Mohon tunggu...
Abdul Adzim Irsad
Abdul Adzim Irsad Mohon Tunggu... Mengajar di Universitas Negeri Malang

Menulis itu menyenangkan.

Selanjutnya

Tutup

Travel

Berkah Alquran, Angga Siswa Smekdors Mendapat Hadiah Umrah

12 November 2019   10:01 Diperbarui: 12 November 2019   10:07 94 0 0 Mohon Tunggu...

Angga adalah salah satu jamaah umrah PT Manaya Indonesia. Dia salah satu siswa Smekdor Surabaya yang dipimpin oleh Abah Juliantono Hadi. Semua Arek Surabaya tahu, bahwa Smekdor Surabaya itu salah satu sekolah favarit anak muda Surabaya. Salah satu keistimewaan SMK Dokter Soetomo, selalu memberikan reword kepada setiap siswa yang berprestasi dalam semua bidang, termasuk siswa yang hafal Juz Amma, apalag yang hafal Alquran.

Angga salah satu siswa kelas III terpilih  mendapat hadiah umrah ke tanah suci Makkah.  Pemilihan itu melalui sebuah seleksi yang sangat ketat. Bukan tiba-tiba. Berkah dari Alquran, Allah SWT memanggilnya ke tanah suci Makkah dan berziarah ke Madinah Al-Munawarah. Selama dalam perjalanan umrah, Angga sangat ceria, dan terlihat renyah senyumnya. Terlihat dalam raut wajahnya, kegembiraan yang sangat mendalam.

Selama di Makkahg, Angga termasuk anak yang sangat rajin melaksanakan thowaf sunnah. Salah satu ciri khas ibadah yang paling disukai Allah SWT dan Rasulullah SAW selama di tanah suci Makkah adalah thowaf. Ketika sedang thowaf bersama Angga, saya mendengar sayup-sayup, dia sedang melantunkan ayat-ayat Alquran di juz amma tanpa teks. Saya-pun merasa yakin bahwa keberangkatan Angga ke tanah suci Makkah itu barokah dari Alquran melalui kebijakan Abah Anton Juliantono Hadi.

Smekdors tidak melihat Angga secara pribadi, tetapi melihat bahwa di dalam dada Angga terdapat satu juz Alquran. Siapapun yang memuliakan Alquran, maka dia akan mendapatkan kemuliaan. Rasulullah SAW mengapresiasi orang yang membaca Alquran. Satu huruf dari Alquran, pahalanya 10 kebaikan. Dan satu kebaikan yang dilakukan di Makkah, maka nilainya menjadi 100.000 kebaikan, seperti halnya sholat lima waktu.

Kebijakan Smekdors Surabaya sangat tepat dan mulia. Memuliakan orang-orang yang cinta kepada Alquran beraryi mengagungkan Allah SWT, karena Alquran itu adalah Kalamullah. Program ini sekaligus bisa menjadi inspirasi SMK-SMK yang ada di Surabaya. Bisa jadi, kebijakan Kepala sekolah ini memicu siswa-siswa Smekdors Surabaya untuk rajin menghafal Alquran. 

dokpri
dokpri
Ketenaran SKM Dokter Soetomo Surabaya, bukan karena gedung dan bangunan yang mewah nan megah. Namun, karena kepala sekolahnya sangat kreatif, inovatif, serta asyik. Gagasannya sangat visioner, cocok untuk pendidikan berbasis karakter dan tehnologi. Khususnya yang menyangkut isu-isu kekinian dan minlenial. Saya pribadi, melihat bahwa Smekdor Surabaya mampu menyesuaikan dengan kebutuhan jaman.

Salah satu program yang sangat asyik bagi guru dan siswa, Kepala Skolah SMK Dokter Soteomo setiap tahun sekali memberangkatkan umrah guru-guru secara bergantian. SMK Dokter Soetomo atau yang lebih populis di telinga Arek Ssurabaya dengan sebutan Smekdors, tahun ini (2019), memberikan hadiah umrah kepada guru-gurunya plus siswa yang hafal Juzz Amma.  Ada sekitar 10 guru Smekdor yang berangkat menunaikan ibadah umrah.

Rupanya, dari sepuluh orang guru itu, mereka tidak berangkat sendirian, melainkan dibarengi pasangan masing-masing. Ada juga yang berangkat dengan putranya. Umrah sendiri saja rasanya senang nan nikmat, apalagi umrah dibarengi oleh pasangannya, pasti akan jauh lebih nikmat. Siapa yang menyenangkan sesama hamba Allah SWT, maka Allah-pun akan memberikan kesenangan kepadanya.

Umrah itu salah satu nikmat paling nikmat dan indah. Setiap muslim bisa menyaksikan kebesaran dan keagungan Allah SWT di Makkah. Mereka datang ke Makkah karena memenuhi panggilan Allah SWT, selema di Makkah mereka mengelilingi Baitullah (thowaf), sementara hati dan lisannya tak henti-hengtinya bertasbih dan mengagungkan Allah SWT. Keringat mereka menyatu dengan keringat sesama hamba Allah SWT, keringat mereka juga menebel di kelambu Baitullah. Tidak ada nikmat yang jauh lebih menyenangkan, melebihi ibadah umrah ke tanah suci Makkah.

Salah satu dari jamaah umrah Smekdor  mengatakan "saya bersyukur kepada Allah SWT, bisa menunaikan umrah, ini tidak lepas dari kebaikan dan kebijakan kepala Sekolah Smekdors Surabaya, Abah Anton kepada guru-guru yang mengabdi di Smekdors".

Secara pribadi dan berjamaah, mereka mendoakan Abah Anton Juliantono dengan kebaikan, sebawi wujud rasa terima kasih atas kebaikan dan kebijakannya. Juga, mendokan isnstitusi Smekdor's tempat mereka mengabdi. Dengan harapan, Smekdors semakin maju, dan memberikan manfaat sebanyak-banyaknya kepada masyarakat dan umat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN