Cahyo Prabowo
Cahyo Prabowo profesional

Broadcast Journalism,Media Industri Komunikasi, Infomatika dan Media Online / media baru (new media) Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Peran Media Online Dalam Percepatan Reformasi Birokrasi Indonesia

17 April 2018   14:41 Diperbarui: 17 April 2018   14:47 157 1 0

Indonesia adalah negara hukum, Indonesia memiliki jumlah pulau mencapai 17508 pulau yang tersebar di seluruh Indonesia. Indonesia adalah sebuah bangsa identitas baru bukan pelanjut kerajaan-kerajaan dimasa lampau. Indonesia hadir ditengah tengah kita saat ini dengan sebuah proses begitu sangat panjang sekali oleh para Pemuda/i tanah air Indonesia bersatu di sebuah forum konferensi Paris, Perancis Eropa Barat dan nama Indonesia diterima dan diakui oleh para bangsa-bangsa. Pada akhirnya Indonesia merdeka,berdaulat 17 Agustus 1945 dan hadir sampai sekarang.

Negara Indonesia berbentuk Republik, Negara Kesatuan, Bahasanya adalah bahasa Indonesia, Indonesia negara yang beraneka ragaman suku,ras, adat istiadat, agama, bahasa daerah dll sehingga memiliki semboyan Bhinneka Tunggal Ika (Berbeda-beda tetap satu jua). Bangsa Indonesia memiliki Pancasila yang sebagai pemersatu bangsa Indonesia, sebagai ideologi bangsa Indonesia yang majemuk dan mengedepankan Toleransi kerukunan umat beragama di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Indonesia memasuki era digitalisasi, era keterbukaan informasi publik, era modern, era demokrasi, era pembangunan berkelanjutan, era pembangunan infrakstruktur, era kejujuran. Sini lah peran media online dalam percepatan reformasi birokrasi Indonesia sangat bermanfaat sekali, sangat lah penting bagi kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara di Indonesia. Sebab kehadiran dan peran media online membawa dampak positif bagi Pemerintah Republik Indonesia dan elemen masyarakat supaya mudah, praktis,hemat, efisien, cepat, akurat dan berperilaku menanamkan nilai kejujuran demi kemajuan Bangsa Indonesia.

Akan tetapi media online harus didukung oleh Pemerintah dengan membangun sarana dan prasarana yang memadai sehingga tidak menimbulkan kesalahan informasi, mempersulit masyarakat Indonesia baik didalam negeri maupun diluar negeri atau ketidak keterbukaan informasi publik. Seharusnya media online wajib berbadan hukum, taat pada hukum wilayah Indonesia,bagian produk journalistik online.

Penulis

Cahyo Prabowo, S.Ikom, M.Ikom