Mohon tunggu...
Syarifah Lestari
Syarifah Lestari Mohon Tunggu... www.iluvtari.com

iluvtari.com

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

8 Manfaat Mengonsumsi Kurma Setiap Hari

8 April 2021   07:00 Diperbarui: 8 April 2021   07:11 134 11 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
8 Manfaat Mengonsumsi Kurma Setiap Hari
Mona Mok on Unsplash

Yang khas dari bulan Ramadan tentu saja puasa. Yang khas dari puasa, salah satunya pasti kurma. Kalau dulu kita hanya tau kurma, sekarang pasar dan media mengajarkan kita, kurma banyak macamnya. Beda nama, beda rasa dan harga.

Tapi apa pun jenis kurmanya, manfaat makan kurma berikut ini akan kamu dapatkan setelah mengonsumsinya. Gak banyak-banyak, cuma tiga buah kurma sehari. Dalam sepekan kamu sudah bisa rasakan efek baiknya!

1. Kesehatan tulang membaik.

Profesor Universitas Negeri North Dakota, Julie Garden-Robinson, Ph.D., LRD, menyebutkan, kurma mengandung boron yang dapat menyehatkan tulang. Dalam studi lain, dikatakan pula bahwa kurma mengandung fosfor, kalium, kalsium, dan magnesium, yang memperkuat tulang dan melawan osteoporosis.

2. Kesehatan pencernaan meningkat.

Tingginya serat pada kurma sangat baik untuk sistem pencernaan. Orang yang mengonsumsi kurma secara teratur memiliki pencernaan yang lebih baik daripada yang tidak, demikian menurut studi yang diterbitkan British Journal of Nutrition.

Baca juga: Cara Mudah Melancarkan Peredaran Darah

3. Selamat tinggal stres!

Kurma mengandung vitamin B6 yang dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan serotonin yang bertanggung jawab mengatur suasana hati, dan norepinefrin untuk melawan stres. Keduanya adalah kimia organik yang meningkatkan kesehatan otak. Vitamin B6 diyakini dapat memperbaiki kondisi fisik dan mental seseorang.

4. Meningkatkan energi.

Kurma menjadi camilan sempurna berkat segala kandungannya. Fruktosa dan glukosa yang ada pada kurma tak hanya meningkatkan energi, tapi juga dengan cepat mengembalikannya setelah aktivitas semisal olahraga dan lainnya.

5. Mencegah penyakit jantung.

Mengonsumsi kurma dapat mengurangi tekanan darah, risiko stroke dan penyakit lain terkait jantung, karena kurma mengandung potasium. Dikutip dari ncbi.nlm.nih.gov (9/9/2009), sebuah penelitian membuktikan bahwa kurma mampu mengurangi kadar trigliserida dan stres oksidatif.

6. Mengurangi risiko kanker usus.

Kurma dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di usus, dan mencegah bakteri berbahaya menyebar ke usus besar. Dengan demikian, usus terlindung dari kemungkinan munculnya sel kanker. Melihat manfaat makan kurma bisa sekeren ini, kayaknya gak harus nunggu bulan puasa ya, Guys. Lewat Ramadan pun tetap perlu untuk dikonsumsi.

Baca juga: 3 Zat Berbahaya dalam Camilan

7. Meredakan gejala alergi.

Dengan mengonsumsi kurma, beberapa tanda peradangan pada pasien dengan keluhan alergi musiman juga berkurang. Hal ini didapat dari studi yang dilakukan oleh National Center for Biotechnology Information.

8. Membantu menurunkan berat badan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x