Mohon tunggu...
Rosiana Febriyanti
Rosiana Febriyanti Mohon Tunggu... Guru - Ibu rumah tangga dan guru

Senang menulis

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Merombak Pikiran

19 Januari 2020   14:16 Diperbarui: 19 Januari 2020   14:15 68
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto: milik pribadi

Saya pernah mendengar ucapan seseorang, "Silakan berinfak seikhlasnya."
Artinya, berinfaklah sebanyak yang kita bisa. Di kantung ada uang Rp2.000 dan Rp50.000. Kalau berinfak Rp50.000 masih terasa berat, tambahkan infaknya jadi Rp52.000. Aduh, tambah gak ikhlas lagi saya! Berwudhulah, perbarui niat. Nanti Allah yang cukupkan kebutuhanmu, bisik hati saya diam-diam.

"Lakukan yang terbaik semampumu."
Artinya, lakukan hal terbaik sampai batas kemampuanmu. Jika menulis sepuluh halaman terasa sulit, cobalah menuliskan kesulitanmu dalam menuliskan kata-kata, tulislah itu. Nanti tanpa kamu sadari, jumlah katamu bertambah.

Kalau sewaktu belajar menjahit pakaian kamu gagal terus, menjahitlah sampai kamu tertidur karena kelelahan mencobanya. Ini berlaku untuk belajar apa saja.

Kalau melakukan sesuatu dirasakan sudah maksimal, berdoa pun sudah setiap saat, tetapi masih gagal, masih ada pahala kebaikan. Hasil tidak pernah mengkhianati usaha.

Kalau menjumpai soal atau permasalahan yang dipikir sangat sulit,  coba katakan pada diri sendiri, "Soal itu sulit, tapi saya bisa, biidznillah (dengan izin Allah). Masalah saya kecil, yang besar itu rahmat, kasih sayang, dan ampunan Allah"

Kalau masih enggan membuang sampah pada tempatnya, katakan pada diri sendiri, "Membuang sampah saya sendiri adalah kewajiban, sedangkan membuang sampahnya orang lain adalah kebaikan (ada pahala buat saya)."

Semoga menulis ini pun menjadi kebaikan buat diri sendiri dan pembacanya, khususnya pengingat buat saya sendiri. Aamiin.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun