Cahyo Prabowo
Cahyo Prabowo profesional

Broadcast Journalism,Media Industri Komunikasi, Infomatika dan Media Online / media baru (new media) Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Media

Kompasiana Bagian Produk Journalistik Online Indonesia

29 April 2018   21:35 Diperbarui: 29 April 2018   21:48 288 0 0

Indonesia adalah negara hukum, Negara Indonesia berbentuk Republik, Negara Indonesia memiliki beraneka ragaman suku,ras,adat istiadat, bahasa daerah,agama dll menjadi satu kesatuan dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika (Berbeda-beda tetap satu jua). Indonesia sendiri negara yang sangat luas dan memiliki keindahan panorama yang luar biasa. Sungguh mempesona wilayah Indonesia dari Sabang hingga Merauke. Indonesia memiliki pulau 17508 Pulau yang tersebar seluruh Indonesia.

Indonesia memasuki zaman era digitalisasi modern, era keterbukaan informasi publik, era demokrasi, era transparan, era akutabel, era modernisasi, era bersih dalam melakukan pelayanan, era citizen journalism (Setiap warga negara Indonesia bisa menulis dimana saja termasuk di Kompasiana.com ini).  Warga masyarakat bisa menulis dimana saja dalam melakukan memberikan informasi kepada publik secara nasional hingga global dengan cepat, efisien,akurat,update, kapasitas luas, interaktif,aktualitas dan mudah dikerjakan dimana saja.

Kemunculan dan perkembangannya, Journalistik online di Indonesia juga dimulai dengan berita menggegerkan yaitu berakhirnya era pemerintahan Orde Baru saat soeharto mengundurkan diri pada 21 Mei 1998. Berita pengunduran diri soeharto tersebar luas melalui milist (mailing list) yang sudah mulai dikenal luas dikalangan aktivis demokrasi dan mahasiswa.Minggu, (29/04).

Setelah itu, seiring Euforia reformasi", beragam media online pun hadir, seperti detik.com, bidik.com, mandiri-online.com, dan berpolitik.com yang disebut sebut sebagai "pioner journalistik online di Indonesia, kemudian diikuti kehadiran tiga situs besar Astaga.com, satunet.com, kafeGaul.com lalu muncul kemudian beriringnya waktu muncul kompas.com, kompasiana.com. Saat ini sejarah journalistik online didominasi oleh situs-situs berita yang merupakan "edisi online" suratkabar, meski belakangan kontennya menjadi tersendiri atau berbeda

Journalistik online membawa perubahan penting dalam dunia journalistik, bukan saja dari sisi bentuk media dan sajian, tapi juga praktisinya atau wartawannya. Kini, berkat journalistik online, setiap orang bisa menjadi seorang wartawan (Everyone can be journalist) yang dikenal dengan konsep citizen journalism (Journalistik warga/journalisme warga).

Salah satunya journalistik warga/journalism warga adalah kompasina.com, Kompasiana.com bagian produk journalistik online yang dimana warga masyarakat bisa memberikan informasi dan saran masukkan kepada Pemerintah Indonesia yang disebut jurnalisme warga.Kehadirannya sangat membantu sekali warga yang ingin menulis hal apa saja.

Penulis

Cahyo Prabowo