Mohon tunggu...
Cahyo Prabowo
Cahyo Prabowo Mohon Tunggu... Enjo, Sederhana, Rendah Hati

Broadcast Journalism,Komunikasi Industri Media, Infomatika dan Media Online / media baru (new media) Indonesia, Ilmu Komunikasi

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Ecommerce, Ekonomi Kreatif dan Perekonomian Rakyat Indonesia

15 Juni 2019   12:30 Diperbarui: 15 Juni 2019   12:40 0 0 0 Mohon Tunggu...
Ecommerce, Ekonomi Kreatif dan Perekonomian Rakyat Indonesia
Dokpri

Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang semakin pesat dewasa ini, telah membuat dunia terasa makin luas dan ruang seolah menjadi tak berjarak lagi. Mulai dari wahana teknologi komunikasi yang paling sederhana berupa perangkat radio dan televisi hingga komputer dan telpon genggam dengan aplikasi tanpa kabel, membuat informasi dan perdagangan berkembang dengan sangat cepat. Perubahan informasi kini tidak lagi dalam jangka minggu atau hari bahkan jam melainkan sudah  berada dalam skala menit bahkan detik dan ini dapat diperoleh melalui sumber informasi yang disebut internet.

Internet menghubungkan banyak komputer di seluruh dunia sehingga memungkinkan untuk saling bertukar pesan satu sama lain dan berbagi akses ke data yang ada di komputer masing-masing. Lebih jauh lagi, karena ke interaktifannya internet akan mendorong banyak lingkungan kerja terkolaborasi dengan kata lain internet akan sangat membantu dalam berbagai bidang dan pekerjaan yang di lakukan manusia.

Dokpri
Dokpri

Kebutuhan masyarakat terhadap informasi dan jual-beli kian meningkat seiring perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Tak heran jika keberadaan internet (New media) kian populer di kalangan masyarakat perkotaan. Apalagi dengan mengandalkan unsur kecepatan, internet tampak lebih cepat dibandingkan media massa lainnya seperti media cetak maupun media elektronik. Karena internet merupakan media online yang tidak terbatas oleh waktu secara global serta internet dapat melakukan pencarian informasi terbaru dan menjalankan suatu perdagangan kapan saja selama 24 jam sehari dan mudah di akses kapan saja.Keberadaan internet yang mulai dimanfaatkan oleh para pemilik modal untuk memenuhi kebutuhan informasi dan menjalankan usaha perdagangan dengan cepat, praktis, dan relatif murah dibandingkan lewat media konvensional begitu mahal ongkos biayanya. Seiring berjalannya waktu peran media cetak mulai tergantikan dengan media online dalam kehidupan masyarakat terutama di kota-kota besar. Media online mulai diminati oleh khalayak karena dinilai jauh lebih praktis, modern, dan tingkat aktualitasnya lebih tinggi dibandingkan dengan media cetak sehingga cocok untuk menunjang aktifitas warga yang sibuk dengan segala aktivitas. 

Dokpri
Dokpri

Media online memiliki tingkat aktualitas yang lebih tinggi dibanding dengan media cetak karena pada penerbitan beritanya media online bisa diterbitkan kapan saja atau dengan kata lain tidak terkait dengan waktu, sangat berbeda dengan media cetak yang pendistribusiannya terikat dengan waktu dalam periode tertentu. Indonesia sendiri dengan hadirnya Era Keterbukaan Informasi Publik, Era Digitalisasi Media, Era Industri Ekonomi Kreatif, Turut serta membantu perekonomian nasional Indonesia dll yang melalui media online (DARING), Menuju Era Ekonomi Kerakyatan Masyarakat Indonesia mandiri dan sejahtera.

Di sinilah peran E-commerce dalam menjalankan roda perekonomian nasional, terwujudnya keadilan dalam distribusi pendapatan, sumber daya ekonomi dan penguasaan aset ekonomi, serta hilangnya praktek monopoli yang dimana produk Indonesia seperti UMKM, Produk Lokal yang dibuat oleh masyarakat  bersaing dalam era globalisasi untuk mewujudkan ekonomi kreatif masyarakat Indonesia maju, sejahtera dan makmur dalam bidang ekonomi dan media online (daring).

Dokpri
Dokpri

Fenomena masyarakat Indonesia pun mulai berubah dengan sistem  perdagangannya yang tadinya tukar-menukar dalam menjalankan bisnisnya, muncullah media konvensional seperti koran, majalah, TV dan Radio yang bagaimana cara mempromosikan bisnis dan jual-beli barang mereka melalui media konvensional. Pada akhirnya sistem perdagangan pun mulai berubah kembali dengan seiring perkembangan teknologi komunikasi yang begitu modern muncullah media online untuk melakukan jual-beli (E-Commerce) masyarakat modern menggunakan media online untuk jual-beli ataupun lainnya seperti startup lainnya.

Dokpri
Dokpri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2