Mohon tunggu...
Cahyo Prabowo
Cahyo Prabowo Mohon Tunggu... Enjo, Sederhana, Rendah Hati
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Broadcast Journalism,Komunikasi Industri Media, Infomatika dan Media Online / media baru (new media) Indonesia, Ilmu Komunikasi

Selanjutnya

Tutup

Kotaksuara

Demokrasi Era Media Daring Indonesia

21 Juli 2019   11:22 Diperbarui: 21 Juli 2019   11:24 0 0 0 Mohon Tunggu...

Politik adalah suatu ilmu seni untuk memperbutkan sebuah kursi kekuasaan di suatu organisasi, badan usaha, perusahaan, perkumpulan, bangsa dan negara. Politik itu seni memperebutkan kursi kekuasaan antara menang atau kalah dalam berebut kursi kekuasaan. Indonesia sendiri adalah sebuah negara demokrasi, yang dimana dipilih langsung oleh Rakyat Indonesia.

Indonesia memiliki 34 Provinsi dari Sabang hingga Merauke, Indonesia memiliki Pancasila sebagai Dasar, Ideologi  Negara, Pemersatu Bangsa Indonesia,  Undang-Undang Dasar 1945 sebagai konstitusi negara, serta ketetapan MPR RI,NKRI Sebagai  Bentuk  Negara, berbentuk Republik dan Bhinneka Tunggal Ika  Sebagai Semboyan Negara Indonesia. 

Indonesia memiliki 17508 pulau tersebar dari Sabang hingga Merauke. Indonesia memiliki keindahan alam dan pariwisata yang sangat banyak.Indonesia adalah negara Pancasila dan negara hukum.

Indonesia memasuki era demokrasi, era keterbukaan informasi publik, era digitalisasi media, era Undang-Undang ITE,era industri 4.0, era dalam jaringan koneksi internet yang dimana biasa disebut dengan komunikasinya jauh menjadi dekat, dekat tapi jauh namun sekarang lebih praktis dalam hal segala bidang. 

Memasuki era media online (daring) masyarakat Indonesia sudah mulai berubah pola kehidupan dan pola komunikasi yang tadinnya manual (konvergensi) kini beralih menggunakan sistem online yang lebih praktis, hemat waktu, cepat, dll.

Hadirnya media online (daring) dibarengin dengan era demokrasi dan era keterbukaan informasi publik, yang dimana masyarakat Indonesia lebih kreatif dalam penggunaannya contohnya adalah membuat hasil karya menjadi youtuber,membuat video lucu, prank, review segala bidang di penjuru mata angin Indonesia, ecommerce dst.

Begitu pula juga mengenai perkembangan politik tanah air dan era demokrasi modern digital saat ini, peran media daring (online) memiliki banyak manfaat, saling membantu sama lain, saling memiliki kelengkapan dalam perkembangan demokrasi saat ini di Republik Indonesia contohnya misalnya pemberitaan saluran media daring (online) mengenai pilkada 2020, pilkada 2020 belum diselenggarakan namun sudah diperkenalkan, bisa diprediksi, amati, diinformasikan kepada khalayak publik luas mengenai pilkada 2020  melalui saluran media online (daring) dan bahkan hitung cepat e-Rekap melalui online (daring) dilakukan pada pilkada 2020. Hal ini lebih efektif, efisien, hemat segalanya dan layanan birokrasi menjadi bersih, baik. 

Contoh lainnya demokrasi era media daring (online) adalah mengenai pesan informasi yang diberikan oleh media online (daring) kepada khalayak luas untuk kursi MPR RI satu yang sedang hangat informasinya dan juga sebuah informasi juga yang disampaikan untuk memilih Ketua Umum salah satu partai politik.

Dalam hal ini demokrasi Indonesia sudah berjalan dengan baik, bersih dan publik bisa memahami, belajar dewasa politik tanah air,bisa mengetahui perkembangan politik, bisa menjadi citizen journalism dengan menyampaikan sebuah informasi kedepan seperti apa dan bagaimana dengan hadirnya media daring (online).Lalu, masyarakat kini mudah lebih menjadi kreatif, inovatif dan produktif untuk menciptakan sebuah hasil karya yang dibuatnya.

Penulis

R Cahyo Prabowo,S.Ikom, M.Ikom