Mohon tunggu...
Cahyo Prabowo
Cahyo Prabowo Mohon Tunggu... Konsultan - Enjo, Sederhana, Rendah Hati
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Broadcast Journalism,Komunikasi Industri Media, Infomatika dan Media Online / media baru (new media) Indonesia, Ilmu Komunikasi

Selanjutnya

Tutup

Gadget

Ecommerce (Dagang Daring) Sebagai Bentuk Komunikasi Efektif Khalayak Masyarakat Indonesia

20 Februari 2019   08:09 Diperbarui: 20 Februari 2019   08:10 364
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering


Media Komunikasi sangat berperan dalam kehidupan masyarakat. Proses pengiriman informasi dizaman keemasan ini sangat canggih.Teknologi telekomunikasi paling dicari untuk menyampaikan atau mengirimkan informasi ataupun berita karena teknologi telekomunikasi semakin berkembang, semakin cepat, tepat, akurat, mudah, murah, efektif dan efisien.

Media Online (Online Media) disebut juga cybermedia (media siber), internet media (media internet) dan new media (media baru) dapat diartikan sebagai media yang tersaji secara online  di situs web (website internet). Media Daring biasa disebut dengan media yang menggunakan jaringan koneksi internet atau biasa masyarkat memahami ialah media online. 

Media Online bisa dikatakan sebagai media generasi ketiga setelah media cetak (printed media) koran, majalah, tabloid, buku, media elektronik seperti televisi, radio dan film/video dan media sosial sebagai generasi ke empat dalam berkomunikasi efektif tapi tanggung jawabnya pada dirinya sendiri apabila bersalah maka proses hukum tetap berlaku contohnya seperti Facebook, Twitter, Tinder, Friendster, MIRC, WhatssApp dll..

Media Online / Media Baru (NEW MEDIA) atau biasa disebut dengan media dalam jaringan koneksi Internet (DARING) merunjuk pada perkembangan teknologi digital, namun media online sendiri tidak serta merta berati media digital. 

Video,teks, gambar,grafik yang diubah menjadi data-data digital bebentuk byte, hanya merunjuk pada sisi teknologi multimedia, salah satu dari tiga unsur dalam new media, selain ciri interaktif dan intertekstual.

Media daring (online) sebagai salah satu bentuk komunikasi efektif manusia di zaman digitalisasi perkembangan media yang melalui saluran koneksi Internet supaya penerima pesannya lebih mudah, jangkauannya begitu luas termasuk dalam hal perkembangan  Ecommerce, Unicorn,Decacorn, Hectocorn yang dimana media online (daring) tersebut hadir sebagai bentuk komunikasi efektif pada khalayak, masyarakat Indonesia.

Ecommerce adalah bisnis online, Ecommerce menjual produk kepada konsumen secara online (DARING) tapi faktanya jenis bisnis apa pun yang dilakukan secara elektronik adalah Ecommerce. 

Ecommerce adalah membuat, mengelola, dan meluaskan hubungan komersial secara online dan juga Ecommerce adalah sebagai bentuk komunikasi efektif pada khalayak, masyarakat karena setiap pembelian suatu produk bertemu si penjualnya bisa tatap muka disitulah melakukan komunikasi umpan balik (feed back) kepada lawan bicaranya.

Indonesia sendiri sudah mulai terlihat dan banyak mengenai perkembangan Ecommerce,stratup, transportasi online, perbankan daring serta lainnya yang dimana untuk mempermudah masyarakat Indonesia yang sulit mencari produk barang, sulit antri dalam menyetop bis, sulit antrian bank yang begitu panjang pada jam sibuk untuk membayar apa saja dilakukan bank dll.

Hadirnya E-commerce di Indonesia untuk mengurangi angka pengangguran masyarakat dan juga sebagai bentuk komunikasi efektif pada khalayak masyarakat Indonesia. Model bisnis Ecommerce, Startup lainnya adalah model layanan jasa dimana si owner sebagai bisnis ke pelanggan, lalu pelanggan ke pelanggan tetap operatornya manusia (masyarakat) itu sendiri. 

Begitu pun juga apabila bersalah dalam penggunaan ecommerce tetap proses hukum berlanjut di Indonesia entah itu penipuan, fiktif dll supaya tidak dirugikan kedua belah pihak.

Penulis

Cahyo Prabowo M.Ikom

Media dan Komunikasi

Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun