Mohon tunggu...
Cahyo Prabowo
Cahyo Prabowo Mohon Tunggu... Konsultan - Enjo, Sederhana, Rendah Hati
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Broadcast Journalism,Komunikasi Industri Media, Infomatika dan Media Online / media baru (new media) Indonesia, Ilmu Komunikasi

Selanjutnya

Tutup

Gadget

Sudah Siapkah Masyarakat Daring (Online) Indonesia?

6 April 2019   15:47 Diperbarui: 6 April 2019   15:56 94
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Perkembangan teknologi komunikasi, informasi dan informatika kian hari berkembang begitu pesat, lebih modern, jangkauannya luas sehingga mudah digunakan hingga ke pelosok negeri Indonesia. Media sudah memasuki era digitalisasi modern, era perkembangan industri 4.0 yang dimana hadirnya startup, ecommerce dan media daring (online) lainnya terus berkembang.

Hadirnya media online (daring) di Indonesia telah mengubah hidup masyarakat yang tadinya susah diakses namun sekarang lebih mudah, efisien, hemat waktu dan juga pola komunikasi sehari-hari masyarakat berubah. Tadinya masyarakat Indonesia apa pun bangun tidur langsung bangun, kini membuka gadget, pc untuk mencari sebuah informasi, gaya hidup, perdagangan online terbaru, gojek dllnya suatu hal yang baru dimasyarakat Indonesia.

Hal ini media online (daring) telah mengubah hidup masyarakat dan juga memasuki era industri 4.O yang dimana sudah menggunakan layanan digitalisasi media internet (online) yang lebih terjangkau, hemat waktu, hemat segalanya kalau sudah adanya jaringan koneksi internet. Indonesia adalah bangsa yang besar kehadiran media online (daring) telah membantu, ikut serta membangun Indonesia lebih modern, maju, mandiri dalam bidang Industri 4.0.

Semua kehidupan telah berubah signifikan, namun masyarakat Indonesia sudah siapkah menjadi masyarakat Daring (online) Indonesia..? karena hadirnya media online (daring) sebagai bentuk komunikasi efektif pada masyarakat luas untuk mencapainya kemudahaan dalam menjalankan aktifitas sehari-hari yang lebih mudah dijangkau oleh banyak orang dan juga ikut membantu dalam meningkatkan perekonomian nasional Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Apalagi Pemerintah Republik Indonesia mendukung dalam hal hadirnya media online (daring) untuk mempermudah pelayanan publik dalam meningkatkan kualitas birokrasi yang baik, melayani baik secara Akuntabel, Transparansi dan Professional yang dimana media online (daring) ikut membantu Pemerintah Republik Indonesia dalam mempermudah pelayanan kepada masyarakat, kedua belah pihak memiliki umpan balik antara Msyarakat dengan Pemerintah Republik Indonesia.

Inilah sebuah potret media online (daring) dalam kehidupan masyarakat Indonesia dan juga hadirnya media online (daring) di Indonesia diperlukan edukasi kepada elemen masyarakat, sekolah-sekolahan yang ada di Indonesia mengenai ecommerce (perdagangan online), startup dan media online (daring) lainnya guna menjadikan Indonesia menjadi Mandiri, Sejahtera,Adil, dan Maju

Penulis

Cahyo Prabowo, S.Ikom, M.Ikom

Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun