disamping tentu saja pola hidup yang kurang teratur akan menimbulkan efek merugikan seperti sering sakit karena mudah terserang virus.

Memiliki tubuh yang sehat akan menunjang dan membuat semua aktifitas berjalan lancar sesuai yang di harapkan. Kesehatan yang baik akan membuat kehidupan semakin baik pula. Dengan kondisi yang sehat tentunya akan membuat runtinitas bekerja lebih optimal sehingga hasil yang dicapai juga akan maksimal.

Ada baiknya sedini mungkin untuk menjalani pola hidup sehat dengan menerapkan segala keteraturan, dalam menjaga makanan, tertib mengolah pola tidur serta rutin berolahraga.

Olahraga menjadi bentuk kegiatan fisik untuk melemaskan otot-otot di dalam tubuh, seperti kepala, pundak, lutut, serta kaki yang dilakukan secara teratur dan terencana dengan adanya pengeluaran kalori atau energi. Dengan rutin berolahraga maka fungsi organ tubuh bisa berjalan optimal. Disamping itu akan membuat sistem imun tubuh menjadi lebih baik, sehingga  tidak mudah terserang penyakit dan tentu saja tubuh bisa terasa lebih bugar dan fresh.

Tujuan olahraga secara tepat adalah mencari sehat dan bukan sekedar memproduksi keringat. Sebagaimana yang disuarakan Dinas Kesehatan melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, minimal olahraga tidak diharuskan dengan aktifitas yang berat. Setidaknya cukup dengan membiasakan diri berjalan kaki minimal 30 menit dalam sehari atau aktifitas olahraga lain yang tidak sulit dilakukan seperti lari atau aerobic.

Minimal sekali dalam sepekan biasanya, Saya mendatangi sebuah tempat yang terdapat di bilangan Jakarta Utara yang di sebut taman joging. Dimannfaatkan sebagian besar oleh masyarakat setempat dan sekitarnya untuk beraktifitas olahraga ringan dengan area track lari, satu sudut lapangan basket, dan satu area yang biasa digunakan untuk senam arobic bersama. Dilain sisi, ada beberapa arena menyerupai alat-alat fitnes, suasana akan kian ramai di saat weekend menjelang.

Biasanya setelah berlari beberapa putaran, Saya akan turut bergabung mengikuti gerak senam aerobic yang biasanya disertai alunan musik dan dipandu instruktur. Jenis olahraga ini ditenggerai memiliki manfaat mengolah bentuk tubuh disamping tentu saja meningkatkan kesehatan serta kebugaran tubuh dan sangat baik untuk kesehatan Jantung. 

dokpri
dokpri

Saat berolahraga, tubuh akan banyak kehilangan cairan sehingga kerap menyebabkan dehidrasi dan kekurangan elektrolit dan hal ini cukup mempengaruhi fungsi saraf otot yang biasanya akan menimbulkan sensifitas sehingga terjadi kontraksi otot atau keram yang biasanya menimbulkan rasa nyeri mendadak atau otot yang tidak bisa di gerakkan. 

Untuk menghindari terjadinya keram otot, ada baiknya lakukan peregangan dan pemanasan sebelum dan sesudah berolahraga. Sehingga otot menjadi lebih fleksibel dan tidak mudah terserang keram atau nyeri. Pastikan juga agar cukup cairan selama menjalani aktifitas olahraga, sehingga meminimalisir dehidrasi dan tidak mudah lelah.

Supaya keram tidak berkepanjangan, melakukan pijatan-pijatan ringan pun bisa dilakukan, lengkapi dengan krim otot yang telah dipercaya seperti Geliga Krim. Dengan kandungan Metyl Salicylate, Menthol, dan Camphor, geliga krim di formulasikan secara khusus untuk meredakan nyeri otot dan sendi, memar, kelelahan otot serta persendian atau masalah otot lainnya. Kemasan yang praktis, mudah digunakan, tidak lengket dan tidak menimbulkan rasa panas di kulit.

dokpri
dokpri

Geliga Krim merupakan produk andalan dari PT. EAGLE INDO PHARMA, kian menguatkan posisinya sebagai salah satu solusi mengatasi pegal, nyeri dan keram di tengah masyarakat. Hal ini terbukti dengan penghargaan TOP BRAND 2017 yang di raihnya.

Mari tingkatkan keseimbangan hidup dengan berolahraga, karena disamping efek kesehatan yang ditimbulkan, sisi lainnya adalah memproduksi energi semangat dan kekuatan dalam diri untuk melakukan aktifitas sehari-hari. Seseorang yang giat berolahraga biasanya akan memiliki emosi yang lebih stabil, beberapa aktifitas olahraga dipercaya dapat melawan ketegangan otak serta memberikan efek tenang dan bahagia.