Mohon tunggu...
Cahyo Prabowo
Cahyo Prabowo Mohon Tunggu... Konsultan

Broadcast Journalism,Komunikasi Industri Media, Infomatika dan Media Online / media baru (new media) Indonesia, Ilmu Komunikasi

Selanjutnya

Tutup

Birokrasi Pilihan

Birokrasi Daring, Kenapa Tidak...

26 Mei 2019   19:54 Diperbarui: 26 Mei 2019   20:05 0 0 0 Mohon Tunggu...

Setiap orang membutuhkan informasi dalam hidupnya, karena dengan informasi seseorang dapat mengetahui segala sesuatu yang terjadi di dunia ini. Selain itu informasi juga bermanfaat dalam mengambil keputusan, baik untuk saat ini maupun masa yang akan datang. 

Media komunikasi adalah semua sarana yang dipergunakan untuk memproduksi, mereproduksi, mendistribusikan atau menyebarkan dan menyampaikan informasi. Media komunikasi sangat berperan dalam kehidupan masyarakat. Proses pengiriman informasi di zaman keemasan ini sangat canggih. Teknologi telekomunikasi paling dicari untuk menyampaikan atau mengirimkan informasi ataupun berita karena teknologi telekomunikasi semakin berkembang, semakin cepat, tepat, akuran, mudah, murah, efektif, dan efisien.

Untuk mendapatkan informasi tersebut maka masyarakat membutuhkan media massa seperti surat kabar, televisi, radio, dan media online yang tentunya menyajikan informasi yang dibutuhkan tersebut. jurnalisme tidak bisa dipisahkan dari teknologi, mulai dari media cetak dan jurnalisme yang hadir seiring dengan ditemukannya mesin cetak. Setelah itu, teknologi semakin berkembang dengan hadirnya media penyiaran setelah ditemukannya radio dan televisi. 

Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang semakin pesat dewasa ini, telah membuat dunia terasa makin luas dan ruang seolah menjadi tak berjarak lagi. Mulai dari wahana teknologi komunikasi yang paling sederhana berupa perangkat radio dan televisi hingga komputer dan telpon genggam dengan aplikasi tanpa kabel, membuat informasi dan perdagangan berkembang dengan sangat cepat. Perubahan informasi kini tidak lagi dalam jangka minggu atau hari bahkan jam melainkan sudah  berada dalam skala menit bahkan detik dan ini dapat diperoleh melalui sumber informasi yang disebut internet.

Dewasa ini, wajah jurnalisme diwarnai dengan munculnya teknologi baru, yaitu internet. penggunaan internet atau media online sebagai sarana memperoleh informasi di kalangan masyarakat  umum semakin menjamur. Internet memberikan efektivitas dan efisiensi dalam hal waktu, biaya dan tenaga. 

Melalui internet, waktu distribusi dapat dipersingkat hingga ke hitungan detik atau menit. Internet mempunyai sifat yang mempermudah pekerjaan manusia, sehingga wajar jika internet terus dieksplorasi. Jaringan internet mempelopori terjadinya revolusi teknologi. Pengaruhnya telah membawa perubahan berarti dalam kehidupan manusia. 

Internet telah mengubah pola kehidupan sehari-hari. Kehadiran internet telah membawa revolusi pada cara manusia melakukan komunikasi. Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi sebagai sarana komunikasi memungkinkan setiap orang berkomunikasi dengan pihak lain yang terhubung dengan internet walaupun lokasi tempat tinggal mereka berjauhan.

Internet merupakan jaringan komputer yang terhubung satu sama lainnya melalui media komunikasi, seperti kabel telepon, serat optik, satelit, atau gelombang frekuensi.Internet memang menyediakan suatu ruangan bagi khalayak untuk berekspresi, baik lewat tulisan, video, gambar, suara ataupun gabungan keempatnya namun tidak semua konten dalam internet memiliki nilai kepentingan untuk dikethui oleh khalayak.

Internet bukan hanya sekedar saluran komunikasi modern, namun juga merupakan rumah baru bagi kelompok-kelompok sosial yang tersegmentasi. Berbagai forum dan komunitas terbentuk dan berkembang melalui kehadiran internet.

Begitu pula juga dalam pelayanan publik dan birokrasi peran media online (daring) sangat memiliki banyak manfaat,membantu sekali dalam pelayanan publik element masyarakat Indonesia karena Indonesia negara yang sangat luas dan juga didaerah pelosok negeri ini terjangkau yang tadinya dalam pelayanan publik lama sekarang lebih cepat, hemat waktu, verifikasinya tetap manusia di dalam kantor, apa pun dokumen yang di urus melalui pelayanan publik lebih cepat, efisien, hemat waktu, buka web pemerintah tinggal mengaksesnya serta ada umpan balik dengan cepat kepada masyarakat luas dalam mengurus dokumen.

Begitu pula dalam berkomunikasi, peran media online (daring) internet sangat membantu sekali dalam melakukan interaksi manusia di antar lembaga-lembaga/ kementrian-kementrian yang lebih efisien, hemat waktu, bisa melalui video conference, akuntabel, transparansi dan profesional yang lebih cepat namun juga berkomunikasi rapat tatap muka untuk menyelesaikan masalah masih sangat dibutuhkan.

Inilah birokrasi daring di Indonesia sangat bermanfaat, sangat penting sekali dan diperlukan untuk menghemat biaya, menghemat anggaran dan efisiensi waktu yang lebih cepat serta bisa diselesaikan dengan cepat untuk melakukan komunikasi dan lainnya.

Penulis

R Cahyo Prabowo, S.Ikom, M.Ikom