Mohon tunggu...
Stevan Manihuruk
Stevan Manihuruk Mohon Tunggu... ASN

Buruh negara. Sedang berusaha menjadi (pembaca dan penulis) yang baik. Email: stevanmanihuruk@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Mengenal Felicia Putri Tjiasaka, Edukator Investasi dengan Gaya Entertainer

13 Januari 2021   22:28 Diperbarui: 13 Januari 2021   22:34 152 13 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengenal Felicia Putri Tjiasaka, Edukator Investasi dengan Gaya Entertainer
Felicia Putri Tjiasaka (via Akun Youtubenya)

Saking penasaran dengan dunia investasi (khususnya saham), membuat saya banyak berselancar di Youtube dan semakin familiar dengan beberapa nama yang saya anggap layak dijadikan "mentor". Salah satunya adalah Felicia Putri Tjiasaka. Meskipun masih usia muda, pengalamannya di dunia investasi layak diapresiasi bahkan dijadikan inspirasi.

Apa yang membedakannya dengan para edukator investasi yang lain? Menurut saya, gayanya yang memang sangat milenial. Cobalah mampir ke channel Youtube atau akun Instagramnya.

Diksi yang digunakan "milenial banget". Padahal topik yang disampaikannya bukan main-main dan pastinya sangat penting, mulai dari investasi saham, reksadana, asuransi, P2P lending, dana pensiun, pensiun dini, passive income, cara menghitung harga wajar saham, memilih manajer investasi, dan sebagainya.

Tapi begitulah cara Felicia berbagi pengalaman dan ilmunya. Ia sama sekali tidak pelit ilmu. Pengalaman-pengalaman pribadinya yang berkaitan dengan investasi, disampaikan dengan cara yang unik, sederhana, menghibur bahkan lucu.

Untuk menyampaikan topik yang dibahasnya, Felicia sering menggunakan analogi-analogi sederhana agar lebih mudah dipahami. Bukan hanya teori, Felicia bahkan seringkali membuat tutorial agar bisa dipraktikkan langsung. Misalnya, cara membeli/menjual reksadana. 

Felicia juga beberapa kali berkolaborasi dengan anak-anak muda yang juga telah melek investasi. Mereka bicara tentang pengalaman investasi, pencapaian yang sudah diraih termasuk pengalaman pahit alias kerugian yang pernah dirasakan. Tapi sekali lagi, gaya obrolannya memang sangat santai namun tetap menginspirasi dan memotivasi. 

Semakin hari, saya melihat topik bahasan yang disampaikan kian menarik dan bermanfaat. Tampilan dan ilustrasi-ilustrasinya pun semakin keren. Pada beberapa video, Felicia memang terkadang "mengendorse" sebuah produk investasi. Tapi sekali lagi, menurut saya, itu tak serta merta menghilangkan substansi pesan/ilmu yang bisa kita pelajari dan praktikkan. 

Untuk anak-anak muda yang ingin belajar dan memulai investasi, saya sangat merekomendasikan channel Youtube Felicia sebagai salah satu referensi tempat yang terbaik.Dari sosok Felicia saya belajar, ternyata banyak cara untuk mengajar dan menginspirasi banyak orang. Salah satunya berbagai pengalaman dengan gaya bersahabat, menghibur dan tidak menggurui seperti yang dilakukan Felicia.  

Naik daun di 2021 ?

Dengan gayanya yang unik dan menghibur, saya meramalkan Felicia akan semakin naik daun di 2021. Seiring dengan semakin banyaknya anak-anak muda yang tertarik untuk berinvestasi untuk mempersiapkan masa depannya. Semakin disadari bahwa investasi bukan sekadar pilihan melainkan sudah menjadi kebutuhan.

Saya melihat tren berinvestasi di kalangan anak muda kita, terus meningkat dari hari ke hari. Upaya-upaya yang dilakukan pemerintah melalui industri jasa keuangan terlihat sudah membuahkan hasil. Salah satu contoh adalah terbentuknya galeri-galeri komunitas investasi di berbagai kampus, yang digagas oleh Bursa Efek dan Otoritas Jasa Keuangan setempat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x